Beranda » belajar » Inspirasi » Kegiatan Ramadhan Kreatif dan Berkesan Untuk Kamu Lakukan

Kegiatan Ramadhan Kreatif dan Berkesan Untuk Kamu Lakukan

oleh | Mar 22, 2024

Kegiatan Ramadhan menjadi momen yang spesial bagi umat Islam, khususnya di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada beragam cara untuk untuk merayakannya. Bahkan tiap keluarga pun juga memiliki keunikannya masing-masing. 

Selain ngabuburit, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Aktivitas ini bisa berupa hiburan atau kegiatan yang bermanfaat dan membawa berkat. Misalnya, bagi-bagi takjil untuk orang-orang di jalan. 

Kegiatan Ramadhan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan

Perayaan ini selain dirayakan bersama dengan keluarga, juga bisa kamu rayakan bersama orang lain. Salah satunya adalah sahur on the road. Seru kan?

  1. Sahur On The Road
  2. Bagi-Bagi Takjil
  3. Pesantren Kilat
  4. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan
  5. Buka Puasa Bersama
  6. Ngabuburit
  7. Bersedekah
  8. Tafakur Alam
  9. Bazar Ramadhan
  10. Membuat Minuman Segar

10 Kegiatan Ramadhan Yang Bisa Kamu Lakukan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kegiatan Ramadhan merupakan momen di mana keluarga, teman, dan saudara saling berkumpul. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika merayakan momen ini adalah

  1. Sahur On The Road

Kegiatan Ramadhan yang satu ini sebetulnya dilarang oleh pemerintah Indonesia. Hal ini karena sering kali sahur on the road kerap menimbulkan bahaya ketika di jalan. Salah satunya adalah kecelakaan atau macet di jalan. Acara ini paling ramai dirayakan di kalangan remaja. Kegiatan sahur on the road salah satunya adalah membagikan makanan untuk sahur bagi mereka yang hidupnya di jalanan.  

  1. Bagi-Bagi Takjil

Sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi “Maka barangsiapa memberi makanan pada 36 orang yang berpuasa setiap tahun, maka seakan-akan ia puasa satu taun (karena kebaikan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali). Dan barangsiapa memperbanyak memberi takjil atau makan dan minum orang-orang yang berpuasa atas dasar niat ini, Allah mencatat baginya puasa berabad-abad dan bertahun-tahun”. 

Berdasarkan hadis tersebut acara bagi-bagi takji tidak hanya mengisi kegiatan Ramadhan saja, melainkan sesuai dengan perintah Allah SAW. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama teman-teman ataupun keluarga. 

  1. Pesantren Kilat

Pesantren kilat atau yang terkenal dengan sanlat ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada anak-anak sampai umur remaja agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang lebih tenang dan menyenangkan. 

Selain menjalankan ibadah puasa, anak-anak yang ikut pesantren kilat ini akan membuat anak-anak banyak belajar tentang ilmu agama Islam agar mampu menunjang karakter yang lebih baik lagi. 

  1. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan

Kegiatan lainnya adalah dengan membuat kartu ucapan Ramadhan. Kita bisa memberikan beberapa ucapan yang berhubungan dengan Ramadhan melalui surat-surat atau kartu ucapan dengan desain unik.

Tahukah kamu? Kartu ucapan ini bisa berbentuk emas lho! Selain mampu mengucapkan Ramadhan, dengan kartu ucapan emas kamu juga bisa berinvestasi pada produk tersebut. 

Tanamduit menyediakan produk emas 24 karat dengan desain kartu-kartu ucapan Ramadhan yang lucu-lucu lho!

  1. Berbuka Puasa Bersama

Berbuka puasa bersama merupakan hal umum yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kegiatan yang satu ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada teman-teman, saudara, dan juga keluarga. Biasanya dalam acara buka puasa kita akan kembali bertemu dengan teman-teman lama yang sudah jarang sekali kita jumpai. 

  1. Ngabuburit

Di Indonesia hal ini sudah menjadi hal wajib untuk dilaksanakan. Arti dari ngabuburit adalah kegiatan yang kita lakukan untuk menunggu waktu jelang berbuka puasa. Orang-orang biasanya mengisi waktu ini dengan jalan-jalan keluar rumah sambil membeli camilan untuk berbuka puasa. 

  1. Bersedekah

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa kita laksanakan agar dalam perayaan Ramadhan kita bisa berbagi berkat satu sama lain, tidak hanya kepada keluarga tetapi kepada orang asing. 

  1. Tafakur Alam

Bagi kamu yang senang berpetualang, kegiatan ini cocok untukmu. Tafakur alam adalah perbuatan dalam agama Islam bagi orang-orang memiliki pengetahuan di bidang alam. Contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan sampah di sekitar lingkungan rumahmu.

  1. Bazaar Ramadhan

Di bazaar Ramadhan biasanya ada banyak promo-promo menarik untuk kamu beli. Salah satunya adalah promo reksadana di aplikasi tanamduit. Di aplikasi ini ada banyak promo yang bisa kamu gunakan terutama di bulan Ramadhan. 

Baca juga: 9 Tips Persiapan Belanja Ramadhan Lebih Hemat dan Praktis 

  1. Membuat Minuman Segar

Kegiatan ini juga termasuk ke dalam ngabuburit. Untuk mengisi waktu luang sebelum buka, kita bisa membuat berbagai macam minuman segar seperti es jeruk, cendol, dan lain sebagainya. Minuman-minuman ini nantinya akan kita sajikan kepada keluarga, teman, dan saudara-saudara yang sedang berkunjung ke rumah. 

Kesimpulan

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kegiatan Ramadhan. Bisa berupa buka puasa bersama sampai  bersedekah kepada sesama. Apalagi, sedekah di bulan Ramadhan bisa membawa hal baik dalam hidupmu. 

Jangan lupa untuk tetap menyiapkan dana darurat dan berinvestasi demi mencapai tujuan finansialmu. Apalagi, kamu yang punya tujuan finansial saat Hari Raya Lebaran nanti. Misalnya, mudik lebaran atau berwisata bersama keluarga tersayang.

Untuk itu, investasi rutin bisa menjadi kunci mewujudkan tujuanmu. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa lebih mudah mencapai tujuan finansial dengan investasi reksadana, emas, atau Surat Berharga Negara (SBN). 

Mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa mengoptimalkan uang tabunganmu demi mencapai tujuan finansial melalui berbagai instrumen investasi.

Tenang saja, tanamduit itu sudah berizin dan berada di bawah pengawasan OJK. Jadi, transaksi investasimu aman dalam satu aplikasi. Klik untuk mulai investasi di aplikasi tanamduit. 

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah platform digital untuk berinvestasi berbagai produk reksa dana, SBN, emas, dan asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile