Home » 7 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Penuh Berkah Bagi Umat Islam

7 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Penuh Berkah Bagi Umat Islam

oleh | Apr 21, 2022

Sedekah di bulan Ramadhan menjadi salah satu perbuatan baik yang Allah SWT sukai. Seseorang yang menyisihkan sebagian hartanya kepada golongan orang yang membutuhkan akan mendapatkan banyak hal baik. Setiap umat Muslim tentu menginginkan berkah baik selama bulan puasa. Untuk itu, kegiatan baik ini bisa membawa banyak manfaat bagi umat manusia. Yuk, kenali keutamaan sedekah di bulan ramadhan melalui penjelasan di bawah ini!

7 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

1. Harta Menjadi Lebih Berkah

Seringkali, orang-orang merasa ragu untuk membagikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan. Padahal, kegiatan berbagi ini bisa membuat harta seseorang menjadi lebih berkah. Hal ini juga tercantum dalam QS. Saba’: 39, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” Sebagai manusia, kita hanya perlu mengimani dan Tuhan yang Maha Kuasa akan memberikan segala hal baik bagi manusia yang ikhlas.

2. Menghapus Dosa

Seorang yang rajin berbagi, ia akan mendapatkan ampunan dosa-dosa oleh Tuhan yang Maha Esa. Rasulullah SAW dalam HR. At-Tirmidzi bersabda, “sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” Bagi manusia yang ikhlas saat berbagi kepada sesama, ia akan mendapatkan yang terbaik dan insyaAllah terampuni dosa-dosanya.

3. Mencegah Perbuatan Maksiat

Di kehidupan ini, umat manusia ini tidak bisa lepas dari kegiatan jual-beli. Dalam lingkup perdagangan di tengah masyarakat, perbuatan maksiat sangat rentan terjadi. Untuk itu, sedekah menjadi salah satu cara untuk mencegah perbuatan maksiat. Rasulullah bersabda, “Wahai para pedangang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.”

4. Pahala Akan Berkembang

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan itu seseorang bisa mendapatkan pahala berlipat ganda. QS. Al Hadid Ayat 18 menjelaskan bahwa, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”Jadi, jangan ragu untuk berbagi, ya!

5. Investasi di Akhirat

Di bulan puasa, jangan cuma investasi di dunia, dong! Sedekah juga menjadi investasi di akhirat. Dalam hal ini, kegiatan memberi infak kepada orang yang membutuhkan itu bisa menjadi amalan baik bagimu. Saat hari akhir tiba, amal kebaikan ini dapat menyelamatkan kamu dari siksa api neraka. Jadi, kamu bisa menyisihkan sebagian hartamu sekarang, lalu mendapatkan keberkahannya kemudian.

6. Menenangkan Hati 

Sedekah di bulan Ramadhan bisa membuat hati seseorang menjadi lebih tenang. Umat manusia yang tidak menyisihkan hartanya bagi orang yang membutuhkan akan mendapatkan penyesalan karena tidak berbuat baik kepada sesama. Hal ini juga tercantum dalam QS. Al-Munafiqun: 10, “dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata (dengan penyesalan), Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih.”

7. Membuka Pintu Kebaikan 

Setiap kegiatan baik akan membuahkan hal-hal baik lainnya. Oleh sebab itu, sedekah di bulan Ramadhan menjadi jalan untuk membuka pintu kebaikan lainnya. Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, ia mencintai  kedermawanan serta akhlak yang mulia, ia membenci akhlak buruk.” Yuk, lakukan hal baik agar mendapatkan banyak hal-hal baik di dunia dan akhirat.

Contoh Sedekah di Bulan Ramadhan

1. Berbagi Hidangan Buka Puasa

Rasulullah bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” Untuk itu, membagikan hidangan berbuka puasa dapat membawa berkah bagi orang-orang yang berbagi hidangan buka puasa. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai berbagi ke jemaah masjid terdekat atau golongan orang-orang yang membutuhkan.

2. Memberikan Hidangan Sahur 

Kegiatan memberikan hidangan sahur juga bisa membawa keberkahan dalam hidupmu. Sahur menjadi salah satu rangkaian puasa yang memiliki banyak berkah bagi orang yang melakukannya. Kamu bisa membagikan hidangan sahur kepada orang terdekat, tetangga, atau orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Di samping memenuhi keutamaan puasa Ramadhan dengan sahur, kamu juga bisa mencapai keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. 

3. Bersedekah Kepada Fakir Miskin dan Dhuafa

Umat muslim bisa bersedekah kepada fakir miskin dan dhuafa melalui zakat. Zakat fitrah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk menyisihkan sebagian hartanya bagi fakir miskin dan dhuafa. Bagi orang-orang yang mampu, kegiatan berbagi kepada orang yang membutuhkan itu sangat dianjurkan. Sekarang, kamu juga bisa memberikan infak atau zakat dengan mudah dan aman secara online. Melalui situs BAZNAS, kamu bisa mengelola pembayaran zakat atau infak lebih mudah.

4. Menyisihkan Infak ke Kotak Amal

Infak ke kotak amal menjadi usaha berbagi yang cocok bagi semua kalangan. Umumnya, masjid menyediakan kotak amal bagi orang-orang yang ingin memberikan infak. Jadi, kamu bisa menyisihkan uang secara rutin untuk infak ke kotak amal dengan mudah. Meskipun jumlahnya tidak besar, kamu juga akan mendapatkan banyak kebaikan di bulan Ramadhan.

5. Sedekah Reksadana

Selain berbagi dalam bentuk makanan atau uang, kamu juga bisa menyalurkan infak berupa reksa dana, lho. Sekarang, semua orang berkesempatan untuk investasi secara online dengan mudah dan aman. Salah satu aplikasi penyedia investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) itu tanamduit. 

Selama bulan Ramadhan ini, kamu bisa investasi di tanamduit sekaligus bersedekah bareng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Setiap investasi reksa dana minimal Rp500 ribu atau beli cetak emas mulai dari 1 gr di tanamduit, kamu bisa mendapatkan bonus reksa dana yang akan tanamduit salurkan melalui BAZNAS. Jadi, kamu bisa investasi sekaligus sedekahkan bonus investasimu, deh

Kesimpulan 

Sedekah di bulan Ramadhan bisa membawa banyak manfaat bagi umat manusia di dunia maupun di akhirat. Orang-orang yang senang berbagi sebagian hartanya kepada orang terdekat yang membutuhkan dapat membuat hartanya lebih berkah. Selain itu, hati orang baik yang gemar berbagi juga akan lebih tenang sehingga dapat membuka pintu kebaikan. 

Umat manusia yang rutin memberikan infak juga dapat memperoleh pahala berlipat ganda dan menghapus dosa-dosanya. Namun, apa saja contoh sedekah di bulan Ramadhan? Mulai dari berbagi hidangan berbuka puasa hingga bersedekah reksa dana di tanamduit. Yuk, download aplikasi tanamduit dan capai keutamaan sedekah di bulan Ramadhan bersama tanamduit dan BAZNAS!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile