Home » 7 Solusi Mencari Uang Tambahan dari Internet di Bulan Ramadhan

7 Solusi Mencari Uang Tambahan dari Internet di Bulan Ramadhan

oleh | Apr 7, 2022

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang mempertanyakan solusi mencari uang tambahan. Pengeluaran di bulan suci cenderung lebih banyak karena harga barang-barang kebutuhan pokok cenderung naik. Umumnya, masyarakat Indonesia juga merencanakan mudik lebaran sehingga harus mempersiapkan uang lebih menjelang hari raya Idul Fitri.

Sekarang, semua orang berkesempatan untuk mendapatkan uang dari internet. Jadi, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan di samping pendapatan utama di bulan Ramadhan. Bingung mau mendapatkan penghasilan lebih besar selama bulan puasa? tanamduit punya solusi mencari uang tambahan dari internet yang bisa kamu lakukan di bulan ramadhan sebagai berikut.

Solusi Mencari Uang Tambahan dari Internet

1. Menjadi Freelancer 

Kini, ada banyak situs penyedia layanan pekerjaan lepas yang bisa kamu lakukan di rumah secara online. Semua orang bisa menjadi freelancer dan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan. Jika memiliki banyak keahlian dan pengalaman dalam bidang tertentu, maka kamu dapat memperoleh uang dengan jumlah fantastis. 

Untuk memulainya, kamu hanya perlu mengunjungi situs freelancer seperti Fiverr, Sribulancer, dan situs pekerja lepas lainnya. Pada situs tersebut, ada banyak lowongan pekerjaan di bidang, seperti jasa penulisan, penerjemahan, desain grafis, dan sebagainya. Melalui situs ini, seorang freelancer juga bisa memperluas relasi dan mampu bekerja secara profesional dengan banyak orang suatu saat nanti.

2. Menulis Artikel Blog

Selanjutnya, menulis artikel blog menjadi salah satu solusi mencari uang tambahan. Bagi kamu yang mempunyai hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk menulis artikel blog tentang persoalan tertentu. Misalnya, topik gaya hidup, kuliner, travelling, teknologi, dan sebagainya. Di bulan ramadhan, kamu bisa mengisi waktu luang untuk mengisi artikel blog. Saat pengunjung internet semakin ramai, kamu dapat membuka jasa iklan berupa promosi produk dan jasa. Namun, kamu harus konsisten dalam menyajikan konten tulisan informatif dan menarik di blog milikmu.

3. Bisnis Online Sebagai Reseller atau Dropshipper

Memulai bisnis online menjadi salah satu solusi mencari yang tambahan buat kamu. Semua orang dari berbagai latar belakang dapat memulai bisnis secara online tanpa mengeluarkan modal besar. Bahkan, kamu bisa berjualan online di media sosial atau e-commerce tertentu sebagai dropshipper tanpa modal. Kamu hanya perlu melakukan promosi di internet. Lalu, supplier barang daganganmu akan mengirimnya langsung ke pembeli. Jika ingin memastikan lebih jauh mengenai kualitas produk, maka kamu juga bisa menyiapkan stok barang dan mengemas produk jualan sendiri saat menjadi reseller. Semakin rajin melakukan promosi di internet, semakin banyak uang yang diperoleh selama berjualan di bulan suci.

4. Optimalkan Instrumen Investasi 

Di samping mengusahakan solusi mencari uang tambahan, semua orang dapat mengoptimalkan penghasilan dengan berinvestasi rutin. Dengan begitu, imbal hasil dari instrumen investasimu dapat mengoptimalkan penghasilan tambahan di bulan ramadhan. Kegiatan investasi rutin menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan uang tambahan selama bulan puasa. Investor pemula bisa memilih beragam produk investasi sesuai dengan tujuan keuangan, jangka waktu investasi, dan profil risiko investasi. Kenali juga investasi yang aman melalui artikel berikut: 7 Jenis Investasi Aman Bagi Pemula, Waspada Investasi Bodong!

Masih bingung pilih investasi yang cocok? Kamu bisa mulai berinvestasi yang ramah bagi investor pemula, seperti investasi reksa dana atau emas. Di tanamduit, kamu bisa investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) secara online dengan mudah dan aman. tanamduit juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK, lho. Bahkan, semua orang bisa investasi mulai dari 10 ribu aja! Klik di sini untuk mulai investasi di tanamduit.

5. Buka Kursus Online

Kegiatan di bulan Ramadhan akan lebih bermanfaat dengan berbagi kepada orang lain sekaligus mewujudkan solusi mencari uang tambahan. Jika memiliki keahlian khusus seperti bahasa asing, copywriting, public speaking, dan sebagainya, maka kamu dapat membuka kelas atau kursus online.  Dalam hal ini, kamu harus mempersiapkan materi mendalam dengan sudut pandang menarik agar banyak orang yang tertarik untuk ikut bergabung dalam kelasmu. Solusi ini juga bisa menjadi ide passive income andalanmu. Yuk, ketahui cara mendapatkan passive income lainnya melalui artikel berikut: 11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income, Wajib Coba!

6. Jadi Content Creator

Di tengah berkembangnya media sosial, semua orang berkesempatan untuk menjadi content creator. Di media sosial, kamu bisa membagikan konten menarik dan informatif mengenai banyak hal. Bentuk konten tersebut dapat berupa tulisan, gambar, atau video. Jika kamu memiliki banyak pengikut aktif, maka brand tertentu dapat berpotensi mengajakmu kerja sama untuk melakukan promosi endorsement melalui konten kreatifmu. Dengan begitu, kamu dapat mendapatkan uang dari hasil endorsement.

Dalam hal ini, kamu harus konsisten dalam menciptakan dan menyajikan ide menarik di setiap konten buatanmu. Saat brand mulai mengajakmu kerja sama, kamu dapat memperoleh uang tambahan. Di bulan puasa ini, kamu bisa mengisi waktu berbuka dengan membuat konten kreatif di media sosial sehingga kegiatan ini dapat menjadi solusi mencari uang tambahan dari internet.

7. Jual Foto dan Video

Jika memiliki hobi di bidang fotografi dan videografi, maka kamu bisa menjual hasil foto dan video andalamu ke berbagai situs tertentu. Umumnya, para pecinta fotografi dan videografi menjual karya terbaiknya melalui situs Shutterstock, iStockphoto, dan sebagainya. Jadi, kamu dapat tetap menghasilkan uang dari internet setiap pengunjung situs tersebut mengunduh karya foto atau videomu. Komisi penjualan tersebut bisa mulai dari 20 persen sampai 45 persen sebagai keuntunganmu. 

Kesimpulan

Itulah solusi mencari uang tambahan dari internet yang bisa kamu coba di bulan Ramadhan. Di rumah, semua orang berkesempatan mencari uang tambahan hanya dari internet. Mulai dari menjadi freelancer, menulis artikel blog, memulai bisnis online sebagai reseller atau dropshipper, membuka kursus online, menjadi content creator, menjual karya foto atau video, dan rutin berinvestasi. Selain mencari uang tambahan, jangan lupa untuk mengoptimalkan pendapatanmu dengan investasi reksa dana atau emas di aplikasi tanamduit!

Sekarang, kamu bisa mulai investasi emas di tanamduit, lho. Cetak desain emas edisi spesial Idulfitri favorit kamu agar momen lebaran bareng keluarga jadi lebih berkesan, mulai dari 0,1 gram aja~ Yuk, dapatkan desain emas favoritmu dan klik banner di bawah ini sekarang!

cetak-emas-lebaran-solusi-mencari-uang-tambahan

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile