Home » 5 Investasi yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa

5 Investasi yang Menguntungkan Bagi Mahasiswa

oleh | Nov 22, 2021

Di era digital, mahasiswa semakin kreatif dan inisiatif untuk belajar investasi yang menguntungkan. Idealnya, mahasiswa mulai menyiapkan finansial untuk masa depan yang sejahtera. Adanya teknologi digital membuat anak muda mudah mendapatkan informasi tentang investasi. Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu mengetahui cara memulai investasi hingga rekomendasi produk permodalan yang cocok bagi mahasiswa. Yuk simak rekomendasi investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa yang wajib kamu ketahui!

1. Reksa Dana

Investasi reksa dana cocok sekali bagi kamu yang masih merasa awam dengan dunia penanaman modal. Aset ini menjadi alternatif solusi memulai investasi bagi mahasiswa pemula. Reksa dana adalah instrumen permodalan yang terdiri dari kumpulan dana investor yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Manajer Investasi akan mengalokasikan dana kelola investasi untuk membeli saham, obligasi, deposito, dan instrumen investasi lainnya.

Satu produk reksa dana terdiri dari komposisi aset finansial yang bervariasi sehingga kamu sudah mendiversifikasikan modal investasi dan dana kelola investasi lebih aman dari kerugian. Investor akan mendapat keuntungan atau imbal hasil (return) dari kenaikan harga unit penyertaan reksa dana. Selain itu, kamu dapat memulai investasi tanpa harus melakukan analisa mendalam pemilihan komposisi portofolio efek. Menariknya, kamu dapat memulai investasi mulai dari 10 ribu di aplikasi penyedia layanan investasi reksa dana, seperti tanamduit.

2. Emas

Rekomendasi investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa selanjutnya, yakni emas. Investasi emas menjadi salah investasi yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi di masyarakat. Harga emas setiap tahun selalu meningkat. Investasi emas cocok sekali menjadi instrumen investasi jangka panjang untuk mempersiapkan kebutuhan masa mendatang.

Tak hanya investasi emas dengan wujud fisik, kamu bisa membeli emas digital. Di era teknologi saat ini, berinvestasi emas sangat mudah dan praktis. Aplikasi penyedia layanan investasi seperti tanamduit menyediakan program menabung emas. Jadi, kamu tidak perlu membeli emas batangan dengan harga yang mahal.  Selain itu, kamu juga bisa membeli emas berupa kartu emas dengan berbagai tema desain yang menarik. Selain investasi, kamu dapat menjadikan emas sebagai koleksi.

3. Deposito

Ingin memulai investasi dengan risiko yang rendah? Kamu bisa memulai investasi dengan deposito yang menawarkan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa. Produk perbankan ini berbeda dengan tabungan konvensional. Deposito merupakan produk keuangan alternatif berupa simpanan dalam rekening dengan masa tenor tertentu.

Kamu dapat memiliki masa tenor yang beragam dengan bunga deposito yang berbeda di setiap bank. Jika kamu mencairkan dana sebelum masa tenor, maka kamu akan dikenakan biaya pinalti. Setiap bank juga menetapkan minimal deposit uang yang berbeda. Mulai dari 1 juta, 5 juta, hingga jumlah lainnya. Umumnya, bank menetapkan minimal deposito 5 juta.

Baca juga: 11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income

4. Obligasi Ritel Indonesia

Instrumen investasi ini menjadi pilihan investasi tanpa risiko. ORI adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara. Pemerintah menawarkan obligasi ini untuk membiayai berbagai keperluan negara. Mulai dari membangun infrastruktur hingga menutup defisit APBN. Kamu dapat investasi ORI tanpa risiko karena pembayaran surat utang tersebut telah dijamin oleh Undang-undang. Tak perlu khawatir, investasi ORI tidak terdapat risiko gagal bayar.

ORI terbit dalam skema fixed rate sehingga investor dapat memperoleh keuntungan dengan bunga (kupon) tetap yang akan dibayarkan oleh negara setiap bulan. Selain itu, kamu juga memperoleh keuntungan investasi obligasi ini yang berasal dari capital gain. Jika kamu menjual obligasi di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi daripada harga membeli, maka kamu akan mendapatkan keuntungan capital gain. Kamu juga bisa investasi ORI sesuai dengan kaidah syariah, lho! Serupa dengan ORI, Sukuk Ritel menjadi instrumen investasi syariah yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Ketahui Jenis SBN!

5. P2P Lending

Selain keempat alternatif investasi sebelumnya, P2P (Peer to Peer) Lending menjadi salah satu pilihan investasi untuk mahasiswa. P2P Lending merupakan layanan pendanaan bagi pelaku usaha maupun individu. Dalam instrumen investasi ini, masyarakat bertindak sebagai investor atau pendana. Minat pencari dana Peer to Peer Lending ini cukup tinggi walaupun pendanaan ini baru hadir di Indonesia.

Investasi ini cocok untuk mahasiswa karena menawarkan imbal hasil (return) cukup praktis. Selain itu, kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada aplikasi P2P Lending, seperti Modal Rakyat. Melalui aplikasi tersebut, investor akan bertemu dengan peminjam (borrower) sebagai penerima pendanaan. Sebelum mendanai peminjam, kamu harus memperhatikan profil peminjam dengan cermat. Mulai dari kondisi keuangan, potensi bisnis, hingga track record pembayaran pinjaman. Selain itu, kamu juga harus memastikan telah memilih P2P Lending yang terpercaya dan telah terdaftar di bawah pengawasan OJK.

Itulah 5 investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa. Agar dapat mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang, mahasiswa harus melek finansial dan menyiapkan keuangan di masa muda.  Tak perlu khawatir! Kamu bisa mulai investasi reksa dana di tanamduit mulai dari 10 ribu. Selain itu, kamu juga bisa investasi emas atau surat berharga negara. Mau memulai investasi secara syariah? tanamduit juga menyediakan berbagai produk reksa dana dan surat berharga negara syariah juga, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit dan capai tujuan investasi demi masa depan yang cemerlang!

 

 Penulis: Hani Nastiti

banner-download-mobile