Home » 5 Rekomendasi Film tentang Investasi yang Wajib Kamu Tonton!

5 Rekomendasi Film tentang Investasi yang Wajib Kamu Tonton!

oleh | Sep 3, 2021

Tahukah kamu, banyak sineas kreatif yang mengangkat cerita tentang dunia investasi ke dalam film layar lebar? Ya, banyak film tentang saham dan investasi yang bisa menginspirasi kamu untuk berani terjun ke dunia investasi, lho! Film tentang investasi yang wajib kamu tonton ini bisa menambah wawasan istilah di dunia investasi sekaligus belajar melakukan investasi yang aman.

1. Money (2019)

film-tentang-investasi-money

 Money via Viu

Money merupakan film tentang investasi yang berkisah tentang seorang pemuda bernama Jo Il Hyun (Ryu Jun Yeol) yang beringin menjadi orang kaya dengan uang berlimpah. Ia bertemu dengan Beon Ho Pyo (Yoo Ji Tae), seorang penipu pasar saham dan berusaha menjadi milyader. Film ini semakin menegangkan saat seorang supervisor jasa finansial mencurigai mereka. Keinginan Jo Il Hyun yang ingin menjadi pialang saham pun berujung sial. Jo Il Hyun terjebak dalam penipuan pasar saham dan harus menghadapi masalah yang tak kunjung usai. Film Money memberikan gambaran bahwa penipuan dan kejahatan di dunia investasi sering dijumpai.

2. The Big Short (2015)

the-big-short

The Big Short via Ekspresi Online

Berlatar krisis ekonomi tahun 2000-an, film tentang investasi ini mengisahkan empat pria dan ide brilian di tengah krisis perekonomian tahun 2007-2010. Mereka memprediksi bahwa mortgage atau KPR di Amerika akan mengalami kredit macet. Michael Burry (Christian Bale) dan ketiga temannya memiliki strategi kontra dengan menjual instrumen investasi yang belum mereka punya. Dengan harapan harga properti KPR turun drastis, mereka bisa mendapatkan selisih keuntungan yang tinggi. Hal ini dikenal dengan Credit Default Swap (CDS).

Banyak investor yang tertarik pada CDS yang mereka tawarkan. Namun, harga properti KPR tersebut tidak turun, sehingga banyak investor menagih ganti rugi. Untungnya, sekelompok oportunis yang cerdik ini bekerja sama dengan CEO Deutsche Bank yang berpikir sejalan. Dengan strategi tersebut, mereka berhasil meraup keuntungan besar dan turut menyukseskan kliennya.

3. Margin Call (2011)

film-tentang-investasi-margin-call

Margin call via KapanLagi

Margin Call merupakan film tentang investasi yang menyoroti cerita sebuah bank investasi besar dan krisis keuangan tahun 2007-2008. Kisah ini bermula saat sebuah perusahaan finansial melakukan PHK. Eric (Stanley Tucci), seorang manajemen risiko menitipkan pekerjaan terakhirnya pada Peter (Zachary Quinto). Setelah ditelisik, perusahaan akan  mengalami kerugian dan terancam bangkrut. Pimpinan dan karyawan segera melakukan rapat dan memutuskan menjual seluruh saham perusahaan hingga saham perusahaan itu tak lagi bernilai.

Melalui film tentang investasi ini, penonton dapat mengetahui berbagai istilah seputar investasi. Penting juga bagi calon investor untuk melakukan riset riwayat saham perusahaan yang dituju.

4. Enron: The Smartest Guys in The Room (2005)

enron-the-smartest

Enron via Empire

Berangkat dari kisah nyata, film dokumenter ini mengungkap skandal bisnis Enron. Kasus penipuan finansial terbesar sepanjang sejarah di Amerika ini terjadi pada tahun 1985-2001. Kisah ini bermula saat seorang wartawan majalah Fortune dan seorang analis investasi yang mulai curiga terhadap nilai saham Enron dan laporan keuangan yang tak wajar. Film tentang investasi ini juga mengungkap pernyataan langsung mantan pimpinan dan karyawan Enron.

5. Wall Street (1987)

wall-street

Wall street via The Objective Standard

Melalui tokoh pialang pasar modal, Bud Fox, film tentang investasi ini memberikan gambaran investasi dan sisi gelap dari pasar saham. Ambisinya dalam mencapai kesuksesan di pasar saham dengan segala cara hingga pelanggaran kode etik. Langkah yang tidak bijak ini justru membuatnya terjun dalam berbagai masalah besar. Melalui film Wall Street, kamu dapat mengetahui cara berinvestasi yang aman dan terhindar dari kejahatan finansial.

Apakah kamu yang ingin memulai investasi tapi takut terjebak dalam penipuan atau kejahatan di dunia finansial? Tenang aja, tanamduit bisa jadi pilihan kamu untuk berinvestasi. Selain produk investasinya beragam (reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) ritel, dan emas), tanamduit juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, legalitasnya terjamin, bukan?  Yuk, mulai wujudkan mimpimu bersama tanamduit!

 Penulis: Hani Nastiti

 

 

banner-download-mobile