Home » Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli dan Menjual Reksadana?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli dan Menjual Reksadana?

oleh | Jan 6, 2022

Banyak orang yang mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk membeli reksadana. Selain itu, investor pemula juga sering menghadapi dilema saat ingin menjual produk reksa dana. Dalam instrumen investasi ini, nilai atau harga reksa dana bergantung pada pergerakan harga aset-aset dalam portofolio investasi. Saat menghadapi kondisi pasar yang tengah menurun, investor kerap menghadapi kebingungan ini. Berikut merupakan jawaban dari keresahanmu.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Membeli Reksadana?

Dalam hal ini, kamu dapat mengacu pada rekomendasi salah satu investor sukses di dunia, Warren Buffet. Beliau mengatakan “good business at good prices”. Saat berinvestasi, ia menghindari “timing the market” sebagai kunci utama dalam memilih produk investasi. Jadi, ia tidak memperkirakan kapan waktu harga saham atau instrumen investasi tertentu berada di titik yang paling rendah.

Seringkali, investor terlalu sibuk memperkirakan kapan waktunya harga-harga saham atau produk investasinya berada di titik terendah sebagai strategi investasi sehingga menyianyiakan kesempatan baik untuk membeli. Warren Buffte mengatakan bahwa “Be fearful when others are greedy and greedy when others are fearful”, takutlah pada saat orang-orang sedang serakah dan serakahlah pada saat orang-orang sedang ketakutan.

Meskipun harga reksa dana naik dan turun, kamu dapat membeli produk reksa dana secara rutin dalam periode tertentu. Agar konsisten investasi, kamu dapat mengalokasikan sebagian penghasilan bulanan untuk memberli reksa dana di awal bulan dengan jumlah yang telah kamu tentukan. Dalam menentukan besaran alokasi dana investasi, kamu dapat menyesuaikan dengan tujuan investasi dan biaya kebutuhan setiap bulan.

Saat  kamu berinvestasi reksa dana saham, kamu dapat rutin membeli reksa dana karena return yang diberikan dalam jangka panjang akan optimal dan cenderung lebih tinggi dari jenis reksa dana lainnya. Jadi, kamu tidak perlu cemas berlebih sebelum membeli reksa dana di tengah kondisi pasar yang fluktuatif.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menjual Reksadana?

Para investor juga kerap menghadapi dilema saat ingin menjual reksa dana. Waktu yang tepat untuk menjual reksa dana dapat menyesuaikan dengan tujuan investasimu. Jika kamu telah mencapai return atau imbal hasil yang ditentukan dalam periode tertentu, maka kamu dapat menjual reksa dana tersebut.

Namun, kamu juga dapat menjual produk reksa dana sesuai sebelum memenuhi target tujuan investasi. Contohnya, kamu berinvestasi reksa dana pendapatan tetap untuk membeli barang impianmu, tetapi kamu membutuhkan dana darurat sehingga harus mempertimbangkan untuk menjual reksa dana. Pada situasi tersebut, kamu juga dapat menjual reksa dana, meskipun tujuan investasimu belum tercapai tanpa memikirkan kondisi pasar modal.

Sekarang, kamu tidak perlu membingungkan kapan waktu untuk membeli dan menjual reksa dana. Di aplikasi tanamduitkamu bisa pilih beragam produk reksa dana. Mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, hingga reksa dana saham ada di tanamduit. Kamu juga bisa mulai investasi dengan nominal yang terjangkau, lho! Yuk, download aplikasi tanamduit dan wujudkan tujuan investasimu!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi investasi dengan beragam produk seperti reksa dana, SBN, emas dan asuransi. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile