Home » Memilih Manajer Investasi yang Tepat Buat Kamu

Memilih Manajer Investasi yang Tepat Buat Kamu

oleh | Okt 16, 2020

Manajer Investasi (MI) adalah elemen paling penting dari investasi reksa dana. Mereka bertanggung jawab mengelola dana yang terkumpul dari para investor ke dalam portofolio efek dan surat berharga. Kalau diibaratkan, Manajer Investasi itu ibarat supir yang siap nganterin kamu ke tujuan investasi kamu. Mereka yang akan mengarahkan perjalanan kamu, kapan harus ngegas, kapan harus ngerem. Dengan perencanaan yang baik dan matang sesuai tujuan investasimu, kamu bakal happy ketika sampai tujuan.

Kinerja dari sebuah produk reksa dana dipengaruhi oleh kepiawaian dari Manajer Investasi dalam mengelola portofolio investasi yang ditunjang juga oleh kondisi pasar. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk memilih Manajer Investasi yang piawai. tanamduit punya panduan buat kamu supaya nggak salah pilih Manajer Investasi nih, temanduit!

 

1. Perusahaan Manajer Investasi harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

(https://3gindonesia.id/client/)

Sebelum kamu memilih manajer investasi, pastikan terlebih dahulu MI sudah mendapatkan izin sebagai Wakil Manajer Investasi dari OJK. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian kamu akibat penipuan, karena banyak pihak tidak bertanggung jawab di luar sana yang mengumpulkan dana dari masyarakat dan menjanjikan keuntungan, eh, taunya nipu.

Izin dari OJK menandakan bahwa MI telah sah memiliki dan kinerjanya diawasi oleh OJK secara langsung. Selain itu, kamu bisa mengecek data MI yang bermasalah di situs OJK langsung, lho. Semua MI yang jadi mitra tanamduit sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK bahkann memiliki reputasi yang sangat baik.

 

2. Pengalaman dan Profesionalitas Manajemen

(https://www.clsinvest.com/2017/02/24/cls-is-a-unique-investment-manager/)

Kamu dapat melihat MI yang berpengalaman dan profesional salah satunya dengan melihat berapa lama MI tersebut sudah beroperasi. Lamanya usia perusahaan MI menandakan bahwa MI tersebut telah melewati good times and bad times di pasar modal. Kamu juga perlu mengamati manajemen di balik MI tersebut, apakah prestasinya baik atau memiliki catatan yang kurang baik di industri pasar modal.

Kamu dapat mengetahui profil MI melalui Fund Fact Sheet dan Prospektus Reksa dana melalui aplikasi tanamduit.

 

3. Cek Asset Under Management (Dana Kelolaan) perusahaan Manajer Investasi

 

(https://www.funds-europe.com/news/global-investment-fund-assets-under-management-reach-38trn)

Penting buat kamu untuk melihat seberapa besar dana kelolaan dari perusahaan MI yang akan kamu pilih. Semakin besar dana kelolaan suatu MI, menandakan banyak orang yang mempercayakan dananya untuk dikelola perusahaan MI tersebut. Artinya, sudah begitu banyak uang masyarakat yang dipercayakan kepada MI tersebut. Hal ini bisa jadi pertimbangan buat kamu juga ketika memilih manajer investasi.

    4. Gaya Berinvestasi Manajer Investasi

    (https://www.etftrends.com/relative-value-channel/investment-style-diversification-matters/)

    Walaupun secara umum produk reksa dana terdiri dari 4 jenis, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham; umumnya MI juga memiliki gaya berinvestasi yang beragam. Misalnya, MI A dan MI B menginvestasikan dananya ke reksa dana saham. MI A memiliki strategi untuk menginvestasikan dana kelolaannya ke saham-saham blue chip, sedangkan MI B memadukan bluechip dengan saham-saham 2nd atau 3rd liner.

    Gaya berinvestasi dari suatu MI dapat dilihat secara umum melalui Prospektus untuk acuan investasinya dan Fund Fact Sheet untuk melihat alokasi dana dan portofolio efek yang dimiliki pada setiap produk reksa dana secara berkala.

      5. Memastikan kualitas pelayanan Manajer Investasi

       

      (https://www.freepik.com/free-photos-vectors/investment)

      Kepercayaan adalah faktor utama. Akan tetapi, kita tentu nggak akan semudah itu percaya tanpa pernah mencobanya, kan? Oleh karena itu, salah satu caranya adalah dengan membuktikan kepercayaan itu sendiri. Cobalah untuk berinvestasi reksa dana dengan menerapkan tips-tips pemilihan manajer investasi di atas.

      tanamduit bekerja sama dengan Manajer Investasi yang terseleksi, profesional, dan memiliki track record yang baik di pasar modal. Melalui aplikasi tanamduit, kamu dapat memilih berbagai jenis produk reksa dana unggulan dari berbagai Manajer Investasi yang kompeten, lho. Yuk, mulai berinvestasi reksa dana di aplikasi tanamduit!

       

      Penulis: Syafira Maulida

       

      banner-download-mobile