Home » Selain Crypto, Ini Dia Produk Investasi Favorit Anak Jaksel!

Selain Crypto, Ini Dia Produk Investasi Favorit Anak Jaksel!

oleh | Mar 18, 2022

Fenomena anak jaksel memang sudah booming beberapa tahun belakangan. Menurut warganet, anak jaksel sangat identik dengan bahasanya yang blasteran, alias mencampur penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saat berkomunikasi sehari-hari. Nggak berhenti cuma bahasa komunikasi, mereka juga seperti punya culture-nya tersendiri, lho. Makanya, nggak heran kalau gaya hidup anak jaksel kerap jadi sorotan para warganet.

Salah satu influencer yang menjadikan kejakselan sebagai topik utama dari kontennya adalah Oza Rangkuti (@podcastkeselaje). Salah satu gaya hidup yang diangkat adalah topik obrolan wajib kaum jaksel, yaitu seputar dunia investasi, terutama soal crypto. Nggak bisa kita pungkiri kalau banyak warga jaksel, khususnya millenials muda dan Gen-Z sudah melek investasi. Oleh karena itu, yuk, kita simak produk apa saja yang jadi favorit anak jaksel selain crypto pada artikel berikut!

Reksadana, Cocok Buat Anak Jaksel yang Pemula

Volatilitas a.k.a. naik turunnya harga aset crypto memang moodswing banget kalau kata anak jaksel. Buat yang masih pemula dan nggak mau ketinggalan tren (FOMO), investasi di cryptocurrency sangatlah berisiko. Oleh karena itu, reksadana adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih investor pemula, karena tidak memerlukan analisis secara mendalam. Kamu bisa tidur nyenyak, karena dana kamu dikelola langsung oleh profesional berlisensi OJK, yaitu manajer investasi. Reksadana juga terbagi menjadi beberapa jenis dengan risiko dan jangka waktu investasi yang berbeda. Berikut jenis reksadana yang perlu kamu ketahui.

1. RDPU (Reksadana pasar uang), risikonya paling rendah, nilainya stabil naik, karena 100% dana kelolaannya manajer investasi alokasikan pada deposito dan surat berharga yang jatuh temponya <1 tahun. Produk ini cocok untuk investasi jangka pendek (<1–2 tahun), contohnya healing ke Bali, beli ponsel baru, dll. Kamu bisa mengetahui RDPU secara mendalam pada artikel berikut: Apa Itu Reksadana Pasar Uang? Yuk, Kenali Keuntungannya!

2. RDPT (Reksadana pendapatan tetap), risikonya menengah, 80% dana kelolaannya manajer investasi alokasikan pada surat utang (obligasi) yang jatuh temponya >1 tahun. Produk ini cocok untuk jangka menengah (2–5 tahun), seperti wedding dream, kumpulin DP beli rumah, dll. Kamu bisa mengetahui RDPT lebih lanjut pada artikel berikut: Reksadana Pendapatan Tetap: Pengertian, Risiko, dan Keuntungan

3. RDC (Reksadana campuran), risikonya menengah, 1–80% dana kelolaannya harus diinvestasikan pada instrumen obligasi atau saham dan 1–20% pada produk pasar uang (deposito). Produk ini cocok buat tujuan jangka menengah (2–5 tahun). Baca lebih lanjut mengenai RDC pada artikel berikut! Pengertian Reksadana Campuran, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

4. RDS (Reksadana saham), risikonya tinggi, min. 80% dana kelolaannya manajer investasi alokasikan pada instrumen saham. Produk ini cocok untuk tujuan jangka panjang (>5 tahun), seperti tabungan beli rumah, biaya pendidikan tinggi anak, biaya ke Tanah Suci, dll. Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut: Reksadana Saham: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kamu tinggal sesuaikan saja mana produk reksadana yang cocok untukmu sesuai tujuan, toleransi risiko, dan target waktu investasimu. Oh, iya, reksadana juga produk investasi yang sangat terjangkau. Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10 ribu saja, lho.

Saham, Buat Anak Jaksel yang Risk Taker

Produk investasi favorit anak jaksel lainnya adalah saham. Di tongkrongan, kalau nggak ngobrolin crypto, pasti ngobrolin saham. Saham adalah bukti kepemilikan atau penyertaan modal kamu terhadap sebuah perusahaan. Kamu bisa memiliki saham perusahaan terbuka (go-public) di bursa saham. Berbeda dengan reksadana saham yang komposisi sahamnya sudah ditentukan oleh para ahli (manajer investasi), kamu bisa memilih saham manapun yang kamu inginkan jika berinvestasi langsung secara mandiri. Produk satu ini risikonya tinggi dan memang cocok untuk investasi jangka panjang (>5 tahun). 

Baca juga: Kenali Perbedaan Reksadana dan Saham Sebelum Mulai Investasi

Namun, untuk memilih saham yang tepat butuh effort untuk mempelajarinya. Butuh kemampuan analisis fundamental maupun teknikal untuk memilih saham yang tepat dan mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, bagi anak jaksel yang pemula, ada baiknya kalau mau berinvestasi saham, bisa mulai dari reksadana saham terlebih dahulu saja, karena sudah ada manajer investasi yang memilihkan saham-saham terbaik dalam pengelolaan dana investasimu.

Properti, Harganya Naik 20% Per Tahun!

Produk investasi menguntungkan lainnya yang diminati anak jaksel adalah properti. Di tengah quarter life crisis, pasti terselip obrolan untuk punya rumah sendiri, baik untuk kita tempati nanti, maupun sebagai investasi. Setiap tahunnya, harga properti rata-rata mengalami kenaikan hingga 20%. Sangat menjanjikan, bukan? Hanya saja, berinvestasi properti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jadi, buat anak jaksel yang budgetnya masih pas-pasan, mungkin bisa coba produk investasi lainnya

Emas, Investasi Jadul, Tapi Endulita

Siapa yang nggak tahu emas? Emas, khususnya logam mulia adalah salah satu aset investasi yang harganya terus alami kenaikan dalam jangka panjang (>5 tahun). Produk satu ini dipercaya banyak orang sebagai safe haven atau aset penjaga nilai saat krisis ekonomi melanda. Dalam 20 tahun terakhir, harga emas mengalami kenaikan 831%, lho! Endolita sekali kenaikannya. Oleh karena itu, investasi emas masih menjadi daya tarik sendiri bagi anak jaksel yang masih muda, terlebih lagi yang ingin berinvestasi jangka panjang. Kamu bisa mengetahui rekomendasi produk investasi jangka panjang lainnya pada artikel berikut: Rekomendasi Investasi Jangka Panjang yang Bikin Kaya di Masa Tua

Kesimpulan

Anak jaksel memang selalu terdepan dan mendambakan masa depan yang mapan. Oleh karena itu, investasi jadi salah satu cara untuk mencapainya. Choose your fighter, ya! Sesuaikan produk dengan tujuan, profil risiko, dan target waktu investasi yang kamu inginkan.

Di tanamduit, terdapat berbagai pilihan produk yang populer di kalangan anak jaksel, di antaranya adalah reksadana dan emas. Kamu bisa mulai investasi reksadana dan emas mulai dari Rp10 ribu saja. Jauh dari kata pricey, bukan?

Yuk, mulai investasi bareng tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile