Home » 7 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dicoba Besok!

7 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dicoba Besok!

oleh | Agu 31, 2021

Simak ide bisnis online yang bisa kamu mulai dari esok hari, tanpa perlu ditunda lagi~

Tahukah kamu, menjamurnya bisnis online di era modern seperti sekarang masih membuka banyak peluang bisnis buat para pemula yang belum punya modal? Yes, ini dia ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis online A.S.A.P!

1. Dropshipping Online di Marketplace

bisnis-online-dropship

Dropship via Freepik

Dropshipping merupakan salah satu contoh usaha tanpa modal yang cukup efektif memberikan tambahan penghasilan kepada pemula. Cara memulainya adalah dengan menjual produk milik orang lain. Kalau dilihat dari definisinya, dropshipping terdengar mirip dengan reseller, padahal keduanya berbeda, lho.

Dropshipper nggak seperti reseller yang harus membeli dan menyetok barang dari supplier. Jadi, kamu nggak perlu menyediakan gudang penyimpanan stok barang jualanmu. Kamu hanya perlu aktif memasarkan produk tersebut di media sosial dan akun e-commerce milikmu. Jadi, saat pelanggan ingin membeli produk yang dipasarkan, kamu tinggal membeli produk dari supplier untuk kemudian dikirimkan langsung ke alamat pelangganmu.

2. Jasa Desain Grafis Online

graphic-designer

Graphic designer via Pexels

Kemampuan desain grafis menjadi salah satu kunci dalam dunia bisnis. Bidang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang graphic designer di antaranya desain kemasan produk, logo bisnis, brosur, desain konten media sosial, dan masih banyak lagi. Ini bisa jadi peluang bisnis online yang menjanjikan buat kamu para graphic designer.

Kamu bisa menawarkan jasamu pada platform freelance dan membangun reputasi dengan menyusun portofolio dalam bentuk website. Portofolio dalam bentuk website bisa membuatmu terlihat lebih profesional yang membuktikan keahlianmu di bidang desain.

3. Kursus Online

online-course

 Online course via Pixabay

Sudah hampir dua tahun, kegiatan pembelajaran siswa maupun bekerja dilakukan jarak jauh, alias dari rumah. Hal ini tentu membuka peluang bisnis baru, yaitu kursus online. Keterbatasan ruang gerak selama pandemi Covid-19 membuat kursus online marak dan menjadi kebutuhan banyak orang.

Nggak cuma buat siswa, saat ini banyak juga kursus-kursus online untuk menambah skill yang dibutuhkan di dunia kerja, lho. Buat kamu para pengajar yang menguasai mata pelajaran dan bidang skill tertentu, membuka kelas online bisa jadi penghasilan tambahan yang menjanjikan.

 

4. Jasa pembuatan website

bisnis-online-pembuat-website

Coding via Freepik

Membangun sebuah website yang menarik tentu nggak mudah dan nggak semua orang bisa melakukannya. Buat kamu yang mahir IT dan menguasai coding, jasa pembuatan website bisa jadi salah satu sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan.

Kamu bisa mengawali bisnis online kamu dengan mempromosikan layananmu melalui website dan kanal media sosial yang membangun branding dari bisnismu. Jangan lupa untuk menargetkan audiens yang sesuai dan tepat sasaran sehingga bisa berpotensi menjadi klien kamu. Selain itu, sebagai awalan, kamu bisa riset harga pasaran pembuatan website untuk kemudian memberikan harga promosi untuk beberapa pelanggan pertama.

5. Jadilah seorang Blogger!

Blogger via Pexels

Sebuah blog dibuat dengan berbagai tujuan, mulai dari dokumentasi pribadi, membangun portofolio tulisan dan desain, hingga membuat konten yang menarik dan bermanfaat buat orang lain.

Jika konten blog kamu menarik dan bermanfaat bagi orang lain, biasanya akan menarik banyak orang untuk berkunjung ke laman blog kamu. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula potensi penghasilan yang kamu dapatkan. Penghasilan yang kamu dapatkan berasal dari iklan Google, endorsement berbayar dari pihak tertentu, dan masih banyak lagi

6. Jasa Optimasi SEO

bisnis-seo

SEO Optimizer via Pixabay

Jasa konsultan optimasi web bisa jadi salah satu ide bisnis online yang menguntungkan buatmu yang ahli di bidang tersebut. Layanan yang kamu berikan adalah membuat situs web klien kamu mendapat peringkat terbaik di mesin pencari (search engine) sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan angka penjualan.

7. Menjadi penulis freelance

bisnis-online-jasa-penulisan

Creative Writer via Freepik

Tidak dapat kita pungkiri bahwa teknik pemasaran dengan menggunakan content marketing sudah jadi senjata pamungkas para pebisnis di era serba teknologi seperti sekarang. Jasa penulisan konten, baik dalam bentuk artikel, konten media sosial, hingga konten iklan bisa jadi ide bisnis online cemerlang buat kamu yang punya kemampuan copywriting dan content writing yang baik. Dengan bermodalkan internet, kamu bisa mendaftarkan diri ke situs-situs penyedia lowongan freelancer dan mengunggah portofolio tulisanmu pada profil akunmu. Setelahnya, kamu bisa mulai menawarkan jasamu pada calon pelanggan di platform tersebut.

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak cara juga untuk mendapatkan penghasilan. Rekomendasi bisnis online di atas bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki.

Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk diinvestasikan rutin setiap bulannya, terutama untuk persediaan dana darurat. Jadi, sewaktu-waktu amit-amitnya ada situasi darurat yang menimpa, kamu sudah punya persiapan dana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa menyesuaikan jumlah dana yang kamu investasikan sesuai dengan kemampuan dan tujuan investasimu di masa mendatang. Tenang aja, di tanamduit terdapat banyak pilihan produk investasi mulai dari reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) ritel, dan emas yang bisa dibeli mulai dari Rp10 ribu saja, lho. Yuk, mulai investasi dan wujudkan impianmu di masa mendatang bareng tanamduit sekarang!

 Penulis: Syafira Maulida

 

banner-download-mobile