Home » Intip Gaya Hidup Orang Kaya Ala Warren Buffet, Patut Dicontoh!

Intip Gaya Hidup Orang Kaya Ala Warren Buffet, Patut Dicontoh!

oleh | Mar 21, 2022

Warren Buffet merupakan salah satu tokoh yang masuk jajaran orang terkaya di dunia. Namun, siapa sangka, dengan total kekayaan fantastis, Buffet memilih untuk menerapkan gaya hidup orang kaya yang sederhana. Baginya, kebutuhan lebih penting untuk ia penuhi daripada sekadar menuruti keinginan yang kurang penting. Penasaran dengan gaya hidup sederhana inspiratif ala Buffet? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut!

1. Tinggal di Rumah yang Sama

Gaya hidup orang kaya yang cukup umum adalah tinggal di real estate mewah dan mahal. Berbeda halnya dengan Warren Buffet yang memilih menetap di rumah pertamanya. Rumah pertamanya ia beli dengan harga US $31.500 dan sudah Buffet tempati lebih dari 60 tahun. Saat ini, rumah yang Buffet tempati nilainya sudah mencapai US $1 juta.

Sampai sekarang, Buffet belum memiliki rencana untuk pindah rumah. Menurutnya dalam sebuah surat kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway, rumah merupakan investasi terbaik ketiga yang pernah ia lakukan.

2. Jarang Mengajukan Pinjaman

Salah satu gaya hidup orang kaya sederhana lainnya yang Buffet terapkan adalah jarang melakukan pinjaman. Sebagaimana kita tahu, membeli barang secara kredit maupun dengan uang pinjaman tidak baik bagi kesehatan finansial kita. Jika kita tidak bisa menggunakan fasilitas pinjaman dengan bijak, bisa-bisa gaji bulanan habis hanya untuk bayar utang saja.

Orang kaya seperti Warren Buffet saja hanya mengajukan pinjaman sekali seumur hidupnya, saat ingin membeli rumah liburan di Laguna Beach, California. Sekalipun ia bisa membeli rumah senilai US $150 ribu secara cash, ia memilih untuk mengajukan hipotek selama 30 tahun. Alasannya adalah dengan US $150 ribu ia bisa melakukan banyak hal yang lebih baik, dibandingkan harus menghabiskannya secara tunai untuk sebuah properti.

3. Sarapan Sederhana

Orang yang bergelimang harta bisa dengan mudah menyewa koki pribadi untuk membuatkan menu sarapan. Namun, Buffet memilih gaya hidup orang kaya sederhana, cukup dengan membeli sarapan di Mc Donald’s. Cara hidup sederhana seperti ini bisa kita tiru, lho. Sebagai orang biasa, kita bisa berhemat dengan sarapan dengan masakan rumah atau membawa bekal apabila tidak sempat memakannya sebelum berangkat kerja.

4. Miliki Mobil Murah Meriah

Gaya hidup orang kaya lainnya yang sangat kentara dapat kita lihat dari deretan mobil mewahnya. Buffet punya anggapan berbeda, karena baginya, mobil murah ataupun mahal fungsinya sama. Ia juga menyesuaikan mobil dengan kebutuhan berkendaranya yang tidak terlalu sering. Miliuner satu ini hanya berkendara sejauh 3.500 mil dalam setahun. 

Hal yang dilakukannya bisa menjadi contoh bagi kita untuk tidak mengeluarkan budget terlalu besar untuk sebuah kendaraan, apalagi membelinya secara kredit. Lebih baik menunda pembelian dan mengumpulkan uang sedikit lebih lama agar dapat membelinya secara tunai.

5. Gunakan Promo dan Voucher Belanja

Cara hidup hemat ala miliarder Warren Buffet lainnya adalah dengan memanfaatkan promo dan voucher saat berbelanja. Ia mengaku senang sekali mentraktir rekan sesama miliunernya di sebuah restoran dan menggunakan kupon saat pembayaran agar lebih hemat.

6. Berbelanja Secukupnya

Terkadang, sulit bagi kita untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Alhasil, seringkali kita menuruti keinginan dan uang kita habis begitu saja karena mudah tergoda. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup sederhana ala Buffet. Ia tidak memedulikan setelan desainer dan iPhone seri terbaru. Ia baru upgrade ponsel flip miliknya seharga US $20 yang telah digunakan bertahun-tahun lamanya dengan iPhone pada tahun 2020 lalu.

Baginya, selama fungsi barang masih bisa ia optimalkan sesuai dengan kebutuhannya, tidak perlu melakukan upgrade dan melakukan pengeluaran yang nggak perlu-perlu banget.

7. “Habiskan Uang yang Tersisa Setelah Menabung”

Secara tersirat, Buffet ingin menyampaikan kepada kita untuk membiasakan menabung dan investasi terlebih dahulu sebelum pengeluaran lainnya, a.k.a. nabung dulu, belanja kemudian! Kebiasaan menabung dan investasi di awal bulan bikin impian-impian yang kamu capai di masa mendatang nggak cuma jadi angan-angan. Kamu bisa ikuti tips menabung yang efektif pada artikel berikut: 10 Tips Menabung Rutin dan Efektif di Usia 20-an

8. Jangan Pernah Berinvestasi dengan Pinjaman

Investasi adalah salah satu cara seseorang membangun kekayaan. Namun, investasi juga membutuhkan proses. Untuk berinvestasi, gunakanlah uang dingin atau uang yang memang dialokasikan untuk mengembangkan asetmu. Jangan sampai memaksakan diri untuk berinvestasi hingga menggunakan fasilitas pinjaman dari bank, maupun pinjaman online a.k.a. pinjol.

9. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Menurut Buffet, sesuatu dapat dikerjakan dengan maksimal apabila kita menyukainya. Dengan menyukai sesuatu, kita akan menikmati sekecil apapun prosesnya. Jika kamu nggak bisa menjalankan hobimu sebagai pekerjaan, setidaknya tetap lakukan hal yang disuka selagi ada waktu luang. Gaya hidup orang kaya seperti Buffet satu ini bisa kamu tiru juga, bukan?

10. Kurangi Pengeluaran Kecil

Pernah dengar istilah latte factor? Latte factor adalah pengeluaran kecil yang tidak penting, tetapi kalau menjadi kebiasaan, bisa bikin dompet kita boncos juga, lho. Seorang Warren Buffet sangat menghindari pengeluaran-pengeluaran kecil yang ia anggap tidak penting. Baginya, ada banyak solusi kreatif untuk menghemat pengeluaran. Ia pernah mendaur ulang meja rias menjadi keranjang bayi untuk anak pertamanya dan meminjamnya saat punya anak kedua.

Baca juga: Kenalan Dengan Latte Factor, Pahami dan Cegah Kebiasaannya!

Kesimpulan

Terkadang, banyak orang yang menerapkan gaya hidup orang kaya dan tidak hidup sesuai dengan kemampuannya sehingga kehidupannya seperti bom waktu, dapat meledak dan hancur kapanpun. Banyak orang yang terlilit utang untuk menerapkan gaya hidup orang kaya yang mereka impikan. Padahal, tidak sedikit orang kaya yang bergaya hidup sederhana seperti Warren Buffet. Hidup sederhana sambil mempersiapkan masa depan dan membangun kekayaan di masa mendatang tentu jadi opsi bijak yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa persiapkan masa depan impian kamu bareng tanamduit, lho! Mulai dari Rp10 ribu, kamu bisa mulai mempersiapkannya dengan berinvestasi pada produk reksadana maupun emas di tanamduit. Yuk, mulai investasi reksadana dan emas di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile