Home » 10 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Agar Terhindar dari Gelisah

10 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Agar Terhindar dari Gelisah

oleh | Mar 5, 2022

Siapa yang tidak menginginkan kehidupan tenang dan bahagia? Hidup tenang dan bahagia adalah keinginan yang terdengar sederhana, tetapi begitu didambakan setiap orang. Meskipun nggak bisa kita pungkiri, kalau standar kebahagiaan bersifat relatif, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada beberapa kunci hidup tenang dan bahagia sederhana yang bisa kamu terapkan supaya kamu terhindar dari rasa gelisah. 

Apa saja, ya, kunci hidup tenang dan bahagia? Yuk, simak ulasannya pada artikel berikut!

Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Rasa khawatir, gelisah, dan takut sangatlah manusiawi. Namun, seringkali kecemasan kita terhadap sesuatu justru menjadi pemicu stres, rasa tidak bahagia, hingga penyakit mental. Untuk mencegah kekhawatiran berlebih terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi, ada baiknya kamu menerapkan kunci hidup tenang dan bahagia di bawah ini.

1. Perbanyak rasa syukur

Sering kali rasa tidak bahagia muncul ketika kita merasa kurang atas apa yang dimiliki. Padahal, setiap manusia Tuhan ciptakan dengan kelebihan beserta kekurangannya masing-masing. Memperbanyak rasa syukur bisa jadi kunci hidup tenang dan bahagia. Punya mimpi besar adalah hal wajar, namun jangan lupa untuk mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini.

Untuk memperbanyak rasa syukurmu, kamu bisa, lho, meluangkan sedikit waktumu untuk menuliskan hal-hal yang kamu syukuri setiap harinya di buku harianmu. Kebahagiaan yang kamu catat bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti rasa syukur telah diberi kesehatan, bisa makan enak, pekerjaan terselesaikan dengan lancar, dll.

2. Jangan bawa masalah saat tidur

Penelitian di Beijing, Tiongkok membuktikan bahwa amarah maupun pengalaman buruk yang terbawa ke alam bawah sadar saat tidur membawa dampak buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan otak. Amarah dan pengalaman buruk yang terbawa saat tidur bisa meningkatkan kadar stres serta kecenderungan kita untuk terus mengingat pengalaman dan perasaan tersebut. Jadi, kalau harimu buruk, ada baiknya kamu menenangkan pikiran terlebih dahulu dengan bermeditasi sejenak, lalu lepaskan pikiran-pikiran negatif sebelum tidur. 

3. Miliki mindset positif

Sering kali rasa tidak bahagia muncul ketika kita overthinking serta berprasangka buruk terhadap apa-apa yang belum tentu terjadi. Kebiasaan tersebut nggak baik untuk kondisi mentalmu, lho. Cobalah untuk memikirkan hal-hal positif dari segala sesuatu. Selalu berpikiran positif menjadi salah satu kunci hidup tenang dan bahagia.

4. Beristirahat yang cukup

Salah satu kunci hidup tenang dan bahagia yang paling sederhana adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Idealnya, waktu istirahat manusia dalam satu hari adalah 7–8 jam. Tidur yang cukup bisa me-reset kembali pikiranmu sehingga kamu bisa mengawali hari dengan fresh keesokan harinya. 

5. Rutin bangun pagi

Ketika tubuh kamu mendapatkan cukup istirahat setiap harinya dan terbiasa bangun pagi, kamu bisa mengawali aktivitas pagimu dengan lebih mudah. Bangun di pagi hari bisa membuat pikiranmu lebih segar serta menjadi awalan yang baik untuk lebih produktif, lho. Dengan bangun pagi, kamu terhindar dari perasaan dag-dig-dug karena terburu-buru, jadi nggak perlu cemas akan hal tersebut. Oleh karena itu, rutinitas bangun pagi bisa jadi salah satu faktor kunci hidup tenang dan bahagia setiap harinya.

6. Berolahraga rutin

Berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Dengan berolahraga rutin, imunitas tubuhmu akan meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, olahraga dapat membuat pikiranmu menjadi lebih rileks sehingga rutin berolahraga menjadi salah satu kunci hidup tenang dan bahagia yang bisa kamu terapkan.

Olahraga dapat memicu peningkatan hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin berperan penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik sehingga kamu bisa merasa bahagia.

7. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Tingkat kepuasan dari seorang manusia seolah nggak pernah ada ujungnya. Manusia terus menginginkan lebih dari apa yang mereka punyai sekarang sehingga seringkali menjadikan hidup orang lain sebagai pembanding atas hidupnya sendiri. Kehadiran media sosial sebagai tempat mengekspos kesuksesan seseorang sedikit banyak men-trigger kita untuk merasa tidak puas dengan diri kita. Padahal, setiap orang punya garis kehidupannya sendiri yang belum tentu sama dengan orang lain.

Rasa tidak puas pada diri sendiri membawa perasaan negatif yang membuatmu tidak bahagia. Kamu bisa rehat sementara dari media sosial untuk mendetoks perasaan negatif dan fokus pada kehidupanmu sendiri. Percaya, deh, fokus pada kehidupan sendiri membuat kita jauh lebih bahagia! Cara ini bisa jadi kunci hidup tenang dan bahagia buatmu yang bisa kamu coba.

8. Menerapkan gaya hidup praktis

Segala sesuatu yang rumit pasti bikin pusing tujuh keliling. Selalu saja ada hal nyebelin yang merusak mood di pagi hari, salah satunya terjebak macet. Jebakan batman kemacetan bisa jadi masalah berkelanjutan seperti terlambat kerja, dimarahi atasan, dan masih banyak lagi. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa menerapkan gaya hidup praktis. Salah satunya dengan naik kendaraan umum yang bebas macet seperti kereta atau MRT. Ini bisa jadi langkah sederhana untuk mengawali hari dengan mood yang baik.

9. Hidup sesuai kemampuan

Penyebab kegelisahan tak berujung salah satunya adalah hidup bergelimang utang. Sehabis gajian, bukannya merasa senang, malah stres, karena tagihan-tagihan sudah menunggu untuk kamu bayar. Alhasil, gaji satu bulan habis untuk bayar tagihan dan menjalankan hidup sebulan ke depan terasa sangat berat.

Well, kamu sepertinya perlu mengevaluasi keuangan kamu lagi. Kamu bisa pelan-pelan membatasi keinginanmu untuk membeli barang tersier seperti gadget, kendaraan dengan kredit. Setelah selesai melunasi utang, kamu bisa mulai merencanakan keuangan dari awal dengan membuat pos-pos pengeluaran yang sesuai dengan pendapatan yang kamu terima setiap bulannya. Untuk selanjutnya, kamu bisa menabung terlebih dahulu sebelum membeli barang dibandingkan membelinya secara kredit.

Baca juga: Tips Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan, Penting!

10. Kondisi finansial yang sehat

Hal penting lainnya yang jadi kunci hidup tenang dan bahagia adalah memiliki kondisi finansial yang sehat. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan membuat alokasi gaji. Berikut adalah rumus alokasi dengan asumsi gaji Rp5 juta per bulan.

  1. Kebutuhan & tagihan 65%
  2. Dana darurat & asuransi 10%
  3. Tabungan & investasi 10% 
  4. Alokasi gaji untuk senang-senang 10%
  5. Donasi/sedekah 5%

Kamu bisa membaca selengkapnya mengenai alokasi gaji pada artikel berikut: Gaji Pas-pasan Bisa Nabung dan Investasi? Cobain Alokasi Gaji Ini!

Dengan membuat perencanaan alokasi gaji, kamu jadi punya pegangan untuk membuat kondisi finansialmu sehat. Kondisi finansial yang sehat akan membuat hidupmu lebih tenang, serta bahagia. Alokasi gaji untuk menabung dan investasi memang tidak besar, tetapi dengan melakukannya secara rutin setiap bulan, kamu bisa mewujudkan impianmu di masa mendatang serta meraih kebebasan finansial versi kamu. Kebebasan finansial tentu jadi kunci hidup tenang dan bahagia yang tidak boleh terlewatkan, bukan?

Kesimpulan

Setiap orang pada dasarnya punya cara tersendiri untuk hidup tenang dan bahagia. Kamu bisa menerapkan kunci hidup tenang dan bahagia pada artikel ini. Perbanyak rasa syukur, berhenti membandingkan diri dengan orang lain, hingga menjaga kondisi finansial agar tetap sehat menjadi kunci hidup tenang dan bahagia yang tidak boleh kamu lewatkan.

Melalui aplikasi tanamduit kamu bisa wujudkan impianmu untuk hidup tenang dan bahagia di masa mendatang dengan mulai berinvestasi pada produk reksa dana, SBN, dan emas sesuai dengan tujuan finansial serta kebutuhanmu. Yuk, jaga kesehatan finansialmu di masa mendatang dengan mulai berinvestasi di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile