Home » Mengenal Obligasi Negara Ritel Seri ORI021 dan Keuntungannya

Mengenal Obligasi Negara Ritel Seri ORI021 dan Keuntungannya

oleh | Jan 21, 2022

Apa itu Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI021?

Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 adalah salah satu instrumen Surat Utang Negara (SUN) Ritel pertama yang pemerintah tawarkan di tahun 2022. SBN Ritel adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Penerintah menawarkan produk investasi yang aman, terjangkau, mudah, dan menguntungkan ini bagi investor individu Warga Negara Indonesia di pasar perdana.

Sumber pendapatan utama ORI021 bertujuan untuk mendukung stabilitas pasar keuangan domestik, mengelola portofolio negara, dan mendukung target pembiayaan Anggaran Penerimaan dan Pembangunan Nasional (APBN). Dengan berinvestasi SBN Ritel ini, investor berperan dalam mendukung pembangunan nasional. 

investasi-obligasi-negara-ritel-ori

Karakteristik produk Obligasi Negara Ritel (ORI) itu dapat memungkinkan investor menjualnya di pasar sekunder (tradeable). Investor akan mendapat kupon yang bersifat tetap (fixed coupon). ORI021 memiliki masa tenor 3 tahun dan memungkinkan investor memperoleh kupon 4.90% per tahun.

Pemerintah menerbitkan kebijakan penurunan besaran pajak dari 15% menjadi 10 % melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 Pasal 4 ayat (2) tentang tarif PPh atas penghasilan bunga obligasi. Jadi, produk ORI021 menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok untuk investor yang ingin berinvestasi jangka menengah secara aman dan menguntungkan.

Mulai tanggal 24 Januari 2022 hingga 17 Februari 2022, kamu dapat melakukan investasi SBN Ritel seri ORI021 secara online. Sebelum melakukan investasi, kamu juga perlu mengetahui keuntungan investasi ORI021. Berikut merupakan penjelasannya.

Baca juga: Tutorial Lengkap: Cara Beli SBN untuk Pemula [Update 2022]

Keuntungan Investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri ORI021

1. Negara Menjamin Keamanan Investasi

Pemerintah Negara Republik Indonesia memberikan jaminan investasi Obligasi Negara Ritel karena pembayaran kupon dan pokok sesuai Undang-undang SUN. Selain itu, Anggaran Peberimaan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahun menyediakan dana pembayaran kupon. Di samping itu, produk investasi ini menjadi alternatif investasi paling aman dan hampir tidak memiliki risiko gagal bayar, lho!

2. Investor Mendapatkan Kupon Setiap Bulan

Kupon ORI021 memiliki tingkat bunga tetap (fixed rate) sampai waktu jatuh tempo. Selain itu, investor akan menerima imbal hasil/kupon secara rutin setiap bulan. Di samping itu, investor juga dapat memperoleh capital gain saat menjual produk ini di pasar sekunder. Kamu berkesempatan mendapatkan kupon 4.90% per tahun, lho

3. Transaksi Investasi Praktis

Investor dapat melakukan transaksi pembelian ORI021 secara online kapan saja dan di mana saja dengan prosedur yang praktis. Sekarang, investor dapat berinvestasi produk ini di mitra distribusi yang telah dipercaya oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Setelah registrasi, kamu dapat melakukan pemesanan, pembayaran, hingga konfirmasi pembelian ORI021 melalui mitra distribusi di pasar perdana.

tanamduit menjadi salah satu Mitra Distribusi (Midis) terpercaya yang telah menyediakan layanan investasi Surat Berharga Negara (SBN) sejak tahun 2018. Jadi, kamu juga bisa melakukan transaksi pembelian ORI021 di aplikasi tanamduit dengan mudah, praktis, dan aman.

4. Investasi Obligasi Negara Ritel Terjangkau

Seorang investor bisa berinvestasi produk ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, lho! Jenis investasi ini juga memiliki penawaran kupon OR021 lebih tinggi tinggi daripada rata-rata tingkat bunga deposito bank. Selain itu, pajak Obligasi Negara Ritel ini  hanya sebesar 10 persen, lebih kecil daripada pajak deposito sebesar 20 persen. Jadi, kamu dapat mulai berinvestasi dengan modal terjangkau dengan imbal hasil/kupon yang lebih tinggi dari deposito.

5. Kontribusi dalam Mendukung APBN 

Investor akan memperoleh imbal hasil sekaligus memberikan kotribusi untuk negara Indonesia. Saat berinvestasi SBN ritel seri ORI021, investor  juga memperoleh kesempatan dalam pembangunan nasional. Selain mendukung perekonomian negara, produk investasi ini juga bertujuan untuk penanganan dan pemulihan dampak pandemi COVID-19. 

Kesimpulan

Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI021 adalah instrumen investasi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk Warga Negara Indonesia yang rilis perdana di tahun 2022. Selain memperoleh kupon/imbal hasil yang menguntungkan, investor juga turut mendukung pembangunan negara. Bahkan, investor dapat memperoleh kupon 4,90% per tahun.

 

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile