Home » 4 Cara Menghasilkan Uang di Bulan Ramadhan, Yuk Coba!

4 Cara Menghasilkan Uang di Bulan Ramadhan, Yuk Coba!

oleh | Apr 6, 2022

Menghasilkan uang tambahan di bulan Ramadhan harus kamu lakukan. Ada banyak sekali keperluan yang perlu dipersiapkan, mulai dari acara buka bersama, mudik, hadiah lebaran, hampers lebaran, baju baru, dan sebagainya. Tentunya, berbagai keperluan ini memerlukan banyak dana yang menguras isi tabungan. Kalau kamu tidak bisa berhemat di sepanjang bulan Ramadhan dan mengelola budget dengan baik, pengeluaran kamu akan sangat boros. Banyak peluang bisnis di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan dari mulai berjualan hingga memanfaatkan platform digital. Ada beberapa rekomendasi menghasilkan uang tambahan dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Simak caranya!

Banyak peluang bisnis di bulan Ramadhan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan dari mulai berjualan hingga memanfaatkan platform digital. Ada beberapa rekomendasi menghasilkan uang tambahan dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Simak caranya!

Cara Menghasilkan Uang di Bulan Ramadhan

1. Menjual Makanan Berbuka Puasa

Berjualan makanan menjadi salah satu cara menghasilkan uang di bulan ramadhan. Saat bulan Ramadhan, membeli makanan untuk berbuka puasa dibanding memasak sendiri menjadi pilihan paling mudah. Membuka catering makanan bisa menjadi salah satu pilihan cara menghasilkan uang di bulan Ramadhan. Kamu bisa menyediakan sejumlah pilihan paket catering yang bisa dipilih sesuai preferensi pelanggan seperti sejenis rice box atau rice bowl dengan menu kekinian yang harganya cocok dan pas di pasar. 

Berjualan kue kering juga bisa menambah penghasilan kamu. Pada hari lebaran, kue kering biasanya digunakan untuk sarana silaturahmi dan kumpul keluarga yang membuat permintaan kue kering melonjak. Jika tidak sempat membuat sendiri, kamu bisa jadi reseller penjual kue kering. Jangan lupa untuk selalu berinovasi agar bisa bersaing dengan kompetitor. Untuk menaikkan omset penjualan, Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform online untuk mempromosikan produk dan  meningkatkan penjualan.  Jika tekun, orderan kue kering akan membludak.

2. Membuka Online Shop Perlengkapan Ibadah

Online shop dapat menambah penghasilan kamu. Kamu bisa menjual baju muslim dan perlengkapan ibadah yang banyak dicari oleh orang. Sehingga, terbuka lebar peluang berjualan baju muslim dan perlengkapan ibadah. Terdapat beragam model perlengkapan ibadah yang diminati oleh konsumen. Kamu harus memiliki strategi agar target pendapatan tercapai. Pertama, cari tahu kebutuhan komunitas. Kedua, cari inovasi yang menarik minat konsumen. Ketiga, cari partner bisnis. Kamu bisa menjadi reseller baju muslim dan menawarkan ke teman-teman kamu. Untuk meningkatkan dan mempermudah penjualan, kamu dapat membuat sosial media yang rutin memasarkan produk kamu.

3. Freelance 

Kamu bisa menambah penghasilan kamu melalui kerja freelance. Pekerja freelance berbeda dengan pekerja fulltime karena pekerja freelance tidak berstatus karyawan perusahaan. Freelance dapat menyelesaika beberapa project dari perusahaan berbeda secara bersamaan. Tidak seperti pekerja fulltime yang terikat oleh waktu, freelance dapat menggunakan dan mengatur waktu seefektif mungkin selama pekerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai ekspektasi perusahaan. Kamu bisa mengerjakan beberapa project sembari menunggu waktu berbuka puasa. Ide yang menarik, bukan?

4. Mengoptimalkan pendapatan dengan reksadana

Berinvestasi menjadi poin utama yang perlu mendapat perhatian. Kamu bisa mendapat penghasilan tambahan melalui investasi. Optimalisasi dapat kamu lakukan dengan mendownload aplikasi tanamduit.  Melalui aplikasi tanamduit, manfaatkan reksadana. Saat ini, terdapat cashback menarik yang bisa kamu dapatkan di promo edisi ramadhan. Promo ini berlaku bagi nasabah yang melakukan pembelian produk Reksa Dana Syariah ataupun Reksa Dana Konvensional melalui aplikasi tanamduit. Promo berlaku sejak tanggal 06 April 2022 – 22 April 2022 atau hingga kuota terpenuhi. Kamu bisa ketahui lebih lanjut mengenai reksadana pada artikel berikut: Apa Itu Reksadana?: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya

Menambah penghasilan di bulan Ramadhan dapat kamu terapkan melalui cara-cara diatas. Tidak perlu khawatir lagi keuangan menipis. Selamat mencoba!

 

Faizah Diena
Faizah Diena

Faizah Diena adalah penulis yang tertarik mendalami bidang investasi di Tanamduit.

banner-download-mobile