Home » 5 Tips Berkah Mengatur Keuangan saat Lebaran. Anti Defisit!

5 Tips Berkah Mengatur Keuangan saat Lebaran. Anti Defisit!

oleh | Apr 9, 2022

Tips berkah mengatur keuangan saat lebaran nampaknya akan kamu butuhkan di tahun ini. Menjelang hari raya Idul Fitri, ada yang merencanakan mudik, bersilaturahmi dengan kerabat atau bahkan berlibur untuk refreshing di hari lebaran. Tak jarang ketika Lebaran semakin dekat, kamu sulit mengatur keuangan sehingga tanpa disadari menguras kantong dan tabungan. Meskipun ada uang Tunjangan Hari Raya (THR), berbagai pengeluaran ini bisa membuat defisit pemasukan  jika kita tidak tahu cara mengaturnya. Jangan sampai kamu kesulitan finansial setelah lebaran. 

Penting sekali menjelang lebaran, kamu bisa mengatur keuangan sedetail mungkin. Misalnya, hitung secara rinci biaya-biaya apa saja yang akan kamu anggarkan sebelum lebaran hingga hari H lebaran.

Berikut tips berkah mengatur keuangan saat lebaran, anti defisit!

1. Menghitung pengeluaran dengan cermat

Membuat rencana keuangan sejak jauh hari sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan menjelang hari raya. Mengatur keuangan terutama pengeluaran haruslah cermat. Alangkah baiknya siapkan keuangan yang akan kamu gunakan sejak awal dengan jumlah yang cukup. Jika uang sudah ada, maka kamu dapat memperkirakan alokasi uang sesuai skala prioritas.

Pastikan kamu membeli hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan lebaran saja. Jika perlu, kamu bisa membuat list atau daftar belanja lebaran. List belanja ini akan membantu kamu untuk fokus pada belanja kebutuhan lebaran saja. Setelah berbelanja, jangan lupa untuk mencatat semua detail pengeluaran karena catatan pengeluaran itu bisa menjadi evaluasi buat kamu.

Jika kamu menerapkan tips berkah mengatur keuangan saat lebaran dengan begitu kamu lebaran kamu akan anti defisit!

2. Prioritaskan Zakat dan Donasi

Ketika mengatur rencana keuangan THR, prioritaskan untuk membayar zakat. Jangan sampai kewajiban sebagai umat muslim di bulan yang suci ini terlupakan. THR dapat kamu manfaatkan untuk berdonasi supaya menambah berkah di hari raya ini. Saat ini, berdonasi banyak tersedia dengan mudah via online. Kamu pasti senang dan lega jika berbagi kebahagiaan hari raya dengan orang-orang sekitarmu.

3. Investasi

Selain untuk zakat dan berdonasi, mengatur keuangan juga bisa dilakukan dengan cara berinvestasi. Cara  ini dapat mendorong kamu untuk berinvestasi untuk masa yang akan mendatang. Manfaatkan THR untuk menambah tabungan dan investasi. Dengan kamu bisa memanfaatkan uang tersebut, setidaknya uangmu tidak terbuang ke hal yang tidak berguna. Saat ini, berinvestasi bisa dilakukan dengan mudah dan praktis! Banyak platform yang memungkinkan kita berinvestasi dengan mudah dan mampu memfasilitasi kebutuhan finansial. 

Salah satunya aplikasi tanamduit, yang bisa kamu coba untuk memulai investasi reksadana dan instrumen investasi lainnya. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, ada cashback menarik yang bisa kamu dapatkan di promo edisi ramadhan. Promo ini berlaku bagi nasabah yang melakukan pembelian produk Reksa Dana Syariah ataupun Reksa Dana Konvensional melalui aplikasi tanamduit. 

Jika kamu tertarik dengan investasi reksadana, bisa baca di artikel berikut ini: Apa Itu Reksadana? Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya

4. Bedakan penggunaan gaji bulanan dan THR

Ketika mengatur keuangan menjelang lebaran, bedakan pendapatan gaji bulanan dan THR. Gaji bulanan digunakan seperti biasa untuk pengeluaran rutin tiap bulannya seperti membayar listrik, cicilan hingga dana darurat. Untuk THR, gunakan untuk keperluan-keperluan di hari raya. THR bisa kamu gunakan untuk menunaikan zakat, investasi atau membeli baju dan makanan untuk hari raya. Tips berkah mengatur keuangan saat lebaran dapat membantu kamu selalu mengatur keuangan THR untuk pengeluaran di hari raya.

5. Jangan Kalap Ketika Melihat Diskon

Tips berkah mengatur keuangan saat lebaran yang berikutnya adalah jangan kalap ketika melihat diskon. Menjelang lebaran atau Idul Fitri, pasti akan banyak penawaran promo atau bahkan potongan harga yang menggiurkan. Kamu perlu hati-hati menerima berbagai penawaran ini, karena bisa jadi alih-alih mengira bisa belanja dengan harga murah, ternyata malah melakukan pemborosan apabila barang yang dibeli bukan barang yang dibutuhkan. 

Biasakan mengatur keuangan untuk lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dalam membeli sesuatu. Sebelum membeli sesuatu yakinkan dahulu kepada diri sendiri apakah benar-benar memerlukannya atau hanya keinginan sesaat saja. Diskon memang menarik tapi kembali lagi kepada skala prioritas. Mengatur keuangan dapat menghindari kamu dari rasa penyesalan.

Mengatur keuangan saat lebaran bukanlah hal yang sulit. Dengan tips berkah mengatur keuangan saat lebaran, kamu tetap bisa menjaga keuangan tetap stabil menjelang hari raya dan semakin lancar rejekinya!

Faizah Diena
Faizah Diena

Faizah Diena adalah penulis yang tertarik mendalami bidang investasi di Tanamduit.

banner-download-mobile