Home » 6 Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta yang Efektif, Wajib Coba!

6 Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta yang Efektif, Wajib Coba!

oleh | Mar 4, 2022

Kamu harus mengetahui cara mengatur uang gaji 2 juta yang efektif agar tidak boros dan gajimu tidak cepat habis. Meskipun gaji kecil, kamu bisa tetap mengoptimalkan penghasilan sehingga cukup membiayai seluruh kebutuhan sehari-hari. Bahkan, kamu juga bisa mengalokasikan dana tabungan dan investasi di samping memenuhi seluruh kebutuhan pokok. 

Pada dasarnya, setiap orang harus mengatur keuangan dengan baik. Untuk itu, gaji 2 juta pun bisa cukup untuk memenuhi kebutuhanmu dengan mengatur keuangan dengan tepat dan efektif. Berikut merupakan tips cara mengatur gaji kecil agar dapat mengelolanya dengan maksimal.

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta yang Efektif

1. Menentukan Prioritas Pengeluaran

Setelah menerima gaji, kamu harus menentukan skala prioritas pengeluaran setiap bulan sehingga kebutuhan pokok tetap terpenuhi. Pertama, kebutuhan sehari-hari harus menjadi prioritas utama. Setelah itu, kamu bisa menempatkan kebutuhan sekunder dan hiburan. 

Hal ini bisa menjadi patokan setiap berencana mengeluarkan dana. Jika kamu membeli barang tidak penting setelah gajian, maka kamu akan sulit mengelola sisa gaji untuk kebutuhan penting lainnya. Kebiasaan foya-foya ini bisa terus berulang jika tidak membuat prioritas pengeluaran.

2. Pilih Metode Alokasi Gaji yang Tepat

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, yakni alokasi kebutuhan pokok sebesar 50%, keinginan 30%, dan tabungan atau investasi sebesar 20%. Namun, kamu dapat menyesuaikan metode alokasi gaji yang tepat dengan kebutuhan dan kemampuanmu. 

Jika keperluan bulananmu banyak, maka kamu bisa mengalokasikan 80% gaji untuk kebutuhan pokok dan 20% untuk tabungan, investasi, atau kebutuhan hiburan. Misalnya, kamu mengalokasikan Rp1,6 juta untuk biaya makan, listrik, dan transportasi. Lalu, kamu membagi Rp400 ribu untuk tabungan dan investasi. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan pokok dan menyimpan dana darurat.

Baca juga: Gaji Pas-pasan Bisa Menabung dan Investasi? Cobain Alokasi Gaji Ini!

3. Mencatat Setiap Pengeluaran

Cara mengatur uang gaji 2 juta selanjutnya itu mencatat setiap pengeluaran berupa laporan pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan. Dengan catatan yang rapi, kamu bisa lebih mudah dalam menyusun kategori pengeluaran beserta keterangan jumlah pengeluarannya. Sekarang, semua orang bisa memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan di ponsel pintar sehingga pencatatan lebih mudah dan praktis.

Catatan ini juga dapat memudahkanmu untuk mengatur pengeluaran sekecil apapun dan memastikan bahwa daftar pengeluaran itu mencakup kebutuhan pokok sehingga pemasukan setiap bulan dapat memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa melakukan evaluasi pengeluaran bulanan agar dapat memastikan bahwa alokasi gaji efektif dan optimal.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Pembayaran tagihan yang terlambat dapat membuatmu harus membayar biaya denda dengan jumlah tertentu. Untuk itu, kamu bisa langsung membayar tagihan keperluan pokok tepat setelah gajian sehingga dapat meminimalisir risiko denda denda. Misalnya, pembayaran tagihan listrik, pulsa, asuransi, dan keperluan lainnya itu berlangsung di hari gajian agar tidak lupa membayarnya.

Di samping itu, ada perkembangan teknologi juga yang bisa memudahkanmu untuk membayar tagihan secara otomatis. Solusi ini juga dapat menjadi alternatif agar dapat mengelola keuangan dengan efektif dan mudah tanpa memerlukan waktu banyak.

5. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Kebutuhan sekunder atau kebutuhan hiburan menjadi salah satu bagian dari anggaran bulanan. Namun, kamu harus berusaha memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting. Seringkali, hal-hal kecil yang tidak terlalu penting ikut masuk ke dalam anggaran pengeluaran. Misalnya, kamu berlangganan TV yang jarang ditonton. Untuk itu, kamu bisa pertimbangkan untuk berhenti berlangganan dan mengalokasikan dana tersebut ke rekening tabungan dana darurat atau instrumen investasi. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Kecil ini BIkin Gaji Kamu Cepat Habis

6. Menabung dan Investasi Berisiko Rendah

Salah satu trik mengelola keuangan dengan optimal adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan uang dengan nominal tertentu secara teratur setiap bulan untuk dana darurat. Konsistensi dalam menabung dalam jumlah besar atau kecil dapat mengoptimalkan keuanganmu. 

Namun, kamu bisa mengoptimalkan dana tabunganmu dengan mengalokasikannya ke instrumen investasi berisiko rendah. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh imbal hasil optimal di masa yang akan datang tanpa risiko yang besar. Investasi reksa dana bisa menjadi alternatif instrumen investasi risiko rendah yang dapat memberikan return optimal dengan modal terjangkau. Investor pemula dapat mengalokasikan ke reksa dana pasar uang untuk jangka pendek atau reksa dana pendapatan tetap yang cocok untuk jangka menengah 3–5 tahun.

Kesimpulan

Cara mengatur uang gaji 2 juta yang efektif itu dapat semua orang lakukan dengan mudah. Kamu bisa mengoptimalkan penghasilanmu dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menetapkan prioritas, alokasi gaji yang tepat, mencatat setiap pengeluaran, menabung, hingga berinvestasi. Sekarang, semua orang juga bisa memulai investasi dengan modal terjangkau sehingga dana darurat atau dana tabunganmu bisa lebih optimal.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu dengan pilihan produk menarik. tanamduit adalah salah satu aplikasi penyedia layanan investasi secara online yang sudah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. Jadi, investor bisa berinvestasi dengan aman, mudah, dan praktis. Klik di sini untuk mulai investasi reksa dana.

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile