Beranda » belajar » Perencanaan Keuangan » 5 Cara Beli Mobil Secara Tunai dan Kredit + Tips Nabungnya!

5 Cara Beli Mobil Secara Tunai dan Kredit + Tips Nabungnya!

oleh | Jan 10, 2024

Masih banyak yang bertanya-tanya, mana cara beli mobil yang lebih baik, cash atau kredit? Tidak dapat kita pungkiri, mobil menjadi salah satu kebutuhan selain hunian sebagai penunjang mobilitas saat bepergian bareng keluarga yang praktis. 

Tips Beli Mobil yang Efektif

1. Riset harga mobil

2. Tentukan mau beli cash atau kredit

3. Alokasi dana secara rutin

4. Menaruh uang pada investrumen investasi

5. Pertimbangkan untuk beli mobil bekas

Baca juga: Cara Menabung Untuk Beli Mobil dengan Gaji Pas-Pasan

Mana Lebih Baik, Cara Beli Mobil Dengan Cash atau Kredit?

Dalam menentukan metode pembayaran, kamu harus mengecek terlebih dahulu kondisi finansialmu. Kedua metode pembayaran punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri, di antaranya:

Kelebihan & Kekurangan Membeli Secara Tunai

Pilihan metode pembayaran secara tunai memang lebih hemat secara budget, karena tidak perlu membayar bersama bunga kredit yang cukup besar.

Namun, di sisi lain, jika pendapatanmu tidak terlalu besar dan/atau memiliki banyak tanggungan, membelinya secara tunai tentu membutuhkan waktu yang lama.

Kelebihan & Kekurangan Membeli Secara Kredit

Pilihan metode pembayaran secara kredit bisa jadi alternatif yang bisa dipilih bagi orang dengan gaji pas-pasan.

Secara psikologis, akan ada kesan ringan, karena tidak langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Selain itu, kamu juga bisa memiliki mobil dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan harus menabung untuk membelinya secara tunai di kemudian harga.

Namun, kamu harus bisa memperkirakan berapa besar cicilan yang menjadi tanggunganmu tiap bulannya, apakah melebihi 30% dari gajimu? Belum lagi kalau kamu ada cicilan rutin lainnya seperti KPR rumah.

Oleh karena itu, jika memilih opsi pembayaran secara kredit, pastikan kamu membelinya dengan DP lebih besar agar cicilan bulanannya lebih ringan. 

Baca juga: Millenial & Gen-Z, Catat 5 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Ini!

Tips Menabung Beli Mobil yang Efektif

Memiliki mobil baru tentu jadi kebahagiaan tersendiri. Namun, jangan sampai kebahagiaannya hanya berhenti saat baru memilikinya saja, karena cicilannya membebani keuanganmu. Oleh karena itu, kamu harus tahu tips menabung yang efektif agar bisa mendapatkan mobil impianmu di masa mendatang.

Berikut adalah cara beli mobil yang efektif untuk kamu terapkan:

1. Riset Harga Mobil, Tentukan yang Sesuai Budget dan Kebutuhan

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, pastikan untuk mendiskusikan jenis kendaraan sesuai kebutuhan. Setelah mengetahui kebutuhan seperti kapasitas orang dan bagasi, baru, deh, kamu bisa riset mobil mana saja yang bisa memenuhi kebutuhanmu serta harganya.

Diskusikan juga, kira-kira berapa budget maksimal yang diperlukan untuk membeli mobil. Kalau kamu punya budget maksimal Rp150 juta, salah satu opsi yang bisa dipilih adalah Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022.

2. Tentukan Mau Beli Cash atau Kredit

Sebagai contoh, kalau kamu memiliki budget Rp150 juta dan target beli mobil tiga tahun dari sekarang, tepatnya di bulan Juni 2026. Artinya, jika ingin membelinya secara tunai, kamu harus mengalokasikan uang secara rutin sebesar Rp3,75 juta setiap bulannya

Nominal tersebut terbilang cukup besar, terlebih jika kamu punya cicilan lain seperti rumah, tanggungan pendidikan anak, dsb. Oleh karena itu, jika nominal alokasi bulanan untuk membelinya secara cash terlalu besar, kamu bisa memilih opsi pembayaran secara kredit.

Nah, agar nominal angsuran per bulannya nggak terlalu besar, kamu bisa menargetkan jumlah DP yang lebih tinggi, misalnya 50%.

Sebagai contoh, harga Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022 kalau beli secara cash adalah Rp130 jutaan. Artinya, DP yang kamu butuhkan adalah Rp65 juta dan jumlah yang harus ditabung per bulannya adalah Rp1,6 juta per bulan sampai target waktu yang ditentukan.

Rata-rata suku bunga kredit mobil adalah 6–8%. Misalnya, bunga cicilan mobilmu 6% dengan tenor tiga tahun. Maka, cicilan per bulannya adalah Rp2,12 juta. Tidak sebesar cara beli mobil secara tunai, kan?

3. Alokasikan Dana Secara Rutin

Agar target dana untuk membeli kendaraan impian bisa tercapai tepat waktu, kamu wajib banget untuk konsisten nabung setiap bulannya. Kamu bisa langsung mengalokasikan uang untuk tabungan mobilmu langsung saat gajian agar rutinitas nabung nggak hanya jadi wacana.

Jika kondisi finansialmu memungkinkan untuk membeli secara cash di kemudian hari, fokuslah untuk konsisten menabung sesuai target.

Kalaupun membelinya secara kredit, kamu bisa fokus mengumpulkan DP mobil terlebih dahulu sesuai target.

Ingat, semakin tinggi DPnya, makin kecil juga besar cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

4. Menaruh Uang Pada Instrumen Investasi

Terlepas membelinya secara cash atau kredit, menaruh tabunganmu pada instrumen investasi bikin uangmu bisa bertumbuh lebih optimal daripada menaruhnya di rekening tabungan biasa.

Salah satu produk investasi yang bisa kamu pilih adalah reksadana. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa mengetahui apa itu reksadana di sini.

Selain itu, penting untuk menentukan target waktu kamu beli mobil sehingga kamu bisa menentukan juga produk reksadana mana yang tepat untuk tabunganmu. Berikut adalah rekomendasi produk reksadana sesuai target waktu:

Target Waktu Beli Mobil Jenis Reksadana yang Cocok
1–2 tahun Reksadana Pasar Uang (RDPU)
3–4 tahun

– Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)

– Reksadana Campuran (RDC)

≥ 5 tahun

– Reksadana Campuran (RDC)

– Reksadana Saham (RDS)

– Reksadana Indeks (RDI)

5. Pertimbangkan Untuk Membeli Mobil Bekas

Kalau budget-mu pas-pasan banget, cara beli mobil yang cukup efektif adalah dengan mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas.

Mobil second bisa jadi salah satu pilihan, asal masih memiliki kualitas prima dan mampu memenuhi segala kebutuhan perjalananmu.

Biasanya, rata-rata harganya mengalami penurunan sekitar 5–10% per tahunnya. Jadi, membeli mobil bekas keluaran lima tahun lalu seharusnya masih oke banget, selama kondisinya masih baik.

Baca juga: 5 Cara Menabung Untuk Menikah + Contoh Perhitungan Budgetnya

Simulasi Investasi Untuk Beli Mobil

Andra dan istrinya punya budget untuk membeli mobil Rp150 juta. Setelah melakukan riset, pilihannya jatuh pada Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022 yang harga cash-nya Rp130 juta. Ia menargetkan untuk membeli kendaraan impiannya tiga tahun dari sekarang, tepatnya di bulan Juni 2026.

Karena ia masih memiliki tanggungan cicilan rumah juga, Andra memutuskan untuk membelinya dengan sistem kredit dengan target DP 50% dari harga pembelian secara tunai yaitu Rp65 juta. Ia memutuskan untuk berinvestasi secara rutin pada produk reksadana campuran.

Berdasarkan data harga reksadana campuran per 9 Februari 2023, performa rata-rata Top 5 Reksadana Campuran terbaik di tanamduit tiga tahun terakhir adalah 19,1% per tahunnya. Berikut adalah simulasi perhitungan tabungan DP Mobil Andra:

Tahun Dana Investasi per tahun Saldo Imbal hasil Total (Pokok + Imbal Hasil)
1 19.500.000 19.500.000 3.724.500 23.224.500
2 19.500.000 42.724.500 8.160.379 50.884.880
3 19.500.000 70.384.880 13.443.511 83.828.391

Berdasarkan simulasi perhitungan di atas, kita bisa melihat bahwa hasil investasi rutin Andra pada produk reksadana campuran pada waktu yang ia targetkan jauh melampaui target.

Artinya, jumlah DP yang Andra bayar bisa lebih besar agar nominal angsurannya jadi lebih kecil.

Hal ini nggak akan pernah terjadi kalau Andra menabung pada rekening tabungan bank biasa. Dilansir dari detikfinance, bunga tabungan bank konvensional untuk saldo di bawah Rp1 M menyentuh 0% alias, nggak ada untungnya sama sekali. Belum lagi ada potongan biaya admin tiap bulannya.

Kesimpulan

Bagi orang yang telah berkeluarga, memiliki mobil akan mempermudah mobilitas saat bepergian bersama.

Namun, dengan banyaknya pengeluaran, kita perlu tahu cara beli mobil yang tepat dan mengalokasikan dana secara rutin untuk ditabung.

Di tanamduit, kamu bisa menginvestasikan secara rutin dana untuk membeli kendaraan impianmu pada produk reksadana. Tersedia beragam pilihan produk reksadana sesuai kebutuhan dan target waktu investasi.

Rencanakan Beli Mobil Impian Dengan Fitur Tanam Mimpi!

Sekarang, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit

Tanam Mimpi adalah fitur yang membantu investor, khususnya investor pemula, untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang. Salah satunya adalah menyiapkan dana untuk membeli kendaraan.

Nikmati berbagai kemudahan berikut dalam mencapai tujuan finansial di masa mendatang:

  1. Tips budgeting beragam tujuan finansial
  2. Top 3 Reksa Dana Performa Terbaik di tanamduit
  3. Reminder investasi rutin otomatis
  4. Pantau progress mimpimu (on-track/off-track)

Berikut adalah tutorial membuat mimpi “kendaraan” pada fitur Tanam Mimpi:

1. Download tanamduit di Google Playstore atau App Store atau klik di sini untuk download, lalu daftarkan diri dan lengkapi data dirimu hingga proses verifikasi akun selesai.

2. Setelah verifikasi akun selesai, buka dashboard aplikasi dan pilih mimpi pada bagian “Tanam Mimpi”. Pilih mimpi yang ingin dicapai, contohnya mengumpulkan dana pernikahan, klik opsi “lihat selengkapnya” lalu pilih “kendaraan”.

pilih mimpi yang ingin kamu capai

3. Masukkan nominal investasi sesuai kebutuhanmu.

masukkan target dana dan waktu mencapainya

4. Isi juga berapa banyak yang dapat kamu investasikan tiap bulannya. Setelah itu, klik “simpan”

5. Setelah itu, akan muncul estimasi waktu tercapainya target DP Rumah.

estimasi tercapainya dana untuk DP mobil

6. Tujuanmu telah berhasil dibuat! Berikut adalah tampilan goals-mu. Klik “mulai investasi” untuk mulai investasi pertamamu.

mulai investasi pertamamu

7. Setelah itu, akan muncul rekomendasi produk terbaik seperti pada gambar di bawah ini. Untuk melihat pilihan produk lainnya, klik “lihat semua produk”

top 3 reksadana pendapatan tetap

8. Pilih produk investasi yang kamu inginkan, lalu masukkan nominal investasi sesuai target bulananmu. Kamu juga bisa memasukkan nominal lebih besar agar target investasi lebih cepat tercapai. Klik lanjut.

masukkan nominal investasi sesuai target bulanan

9. Apabila transaksi telah selesai, maka saldo investasi akan muncul pada dashboard aplikasi tanamduitmu seperti tampilan berikut:

tampilan portofolio mimpi beli mobil pada dashboard tanamduit

10. Yeay, investasimu bulan ini sudah on-track! Yuk, rutin “tambah investasi” agar target investasimu bisa tercapai tepat waktu!

portofolio on track

11. Kalau sewaktu-waktu kamu lupa berinvestasi rutin, artinya portofolio investasimu off-track dari target yang telah dibuat seperti pada tampilan berikut:

tampilan saat portofolio kamu off track

Akan tetapi, nggak perlu khawatir! tanamduit telah menyiapkan rekomendasi yang bisa kamu lakukan agar portofoliomu on-track lagi.

rekomendasi-saat-portofolio-mimpi-off track

Yuk, download aplikasi tanamduitJangan tunda kesempatan mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.

Semakin rutin nabung di reksa dana, semakin cepat impianmu tercapai. Apalagi, ada banyak bonus menarik buat kamu yang rajin nabung reksa dana di aplikasi tanamduit.

Dapatkan bonus s.d. 50 ribu dengan daftar tanamduit menggunakan kode referal “MULAITANAMDUIT”. Klik banner di bawah ini untuk kepoin cara klaim bonusnya!

promo mulai tanamduit

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah penyedia layanan investasi reksa dana, emas, SBN, dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile