Home » Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan yang Wajib Kamu Coba!

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan yang Wajib Kamu Coba!

oleh | Feb 11, 2022

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

Berikut adalah rangkuman singkat cara menabung yang bener untuk mencapai 10 juta dalam 3 bulan, di antaranya:

1. Tentukan alokasi penghasilanmu

2. Konsisten dan belajar hemat

3. Membuat tabel rencana tabungan dalam 3 bulan

4. Siapkan rekening khusus

5. Pilih investasi yang tepat

Kini, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan tidak lagi menjadi hal sulit. Kamu juga bisa mencapai target tabunganmu dalam waktu singkat dengan mudah. Namun, kamu perlu mengenali kondisi finansialmu dan menentukan strategi khusus agar dapat mencapai tujuan keuanganmu. Sebelum mulai menabung, kamu harus mengenali tujuan menabung sehingga kamu dapat lebih semangat menyisihkan sebagian penghasilanmu. Di samping itu, kamu juga dapat mengoptimalkan pekerjaan sampingan agar dapat mencapai target dengan cepat. 

Dalam pelaksanaannya, banyak orang tidak mampu menabung rutin karena tergoda menggunakan uang tabungan sebelum target tercapai. Namun, dengan manajemen keuangan yang baik, kamu akan mencapai target keuanganmu dengan cepat sesuai harapanmu. Misalnya, kamu mau membeli HP baru, laptop baru, atau barang impianmu dengan harga Rp 10 juta. Setelah mengetahui tujuanmu, kamu harus berkomitmen untuk konsisten menabung setiap hari. Daripada harus berutang, kamu dapat mengumpulkan uang dan mewujudkan target keuanganmu. Berikut merupakan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang harus kamu coba!

1. Tentukan Alokasi Penghasilan

Pertama, kamu harus mengelola keuangan bulanan dengan baik. Hal ini menjadi langkah awal sehingga kamu dapat mengelola penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari berikut dana tabungan dengan maksimal. Setelah menerima gaji bulanan, kamu harus membagi penghasilan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk pengeluaran pribadi, dan 20% untuk dana tabungan. 

Sebagai contoh, kamu memiliki gaji 6 juta per bulan dengan kebutuhan sehari-hari untuk sembako, tagihan listrik, biaya internet, asuransi, dan sebagainya sejumlah 2,5 juta. Keperluan lain-lain seperti pakaian, biaya hiburan, dan sebagainya sebesar 1 juta. Berarti, kamu harus mengalokasikan 2.5 juta ke tabungan. Agar dapat menabung 10 juta dalam 3 bulan, kamu harus mengoptimalkan keperluan lain-lain sehingga tidak mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Meskipun pengeluaran setiap orang itu berbeda, kamu harus tetap menyisihkan uang setiap hari untuk tabungan.

2. Konsisten dan Belajar Hemat

Jurus jitu dalam menabung itu konsisten dan belajar hemat. Saat kamu tidak menabung 1 hari, maka kamu akan merasa terbiasa untuk melewatkan kegiatan ini. Pastikan kamu mengalokasikan uang tabungan setiap hari sehingga targetmu cepat tercapai. Untuk itu, kamu harus belajar hemat dan tidak mengeluarkan uang demi belanja barang yang tidak terlalu penting. Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai promo dan potongan harga untuk membeli berbagai kebutuhan pokok. Dengan begitu, uang tabunganmu akan semakin banyak.

3. Cara Menabung sesuai Tabel Rencana

Bagi kamu yang belum terbiasa menabung dalam jumlah besar dalam satu waktu, kamu dapat menabung dengan jumlah kecil setiap hari. Hal ini akan memudahkanmu dalam membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian uang dengan rutin. Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan, kamu dapat membuat tabel rencana tabungan dalam 3 bulan. 

Secara bertahap, kamu dapat menyisihkan uang Rp50 ribu dalam 20 hari, Rp100 ribu dalam 30 hari, dan Rp150 dalam 40 hari. Dengan demikian, kamu akan memperoleh Rp10 juta dalam waktu 90 hari atau 3 bulan. Untuk memulainya, kamu dapat menuliskan nominal uang yang kamu sisihkan setiap hari di kalender di rumah. Catatan tersebut akan memudahkanmu dalam mengetahui jumlah tabungan yang sudah kamu kumpulkan. 

4. Siapkan Rekening Khusus

Seringkali, orang khawatir akan tergoda memakai uang tabungan sebelum mencapai target. Untuk itu, kamu dapat memisahkan tempat penyimpanan uang tersebut di rekening khusus. Setiap menyisihkan uang, kamu dapat langsung memasukkannya ke rekening tersebut. Pastikan kamu tidak menarik uang dalam rekening agar target keuanganmu cepat tercapai. Sebagai alternatif, uang di rekening juga dapat kamu alokasikan ke instrumen investasi reksa dana sehingga kamu akan memperoleh keuntungan dan tidak akan tergoda menggunakan uang tabungan untuk berbelanja sebelum mencapai target.

5. Pilih Investasi yang Tepat

Agar tabunganmu lebih optimal, kamu dapat mengalokasikan uang tabunganmu ke instrumen investasi dengan risiko rendah seperti reksa dana. Reksa dana adalah instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi yang kemudian dialokasikan ke instrumen pasar uang, obligasi maupun saham. Selain mencapai target tabungan tercapai, kamu juga akan memperoleh imbal hasil yang optimal dari investasimu, lho! Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencapai target bahkan sebelum 90 hari karena memperoleh keuntungan investasimu. 

Untuk mulai mengalokasikan dana tabunganmu ke reksa dana, kamu dapat download aplikasi tanamduit. Jangan khawatir, tanamduit merupakan aplikasi penyedia layanan investasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Di aplikasi tanamduit, kamu dapat berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu dengan mudah dan praktis. Tak hanya itu, tanamduit juga menyediakan berbagai jenis investasi reksa dana. Yuk, capai tujuan keuanganmu bersama tanamduit!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile