Home » 8 Cara Menabung Unik dan Efektif Bikin Uang Cepat Terkumpul

8 Cara Menabung Unik dan Efektif Bikin Uang Cepat Terkumpul

oleh | Feb 10, 2022

Agar cepat mengumpulkan uang, kamu dapat ikuti cara menabung unik yang menyenangkan sekaligus efektif. Seringkali, orang kesulitan menyimpan uang tabungan dan boros karena tergiur belanja online terus. Selain itu, kebiasaan menabung itu kadang menjadi beban dan membuatmu merasa berat untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan. Padahal, menabung itu menjadi langkah awal untuk mengelola keuanganmu sehingga kegiatan ini penting sekali untuk mempersiapkan dana darurat di masa yang akan datang atau sekadar mengumpulkan uang demi membeli barang impian.

Saat ini, kamu bisa mulai kebiasaan menabung dengan lebih semangat dan menyenangkan dengan mencoba cara menabung yang unik dan efektif. Bagi kamu yang memiliki resolusi mengatur keuangan lebih baik, kamu perlu membulatkan tekad agar dapat memulai mengalokasikan sebagian uang untuk dana simpanan. Dengan begitu, kegiatan menabung dapat menjadi lebih ringan dan kamu dapat mewujudkan tujuan keuanganmu. Berikut merupakan cara menabung unik yang wajib kamu ketahui.

1. Menabung di Kalender Saku ala Korea

Di Korea Selatan, ada tren cara menabung unik yang akan membuat kamu terbiasa konsisten menabung setiap hari. Kalender saku atau pocket calendar adalah cara jitu menyimpan uang setiap hari selama sebulan. Setiap tanggal di kalender memiliki satu kantong untuk tempat menyimpan uang. Mulai dari tanggal 1 hingga akhir bulan, kamu bisa sisihkan sebagian uang saku ke dalam kantong. Dengan begitu, kamu jadi lebih konsisten dalam menabung. Metode ini menjadi cara yang tepat bagi kamu yang ingin menabung secara spontan tanpa harus mencatat besaran uang tabungan.

2. Simpan Uang di Tempat Tersembunyi

Pernahkah kamu menemukan uang di tas atau kantong celana secara tidak sengaja? Saat menemukan ‘uang lupa’ seringkali membuat kita merasa senang. Untuk itu, kamu bisa mengalokasikan uang tabunganmu di tempat tersembunyi. Seperti orang zaman dahulu, kamu bisa simpan uang tabungan di sela-sela buku, di laci atau tempat tersembunyi lainnya yang aman dan jarang orang jamah. Namun, kamu memperhatikan tempat menyimpan uang tersembunyi ini karena menaruh uang di lemari kayu juga berpotensi terkena rayap. Jadi, pastikan uang tabunganmu berada di tempat yang aman.

3. Menabung di Celengan Transparan

Dengan menabung di celengan atau wadah transparan, kamu bisa melihat isi tabungan setiap hari dan termotivasi untuk terus mengisi celengan. Secara tidak langsung, celengan transparan mensugesti kamu untuk sering menabung dengan melihat jumlah tabungan terus menerus. Kamu juga bisa menempelkan tujuan menabung seperti “Liburan ke Korea”, “Beli HP Baru”, atau “Beli Merch K-Pop” di celengan kamu agar lebih semangat menabung. Kamu dapat menentukan besaran uang tabungan mulai dari pecahan Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp20 ribu per hari. Kalau kamu konsisten mengalokasikan Rp20 ribu sehari, maka kamu akan mendapatkan Rp7,3 juta dalam setahun, lho!

4. Lomba Menabung Bersama Teman

Seringkali, kamu lebih semangat beraktivitas berkat dorongan teman atau orang terdekatmu. Kamu bisa mengajak teman atau orang terdekat untuk menabung dengan target tertentu. Dengan begitu, kamu akan berlomba-lomba untuk mencapai target tabungan. Selanjutnya, kamu dapat menyimpan uang tabungan di sebuah rekening khusus. Saat mencapai target, kamu dapat menunjukan histori mutasi rekening kepada temanmu sebagai bukti bahwa kamu telah mencapai target tabungan.

5. Ikut Arisan

Arisan adalah kegiatan pengumpulan dana bersama teman-teman untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang. Kegiatan ini menjadi salah satu cara menabung unik yang buat kamu konsisten nabung setiap bulan. Secara tidak langsung, kamu mengeluarkan sejumlah dana untuk arisan. Misalnya, kamu mengikuti arisan Rp200 ribu per bulan dengan anggota 25 orang sehingga dana yang terkumpul sebesar Rp5 juta. Selain nabung, kegiatan ini juga bisa jadi momen bertemu dengan teman-temanmu setiap bulan, lho!

6. Sesuaikan Nominal Tabungan dengan Tanggal

Agar menabung lebih menyenangkan, kamu dapat mengalokasikan uang saku dengan nominal yang sama dengan tanggal setiap harinya. Misalnya, kamu menabung di tanggal 1 sejumlah Rp1.000,00 atau Rp11.000,00. Di hari selanjutnya, kamu dapat mengalokasikan Rp2.000,00 atau Rp22.000,00. Selanjutnya  kamu dapat menyesuaikan nominal tabungan sesuai tanggal selama satu bulan penuh. Setiap melakukan kegiatan ini, kamu juga bisa mencatat pengeluaran tersebut dengan mudah di kalender.

7. Hukuman Menabung

Cara menabung untuk selanjutnya, kamu dapat menjadikan kegiatan menabung sebagai hukuman. Kamu bisa buat kesepakatan bersama teman atau orang terdekatmu untuk menabung dalam besaran uang tertentu. Misalnya, setiap kamu mengucapkan kata kasar, kamu harus mengalokasikan Rp50 ribu ke dalam tabungan atau kamu dapat mengalokasikan uang sebesar Rp20 ribu setiap bangun kesiangan. Selain kegiatan menabung, kamu juga bisa sekaligus belajar mengurangi kebiasaan buruk, bukan?

8. Nabung Lewat Aplikasi

Tidak hanya menabung di celengan atau rekening khusus, kamu juga bisa mengalokasikan sebagian uangmu ke reksa dana di aplikasi penyedia layanan investasi. Cara menabung unik dan efektif ini bisa bikin uang kamu cepat terkumpul, lho! Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat untuk berinvestasi ke berbagai aset seperti pasar uang, obligasi, dan saham. Kemudian, manajer investasi profesional akan mengelola dan mengoptimalkan dana investasi masyarakat pemodal. 

Saat ini, banyak orang yang memilih investasi reksadana di aplikasi sebagai cara menabung efektif. Jadi, selain nabung rutin, kamu juga bisa dapatkan keuntungan yang optimal. Bahkan, kamu tidak perlu pergi ke bank untuk menabung, kamu dapat bertransaksi lewat satu aplikasi saja. Bagi pemula yang ingin mempersiapkan dana darurat, reksadana pasar uang cocok sekali karena memiliki risiko rendah dan memberikan imbal hasil yang cenderung lebih tinggi daripada suku bunga tabungan biasa. Kamu belum paham tentang investasi? Jangan khawatir, kamu hanya perlu berinvestasi secara rutin dan manajer investasi profesional akan mengoptimalkan dana investasimu. 

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa berinvestasi reksa dana dengan mudah dan aman mulai dari Rp10 ribu, lho! tanamduit merupakan agen penjual reksa dana (APERD) yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile