Home » 7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta, Catat!

7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta, Catat!

oleh | Mar 11, 2022

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta itu terlihat sulit dan tidak mungkin. Namun, kamu bisa mengoptimalkan penghasilan bulanan demi memiliki rumah impian. Kini, ada banyak cara untuk membeli rumah dengan gaji kecil. Bagi orang dengan penghasilan minim, kamu harus berusaha lebih ekstra untuk mencapai tujuanmu. Dalam hal ini, kamu harus sabar dan konsisten dalam mengumpulkan biaya pembelian rumah karena membutuhkan waktu dan proses panjang. Kamu juga harus menentukan waktu yang tepat dan mempertimbangkan target finansial sebelum membeli rumah. 

Bagi orang yang sudah menikah dan belum berencana punya anak bisa menabung bersama untuk memiliki rumah impian bersama. Namun, kamu yang belum berkeluarga juga bisa mengoptimalkan penghasilan bulanan demi memiliki hunian idaman. Berikut merupakan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta yang dapat menjadi inspirasimu dalam mempersiapkan dana hunian idaman.

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

1. Buat Rencana Keuangan

Setiap orang harus melakukan perencanaan keuangan dengan  tepat dan efektif agar penghasilan bulanan dapat memenuhi kebutuhan pokok dan bisa tetap menabung setiap bulannya. Sekarang, ada program pemerintah yang memungkinkan masyarakat dengan gaji minim membeli rumah dengan cicilan terjangkau tanpa DP atau down payment atau pilihan DP yang cenderung lebih rendah. Namun, kamu harus berusaha mengoptimalkan pendapatan bulanan untuk membayar cicilan rumah, memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan mempersiapkan dana darurat. Jangan sampai kamu mengesampingkan kebutuhan pokok demi memaksakan diri bayar cicilan rumah.

2. Alokasi Gaji yang Efektif

Setiap orang harus mengatur alokasi gaji yang efektif setiap bulannya agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan. Dalam hal ini, kamu dapat mengatur keuangan dengan metode 50% gaji untuk kebutuhan pokok, 30% gaji untuk tabungan beli rumah, dan 20% untuk dana darurat. Setiap bulan, kamu juga harus melakukan pencatatan pengeluaran sehingga dapat melakukan evaluasi keuangan setiap bulan dan memastikan pengeluaran bulanan efektif. Bagi orang yang sudah berkeluarga, kamu juga dapat mencoba cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta.

3. Biasakan Gaya Hidup Hemat

Mulai sekarang, kamu harus membiasakan gaya hidup hemat agar bisa menyisihkan penghasilan bulanan untuk tabungan beli rumah. Sekarang, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga tidak membeli barang yang tidak terlalu penting. Di samping itu, kamu juga harus bisa menahan diri untuk menghindari cicilan kredit sehingga tidak terbebani oleh utang-piutang saat proses menabung beli rumah dan harus selalu menyisihkan uang tabungan. Misalnya, sebesar 20% dari penghasilanmu atau Rp200 ribu, kamu alokasikan untuk tabungan beli rumah. Dalam hal ini, instrumen investasi seperti emas atau reksa dana juga bisa menjadi tempatmu menyoptimalkan uang tabungan DP rumah agar agar tabunganmu bisa lebih optimal.

4. Optimalkan Penghasilan Tambahan

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta selanjutnya, kamu bisa mengoptimalkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Kini, semua orang berkesempatan untuk bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas. Saat ini, banyak orang yang membangun bisnis online sambil menekuni pekerjaan utama. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh gaji tambahan dari sumber penghasilan lain sehingga tabungan untuk beli rumah dapat cepat tercapai.

5. Ikut Program KPR yang Tepat

Pemerintah membuka kesempatan bagi masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp8 juta per bulan berupa program KPR subsidi. Program ini merupakan program bantuan pemerintah agar masyarakat dengan penghasilan minim dapat memiliki rumah layak dengan harga dan cicilan ringan. Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menawarkan kesempatan masyarakat untuk membeli rumah dengan down payment (DP) terjangkau. Di samping itu, pemerintah juga memberi penawaran jangka waktu pinjaman 20 tahun dengan bunga tetap (fixed rate) sehingga besaran cicilan per bulan tidak naik selama masa tenor. 

Sekarang, semua orang bisa melakukan penghitungan cicilan KPR melalui situs online. Contohnya, kamu membeli rumah di daerah Bogor dengan harga Rp100 juta dengan masa tenor 20 tahun (240 bulan), DP 30% dan bunga 5% fixed rate sepanjang jangka waktu kredit. Dengan skema tersebut, kamu bisa menyiapkan uang muka sebesar Rp30 juta dengan cicilan bulanan lebih rendah, yakni Rp461 ribu per bulan. Berdasarkan skema tersebut, kamu harus bisa mengoptimalkan penghasilan tambahan agar dapat mengajukan KPR lebih mudah dan dapat rumah impian cepat tercapai.

6. Hindari Utang dan Kredit

Sebelum mulai program KPR, kamu harus memastikan bahwa utangmu sudah lunas karena adanya utang sekecil apapun akan menjadi kendala dalam usaha menabung untuk beli rumah. Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta itu butuh komitmen dan waktu agar bisa tercapai. Untuk itu, kamu harus melunasi utang-utang dan menghindari beli barang yang tidak terlalu penting dengan cicilan kredit baik sebelum maupun selama proses menabung berlangsung. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam menabung beli hunian impian.

7. Rutin Investasi

Investasi menjadi salah satu alternatif cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta, lho. Kamu bisa mendapatkan keuntungan optimal dengan mengalokasikan sebagian penghasilan ke instrumen investasi risiko rendah. Jika kamu berencana berinvestasi jangka panjang, maka kamu bisa memilih emas sebagai instrumen investasimu karena harga emas dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun selalu naik dan nilainya relatif stabil seperti grafik emas per tanggal 11 Maret 2022 berikut.

investasi-emas-untuk-menabung-beli-rumah

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan dana darurat atau dana investasimu ke instrumen investasi reksa dana dengan likuiditas yang terjamin. Kamu bisa memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan jangka waktu investasi, profil risiko, dan tujuan investasimu.

Jika kamu ingin mempersiapkan dana darurat, maka kamu bisa memilih reksa dana pasar uang dengan risiko rendah dan likuiditas terjamin sehingga kamu bisa mencairkannya dengan proses yang mudah kapan saja dan di mana saja. Berikut merupakan salah satu grafik performa produk reksa dana pasar uang Succorinvest Sharia Market Fund di aplikasi tanamduit per tanggal 11 Maret 2022.

investasi-reksa-dana-sebagai-cara-menabung-beli-rumah

Sekarang, semua orang juga berkesempatan investasi emas atau reksa dana mulai dari Rp10 ribu secara online dengan mudah dan aman. tanamduit merupakan salah satu aplikasi penyedia investasi emas, reksa dana, dan Surat Berharga Negara (SBN) yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu juga bisa investasi emas atau reksa dana di aplikasi tanamduit dengan praktis dan aman. Klik di sini untuk download aplikasi tanamduit.

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile