Perencanaan Keuangan

Cara Menabung Untuk Menikah + Contoh Perhitungan Budgetnya

Menikah menjadi salah satu tujuan seseorang yang telah menginjak usia dewasa. Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa mewujudkan pernikahan impian butuh biaya yang nggak sedikit. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menabung untuk menikah agar bisa mempersiapkan biayanya dari jauh-jauh hari.

Cara Menabung Untuk Menikah

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mempersiapkan biaya pernikahan, di antaranya:

  1. Tentukan konsep pernikahan & hitung budget yang dibutuhkan
  2. Buat target dana dan waktu untuk mencapainya
  3. Pisahkan dana pernikahan dari rekening sehari-hari
  4. Siapkan dana tak terduga
  5. Menaruh tabungan pada instrumen investasi seperti reksa dana

Yuk, kita bahas satu per satu cara dan contoh perhitungan budget-nya!

Cara Menabung Untuk Menikah

Kita semua tahu bahwa di Indonesia momen sakral seperti pernikahan identik dengan hajatan yang membutuhkan banyak biaya. Walaupun, terkadang orang tua dari kedua mempelai ikut patungan, tetap saja kamu dan pasangan harus punya tabungan.

Berikut adalah beberapa tips menabung yang bisa jadi pegangan dalam mempersiapkan wedding dream versi kamu:

1. Tentukan konsep pernikahan & hitung budget yang dibutuhkan

Sebagai momen sakral sekali seumur hidup, tentu kita punya wedding dream tersendiri bersama pasangan. Ketika akan menikah, penting banget untuk membuat semua perencanaan dan perhitungan secara rinci dan terfokus pada kebutuhan inti dari calon pengantin.

Tentukan terlebih dahulu konsep pernikahan secara garis besar, seperti mau acaranya indoor atau outdoor, pernikahan dengan adat, modern, atau kombinasi keduanya. Cobalah riset terlebih dahulu mengenai harga sewa gedung, katering, busana, dekorasi, riasan, dokumentasi, dan KUA.

Baru deh, setelah riset, kamu buat hitung-hitungan gambaran kasar total budget yang dibutuhkan. Berdasarkan total biaya tersebut, diskusikan bareng pasangan apakah sesuai dengan kemampuan finansial dari masing-masing individu beserta keluarga. Hal ini penting untuk dibicarakan di awal agar persoalan uang tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca juga: Millenial & Gen-Z, Catat 5 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Ini

2. Buat Target Dana dan Waktu Untuk Mencapainya

Setelah menentukan konsep pernikahan dan melakukan riset harga dari berbagai kebutuhan acara pernikahan, tentu kamu bisa menghitung total budget yang diperlukan. Misalnya, setelah dihitung, perkiraan rincian biayanya adalah sebagai berikut:

  • Seserahan

Seserahan merupakan simbol yang diharapkan dapat membawa hal-hal baik bagi pasangan pengantin. Biasanya, barang-barang yang jadi bawaan punya makna tertentu. Estimasi biaya seserahan berkisar antara Rp5–7 juta.

  • Mahar (mas kawin)

Mahar adalah harta yang pihak laki-laki berikan kepada mempelai wanita. Biasanya, sih, mahar berupa seperangkat alat shalat dan emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia 24K. Besar gramasi emas bisa sesuai kemampuan pihak laki-laki.

Misalnya, mempelai pria ingin memberi mahar berupa logam mulia senilai 10 gram. Berdasarkan harga emas di aplikasi tanamduit, harga per gram emas per 1 Februari 2023 adalah Rp978 ribu per gramnya. Jadi, kira-kira dana yang harus kamu siapkan adalah Rp10 juta.

  • KUA

Pada dasarnya menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) gratis. Namun, jika acara berlangsung pada akhir pekan, biasanya pengantin akan dikenakan biaya Rp600 ribu di luar uang saku untuk penghulu.

  • Cincin kawin

Harga cincin kawin cukup beragam, tergantung model, brand, berat, dan bahannya. Sepasang cincin kawin dapat kamu beli mulai dari Rp1 juta.

  • Sewa gedung

Hal terpenting ketika memilih gedung selain dari harganya adalah kapasitas gedungnya. Saat menyusun budget, pastikan sudah menentukan jumlah tamu. Sewa gedung per hari mulai dari Rp5 jutaan.

Jika calon pengantin ingin menyewa gedung perkantoran yang cukup strategis dengan kapasitas tamu s.d. 1000 orang, harganya berada pada kisaran Rp30 jutaan.

  • Katering

Makanan menjadi salah satu prioritas budget terbesar dalam perhelatan sakral ini. Saat menyusun anggaran, kamu harus menetapkan total undangan. Semakin banyak undangan, makin besar juga biayanya.

Semisal harga katering per porsinya Rp100 ribu dengan total undangan 500 orang. Artinya budget katering yang kamu keluarkan minimal Rp50 juta.

Baca juga: Mau Nikah? Wajib Tahu Modal Nikah yang Harus Dipersiapkan!

  • Rias dan Busana Pengantin

Dalam penyelenggaraan akad dan resepsi, pasangan pengantin ibarat menjadi raja dan ratu dalam sehari sehingga tata rias serta busana pengantin jadi elemen penting yang tidak boleh terlewatkan. Agar lebih hemat, kamu bisa menggunakan paket rias dan busana pengantin. Biayanya berkisar Rp10 juta–Rp15 juta.

  • Dekorasi

Aspek lain yang bisa mendukung suasana dan estetika dari hari pernikahan adalah konsep dekorasinya.

Budget dekorasi minimalis berada di range Rp3 juta–Rp15 juta.

  • Undangan dan Souvenir

Pada era digital seperti sekarang, konsep undangan cetak mulai ditinggalkan. Saat ini, undangan dalam bentuk digital dengan desain aesthetic lebih menarik minat muda-mudi yang akan menyelenggarakan pernikahan. Kamu cukup merogoh kocek Rp200 ribu untuk biaya desain dan link khusus undangan yang bisa kamu distribusikan pada teman-teman dan kerabat.

Namun, ada baiknya untuk tetap mencetak undangan untuk generasi tua seperti kakek, nenek, om, tante, dan kerabat berumur lainnya. Budget cetak undangan cukup beragam, mulai dari Rp1 ribu per lembarnya. Artinya, saat mencetak 100 lembar undangan, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp100 ribuan.

  • Dokumentasi

Momen sekali seumur hidup tentu perlu kita abadikan dalam bentuk foto dan video. Baca secara mendetail paket yang tersedia, apakah include jasa edit dan cetak album foto sekaligus. Jasa fotografer dan videografer dapat kamu sewa mulai dari Rp5 juta.

  • Wedding Organizer (WO)

Kalau kamu dan pasanganmu adalah orang yang sibuk dengan pekerjaan dan nggak mau ribet, menggunakan jasa wedding organizer (WO) adalah solusinya. Crew WO akan membantumu mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaan. Biaya jasanya cukup beragam, mulai dari Rp10 jutaan.

  • Lain-lain

Siapkan juga dana jaga-jaga untuk keperluan lain seperti hiburan (live music), kue pengantin, sewa mobil pengantin, dsb. Misalnya, kamu menyiapkan dana sebesar Rp20 juta untuk kebutuhan lain dan tak terduga.

Berikut adalah estimasi total biaya nikah:

Jenis keperluan

Estimasi Budget*)

Seserahan Rp7.000.000,-
Mahar (mas kawin) Rp10.000.000,-
KUA Rp600.000,-
Cincin kawin Rp1.000.000,-
Sewa gedung Rp30.000.000,-
Katering Rp50.000.000,-
Rias dan busana pengantin Rp15.000.000,-
Dekorasi Rp15.000.000,-
Undangan (digital + cetak) Rp500.000,-
Souvenir
Rp2.500.000,-
Dokumentasi
Rp2.500.000,-
Wedding Organizer (WO)
Rp10.000.000,-
Lain-lain
Rp20.000.000,-
Total Estimasi Budget
Rp164.400.000,-

*) harga dapat berubah sewaktu-waktu

Nah, setelah estimasi dana yang diperlukan sudah tergambar, tentukan, deh, kira-kira target waktu yang diperlukan untuk mencapainya berapa lama.

3. Pisahkan Dana Pernikahan dari Rekening Sehari-hari

Cara menabung untuk menikah yang cukup efektif lainnya adalah dengan memisahkan tempat menyimpan tabungan nikah dengan rekening untuk bertransaksi sehari-hari. Kamu bisa membuat rekening bank baru atau mencoba alternatif lain yang lebih menguntungkan seperti menaruhnya pada produk investasi seperti reksadana.

4. Siapkan Dana Tak Terduga

Untuk melangsungkan acara pernikahan, pasti ada saja, deh, pengeluaran yang nggak terduga di luar perkiraan. Oleh karena itu, penting banget menyiapkan dana untuk jaga-jaga. Idealnya, kamu bisa dana untuk keperluan tak terduga sekitar 10–20% dari total biaya nikahmu.

Semisal total estimasi biaya Rp200 juta, artinya uang jaga-jaga yang setidaknya harus ada sebesar Rp20 juta s.d. Rp40 juta.

5. Menaruh Tabungan Pada Instrumen Investasi

Agar target tabungan nikahmu lebih cepat tercapai, kamu bisa menaruh uangmu pada instrumen investasi, salah satunya reksadana. Sesuaikan jenis reksadana yang dipilih dengan target waktu menikahmu. Berikut adalah rekomendasi produk yang bisa kamu pilih:

Target Waktu Menikah Rekomendasi Produk Investasi Potensi Imbal Hasil per tahun (%)*
<1 tahun s.d. 2 tahun Reksadana Pasar Uang (RDPU) RDPU: 3,8%
2–5 tahun
  1. Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)
  2. Reksadana Campuran (RDC)

RDPT: 5,3%

RDC: 19,4%

*) berdasarkan NAB Top 5 Reksadana per 1 Februari 2023

Disclaimer: potensi imbal hasil berdasarkan kinerja di masa lalu, tidak menjamin kinerja di masa depan.

Simulasi Investasi Reksadana Untuk Biaya Pernikahan

Berdasarkan poin sebelumnya, total estimasi biaya pernikahan adalah Rp164.400.000,- dengan target waktu menikah 3 tahun dari sekarang. Artinya, produk reksadana yang cocok untuk tabungan investasimu adalah reksadana pendapatan tetap atau reksadana campuran.

Dengan total budget sejumlah tersebut, dalam setahun, calon pengantin harus mengumpulkan dana sebesar Rp54.800.000,- atau per bulannya Rp4.600.000,- dan menaruhnya pada salah satu produk reksadana pendapatan tetap, dengan asumsi rata-rata imbal hasil per tahun 5,3%.

Tahun Dana Investasi Saldo Imbal Hasil Total (Pokok + Imbal Hasil)
1 54.800.000 54.800.000 2.904.400 57.704.400
2 54.800.000 112.504.000 5.962.733 118.467.113
3 54.800.000 173.267.133 9.183.158 185.450.291

Berdasarkan simulasi di atas, pada akhir tahun ketiga, kamu berhasil melampaui target tabungan nikahmu, lho. Artinya, kamu bisa punya dana jaga-jaga lebih banyak. Jadi, kalau ada pengeluaran nggak terduga di kemudian hari, kamu nggak perlu pusing lagi dengan adanya dana lebih.

Kesimpulan

Menikah butuh persiapan mental dan finansial. Setelah riset harga berbagai vendor pernikahan, tentu kamu bisa mengetahui gambaran budget yang sesuai. Lalu, diskusikan dengan pasangan dan keluarga dari kedua pihak terkait tanggal pernikahan. Setelahnya, barulah kamu tahu bagaimana cara menabung untuk menikah yang efektif agar sesuai target.

Sekarang, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.  Tanam Mimpi adalah fitur yang membantu investor, khususnya para pemula untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang, salah satunya adalah menikah. 

Nikmati berbagai kemudahan berikut dalam mencapai tujuan finansial di masa mendatang:

  1. Tips budgeting beragam tujuan finansial
  2. Top 3 Reksa Dana Performa Terbaik di tanamduit
  3. Reminder investasi rutin otomatis
  4. Pantau progress mimpimu (on-track/off-track)

Berikut adalah tutorial membuat mimpi “menikah” pada fitur Tanam Mimpi:

1. Download tanamduit di Google Playstore atau App Store atau klik di sini untuk download, lalu daftarkan diri dan lengkapi data dirimu hingga proses verifikasi akun selesai.

2. Setelah verifikasi akun selesai, buka dashboard aplikasi dan pilih mimpi pada bagian “Tanam Mimpi”. Pilih mimpi yang ingin dicapai, contohnya mengumpulkan dana pernikahan, klik opsi “lihat selengkapnya” lalu pilih “pernikahan”.

3. Masukkan target dana dan target waktu tercapainya investasi sesuai kebutuhanmu, lalu klik “lanjut”.

4. Setelah itu, akan muncul nominal investasi rutin yang perlu kamu penuhi tiap bulannya. Klik “simpan”.

5. Tujuanmu telah berhasil dibuat! Berikut adalah tampilan goals-mu. Klik “mulai investasi” untuk mulai investasi pertamamu.

6. Setelah itu, akan muncul rekomendasi produk terbaik seperti pada gambar di bawah ini. Untuk melihat pilihan produk lainnya, klik “lihat semua produk”.

7. Pilih produk investasi yang kamu inginkan, lalu masukkan nominal investasi sesuai target bulananmu. Kamu juga bisa memasukkan nominal lebih besar agar target investasi lebih cepat tercapai. Klik lanjut.

8. Apabila transaksi telah selesai, maka saldo investasi akan muncul pada dashboard aplikasi tanamduitmu seperti tampilan berikut:

9. Yeay, investasimu bulan ini sudah on-track! Yuk, rutin “tambah investasi” agar target investasimu bisa tercapai tepat waktu!

10. Kalau sewaktu-waktu kamu lupa berinvestasi rutin, artinya portofolio investasimu off-track dari target yang telah dibuat seperti pada tampilan berikut:

Akan tetapi, nggak perlu khawatir! tanamduit telah menyiapkan rekomendasi yang bisa kamu lakukan agar portofoliomu on-track lagi.

Yuk, download tanamduit sekarang dan capai budget nikahanmu!

Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.