Home » Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta, Mudah!

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta, Mudah!

oleh | Mar 10, 2022

Sebuah tantangan sendiri menemukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta. Namun, bukan berarti nggak mungkin untuk mengatur gaji 3 juta agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga sebulan. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, mulai dari membuat anggaran bulanan, menyisihkan tabungan, investasi, dan dana darurat di awal bulan, dan masih banyak lagi. Sebelum membuat anggaran bulanan, sebaiknya kamu membicarakan terlebih dahulu dengan pasanganmu, karena keuangan rumah tangga adalah tanggungan bersama. Yuk, kita bahas secara mendalam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta pada artikel berikut!

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Persoalan finansial merupakan hal yang cukup krusial dalam biduk rumah tangga. Rumah tangga bisa retak kalau saja keuangannya tidak diatur dengan baik. Untuk mengatasinya kamu perlu strategi jitu untuk mengatur keuangan rumah tanggamu. Simak  baik-baik tips berikut, ya.

1. Catat Pengeluaranmu

Untuk menghindari besar pasak daripada tiang pada perekonomian rumah tanggamu, salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang bisa kamu terapkan adalah dengan mencatat pengeluaran. Cara ini mungkin terdengar merepotkan, tetapi dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa lebih jeli dalam membuat anggaran keuangan tiap bulannya. Kamu jadi tahu pemasukan dan pengeluaran sehingga bisa mengevaluasi dan menemukan solusi agar gaji 3 juta dapat memenuhi kebutuhan rumah tanggamu selama sebulan.

2. Membuat Anggaran Bulanan

Setelah melakukan pencatatan dan mengetahui pengeluaran rutin apa saja yang selalu ada tiap bulan, kamu bisa mulai menyusun anggaran keuangan rumah tangga dan menerapkannya. Dengan gaji 3 juta, kamu bisa membuat rincian anggaran bulanan sederhana dengan rumus seperti pada contoh berikut:

cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-3-juta

  • Kebutuhan pokok, biaya listrik, internet, air, bayar kontrakan, dll. 65% (Rp1.950.000,-) 
  • Tabungan dan investasi 10% (Rp300.000,-) 
  • Dana darurat 10% (Rp300.000,-)
  • Rekreasi dengan keluarga 10% (Rp300.000,-)
  • Sedekah 5% (Rp150.000,-)

3. Alokasikan Gaji Untuk Dana Darurat

Hidup memang tidak bisa kita prediksi dan penuh kemungkinan, mau hal baik ataupun buruk. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan dana darurat. Dana darurat adalah uang yang kelak kamu gunakan untuk situasi darurat seperti sakit, kehilangan mata pencaharian, kecelakaan, renovasi rumah, dan masih banyak lagi.

Kita tidak bisa memprediksi kapan hal buruk akan menimpa, oleh karenanya kamu mempersiapkan dana darurat dengan menyisihkannya setiap bulan. Kamu bisa membaca tips mempersiapkan dana darurat pada artikel berikut: Apa Itu Dana Darurat? Ini Dia Tips Mempersiapkannya!

4. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Membiasakan Hidup Hemat

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta berikutnya adalah membiasakan untuk hidup hemat. Jadikan anggaran yang telah kamu buat sebagai acuan. Kurangi pengeluaran kurang penting seperti membeli makanan di luar. Kamu juga bisa membawakan suami dan anakmu bekal untuk menekan pengeluaran. 

5. Hindari Beli Barang Secara Kredit

Dengan gaji 3 juta, ada baiknya untuk tidak membeli barang secara kredit, karena cicilan setiap bulannya akan menambah pengeluaran tiap bulan. Terlebih lagi, barang yang kamu beli sifatnya konsumtif seperti ponsel, makeup, skincare, dll. Sebaiknya kamu menabung terlebih dahulu saja untuk membeli barang yang diinginkan daripada harus membelinya secara kredit.

6. Belanja Kebutuhan Saat Promo

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta agar lebih hemat adalah dengan berbelanja kebutuhan saat promo. Biasanya, supermarket maupun marketplace mengadakan promo besar-besaran bertepatan dengan momen gajian. Jadi, pastikan kamu berbelanja kebutuhan bulanan saat promo sedang berlangsung.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Tidak ada seorang pun yang ingin penghasilannya stagnan pada angka 3 juta saja. Agar keuangan keluarga menjadi lebih baik, kamu bisa mencari sumber penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan bisa kamu dapatkan dari membuka bisnis online, dropship, afiliator marketing, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengetahui berbagai cara mudah untuk mendapatkan passive income melalui artikel berikut: 11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income, Wajib Coba

8. Sisihkan Tabungan dan Investasi di Awal Bulan

Salah satu trik nabung dan investasi antiwacana adalah dengan melakukannya secara rutin di awal bulan setelah gajian. Jadi, tabungan dan investasi sudah masuk dalam perencanaan keuangan dan alokasi gaji tiap bulannya. Hindari kebiasaan menabung di akhir bulan agar uang kebutuhan sehari-hari dan dana tidak terduga tidak memangkas jumlah tabunganmu. Kamu bisa menaruh uang tabungan dan investasimu pada rekening terpisah.

Di tanamduit, kamu bisa memisahkan uang tabunganmu pada produk reksadana yang berbeda, sesuai dengan tujuannya. Jadi, nggak perlu repot buka banyak rekening bank. Berikut adalah tampilan dashboard aplikasi tanamduit.

cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-3-juta

Kesimpulan

Selalu ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang bisa kamu lakukan agar keuangan keluarga tetap sehat tiap bulannya. Kedelapan cara sederhana di atas bisa kamu terapkan secara disiplin setiap bulannya. Pastikan untuk selalu menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi, karena di masa mendatang pasti ada pengeluaran yang harus kamu persiapkan seperti dana pendidikan anak mulai dari TK sampai kuliah.

Untuk mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang, kamu bisa rutin berinvestasi pada produk reksadana dan emas di tanamduit mulai dari Rp10 ribu saja, lho. Tersedia berbagai pilihan produk reksadana yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan target waktu investasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai reksadana, kamu bisa membaca artikel berikut: Apa Itu Reksa Dana? Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Risikonya

Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile