Home » 8 Cara Menghemat Uang 100 Ribu Dalam Satu Minggu di Bulan Puasa

8 Cara Menghemat Uang 100 Ribu Dalam Satu Minggu di Bulan Puasa

oleh | Apr 7, 2022

Seiring bertambahnya usia, semakin besar juga tanggung jawab yang dibebankan pada pundak kita, termasuk dalam hal mengelola keuangan pribadi. Saat masih di bangku sekolah dan mendapatkan uang saku dari orang tua, uang 100 ribu mungkin akan cepat habis tidak bersisa. Barulah saat memasuki dunia karier dan punya penghasilan sendiri, jumlah tersebut sangat berharga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama seminggu, terlebih di bulan Ramadhan. Meskipun begitu, selalu ada cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Cara Menghemat Uang 100 Ribu Untuk Seminggu di Bulan Ramadhan

Di Indonesia, lebaran menjadi momen sakral yang sarat perayaan, mengingat mayoritas masyarakat kita menganut agama Islam. Nggak heran kalau butuh persiapan khusus. Apa saja, ya?

1. Batasi Jajan dan Makan di Luar

Cara paling efektif menghemat budget terbatas adalah dengan membatasi jajan dan makan di luar. Terlebih lagi di bulan Ramadhan seperti sekarang, banyak godaan untuk jajan bermacam-macam takjil dan undangan bukber bareng teman. Untuk menyiasatinya, usahakan memasak makanan dan cemilan sendiri di rumah.

2. Manfaatkan Fasilitas Wi-fi

Konektivitas internet gratis di zaman modern seperti sekarang bisa ditemukan di mana-mana, termasuk di fasilitas umum seperti sekolah, kantor, stasiun, dsb. Dengan banyaknya akses internet gratis di berbagai tempat yang bisa kamu manfaatkan, alhasil bisa jadi cara menghemat duit 100 ribu dalam seminggu, karena tidak perlu membeli kuota.

3. Cucilah Baju Sendiri

Seringkali rasa malas mencuci baju sendiri datang saat lelah bekerja. Padahal, kamu tahu nggak sih kalau biaya laundry sangat membebani anggaran yang terbatas. Dalam satu minggu, biaya laundry kiloan bisa mencapai setengah dari budget mingguanmu. Manfaatkan waktu senggangmu di akhir pekan untuk mencuci pakaianmu sendiri agar lebih hemat

4. Bawa Minum dari Rumah

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu lainnya adalah membiasakan diri untuk membawa air minum sendiri dari rumah. Selain bisa mengurangi pengeluaran, kamu sekaligus bisa mengurangi jumlah sampah plastik dari botol air mineral, lho.

5. Masaklah Menu Sederhana

Tidak bisa kita pungkiri bahwa uang kita sebagian besar habis oleh makanan. Sering kali kita memasak terlalu banyak menu yang bikin dompet kebablasan, padahal belum tentu semua lauk dimakan semua. Agar tidak mubazir dan kebutuhan tetap on budget, masaklah menu secukupnya seperti tempe, tahu, dan satu jenis sayur. Meskipun sederhana, pastikan kebutuhan nutrisi tetap terjaga, ya~ 

6. Patungan Dengan Teman

Kalau kamu adalah anak kos, bisa, lho, untuk patungan biaya kebutuhan makan dengan teman satu kosan. Misalnya, kamu membeli beras untuk makan berdua selama seminggu. Lalu, temanmu bagian membeli bahan untuk lauknya. Trik seperti ini bisa menghemat uang 100 ribu dalam satu minggu.

7. Kurangi Biaya Transportasi

Biaya transportasi jadi salah satu pengeluaran yang cukup besar. Kalau rumah, kampus, atau tempat kerja dekat dengan fasilitas transportasi seperti halte transjakarta dan stasiun KRL, salah satu cara berhemat adalah dengan menggunakan transportasi umum. Sisanya, hemat ongkos dengan berjalan kaki. 

8. Jadi Takjil Hunter

Di bulan puasa yang penuh berkah, banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, salah satunya dengan menyediakan menu berbuka puasa gratis. Biasanya, menu buka puasa gratis bisa ditemukan di masjid atau mushola. Kamu bisa berhemat dengan berbuka puasa di masjid atau mushola dekat rumahmu.

Kesimpulan

Mengatur duit yang terbatas dalam satu minggu memang tidak mudah, tetapi selalu ada cara untuk membatasi pengeluaran. Semoga tips di atas membantu, ya. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan tambahan. Jika ada rezeki lebih, kamu bisa menabung sebagian uangmu untuk tujuan di masa mendatang.

Kamu bisa menabung dalam bentuk reksadana dan emas untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang. Di tanamduit, kamu bisa nabung reksadana dan emas mulai dari 10 ribu saja.

Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang untuk selangkah lebih maju mencapai tujuan keuanganmu di masa depan!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile