Home » 7 Cara Menghemat Uang Bulanan dengan Bijak yang Mudah dan Efektif

7 Cara Menghemat Uang Bulanan dengan Bijak yang Mudah dan Efektif

oleh | Apr 11, 2022

Agar tidak boros, semua orang harus mengenali cara menghemat uang bulanan dengan bijak. Dengan begitu, kebutuhan pokok sehari-hari dan tujuan keuangan lainnya bisa tercapai. Dalam hal ini, setiap orang harus berkomitmen untuk menerapkan gaya hidup hemat sehingga pengelolaan keuangan setiap bulan lebih efektif dan mudah dilakukan.

Seringkali, orang-orang merasa kesulitan mengelola keuangan bulanan. Padahal, ada beberapa langkah efektif yang bisa membuatmu lebih mudah dalam berhemat. Langkah ini juga cocok sekali bagi segala kalangan dengan gaji kecil maupun gaji fantastis. Berikut merupakan cara menghemat uang yang wajib kamu ketahui.

Cara Menghemat Uang Bulanan

1. Alokasi Keuangan dengan Tepat

Setiap menerima gaji, kamu harus mengelola keuangan tersebut dengan bijak. Dengan begitu, kebutuhan pokok, kebutuhan hiburan, dana tabungan, dan dana investasi aman selama sebulan. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan metode 50/30/20 yakni alokasi 50 persen gaji untuk kebutuhan, 30 persen gaji untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan dan investasi. Alokasi gaji yang tepat dapat membuatmu lebih mudah mengontrol pengeluaran setiap bulan. Kenali metode 50/30/20 melalui artikel berikut: Cara Jitu Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20 Gampang!

2. Siapkan Daftar Pengeluaran Bulanan

Sebelum belanja bulanan, kamu dapat mempersiapkan daftar belanja sesuai dengan prioritas keuanganmu. Adanya daftar pengeluaran juga bisa membuatmu lebih mudah mengontrol setiap pos pengeluaran seperti biaya makan, transportasi, tagihan listrik, dan pengeluaran penting lainnya. Pastikan mengutamakan kebutuhan pokok, ya! Untuk menentukan prioritas keuangan, kamu harus mengenali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan melalui artikel berikut: Tips Memahami Kebutuhan dan Keinginan, Penting!

3. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Setelah mengenali prioritas pengeluaran, kamu harus lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit. Seringkali, orang merasa sulit untuk membiasakan diri hidup dengan gaya hidup hemat karena tergiur belanja dengan pembayaran cicilan. Jika terlalu banyak menggunakan metode pembayaran kartu kredit, maka kamu akan memiliki beban baru, membayar tagihan kartu kredit. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan kartu kredit dengan bijak untuk kebutuhan penting saja. Jangan sampai tagihan dan utangmu menghambat proses berhemat, ya!

4. Selalu Catat Setiap Pengeluaran

Selanjutnya, kamu dapat mencatat setiap pengeluaran bulanan. Pencatatan ini akan memudahkanmu dalam mengontrol kegiatan belanja bulanan sesuai dengan daftar yang sudah disiapkan. Namun, banyak orang yang malas membuat catatan keuangan secara rutin. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi penyedia catatan keuangan. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan jumlah pengeluaran berikut keterangannya di aplikasi tersebut dengan mudah dan rapi.

5. Evaluasi Keuangan secara Berkala

Setelah melakukan pencatatan pengeluaran, kamu dapat mengevaluasi setiap pos pengeluaran berdasarkan catatan pengeluaran. Evaluasi keuangan ini berperan penting dalam menerapkan cara menghemat uang. Jika besaran pengeluaran sudah melebihi pendapatan, maka perlu kamu harus mengatur kembali alokasi gaji dan mengesampingkan pengeluaran keinginan terlebih dahulu. Selain itu, evaluasi keuangan berkala juga dapat membuatmu lebih mudah dalam mengontrol seluruh pengeluaran agar lebih efektif.

6. Memanfaatkan Promo Menarik

Selanjutnya, adanya promo menarik juga mampu membuatmu lebih mudah dalam berhemat. Pada periode tertentu, banyak perusahaan yang menawarkan promo menarik yang bisa membuatmu lebih hemat dalam berbelanja. Promo ini dapat berupa potongan harga, bonus voucher, dan hadiah menarik lainnya. Biasanya, transaksi dengan metode pembayaran cashless menawarkan banyak keuntungan menarik, lho. Di momen perayaan hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru, dan perayaan lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo menarik. Jadi, kamu bisa lebih hemat, deh!

7. Menabung dan Investasi Rutin Setiap Bulan

Idealnya, setiap orang menyisihkan minimal 20 persen dari penghasilannya untuk menabung dan investasi. Selain mewujudkan cara menghemat uang, kegiatan menabung penting sekali untuk mempersiapkan dana darurat. Di samping kegiatan menabung, kamu mengoptimalkan penghasilanmu ke instrumen investasi. Jika kamu ingin mempersiapkan keuangan di masa yang akan datang, maka kamu dapat menginvestasikan sebagian penghasilanmu sesuai dengan tujuan, jangka waktu, dan risiko investasi.

Produk investasi reksa dana cocok sekali bagi pemula yang ingin mengoptimalkan penghasilan dalam jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Sekarang, semua orang bisa investasi reksa dana secara online mulai dari 10 ribu, lho. Bahkan, investasi di aplikasi tanamduit itu bisa mulai dari 10 ribu! 

tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu bisa investasi dengan mudah dan aman, deh! Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile