Home » 7 Cara Menghemat Uang di Bulan Puasa Paling Gampang, Wajib Coba!

7 Cara Menghemat Uang di Bulan Puasa Paling Gampang, Wajib Coba!

oleh | Mar 30, 2022

Agar tidak boros, kamu harus mengetahui cara menghemat uang di bulan puasa yang gampang untuk semua orang. Seringkali, orang-orang merasa pengeluaran di bulan ramadhan itu membengkak. Mulai dari membeli banyak makanan hingga ikut acara buka bersama bersama kerabatmu. Padahal, kamu lagi berusaha hemat dan ingin mencapai tujuan keuangan lainnya, seperti persiapan dana mudik lebaran, dan sebagainya. Makanya, semua orang harus mengetahui cara menghemat uang di bulan puasa yang mudah dan anti gagal melalui penjelasan berikut.

Cara Mengehemat Uang di Bulan Puasa

1. Alokasi Gaji yang Tepat

Alokasi gaji yang tepat menjadi langkah bijak untuk pengelolaan keuangan bulanan lebih hemat. Pastikan kamu mengenali prioritas pos pengeluaran. Dengan begitu, kebutuhan pokok selama bulan puasa dapat tetap terpenuhi. Jangan sampai mengeluarkan uang dalam jumlah besar melebihi gaji bulanan, ya!

Setiap melakukan pengeluaran, kamu bisa mencatatnya di buku khusus atau aplikasi penyedia layanan catatan pengeluaran. Jadi, setiap pengeluaran bisa terkontrol dan selalu mengeluarkan uang untuk kebutuhan penting. Jika bingung cara alokasi gaji yang tepat, maka kamu bisa pakai metode 50/30/20 melalui artikel berikut: Cara Jitu Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20, Gampang!

2. Belanja Di Awal Bulan

Sebelum belanja, kamu bisa membuat daftar belanja bulanan agar membeli barang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga bisa memudahkanmu dalam menentukan menu makanan selama bulan puasa, lho. Selain itu, belanja di awal bulan juga bisa menghindari kenaikan harga bahan makanan menjelang hari raya Lebaran. Seringkali, banyak toko di supermarket atau pasar tradisional yang memberikan harga khusus setiap pembelian barang dalam jumlah banyak. Jadi, kamu bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok lebih hemat.

3. Masak Makanan Sendiri

Cara menghemat uang di bulan puasa selanjutnya, masak makanan di rumah menjadi solusinya. Agar lebih hemat, kamu bisa mengolah bahan makanan sendiri di rumah sehingga bisa lebih mengontrol pengeluaran untuk makan sahur dan berbuka. Selain hemat, kegiatan memasak juga bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang menyenangkan menjelang waktu berbuka puasa.

4. Batasi Acara Buka Bersama

Biasanya, setiap circle pertemananmu mengajakmu datang ke acara buka bersama. Mulai dari teman sekolah, teman kuliah, teman kantor, hingga keluargamu. Untuk itu, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk buka puasa di restoran tertentu. Jika terlalu banyak datang ke acara ini, maka kamu bisa menghabiskan banyak uang lebih banyak selama bulan ramadhan. Jadi, buatlah prioritas ajakan buka puasa di luar biar gak boncos.

5. Optimalkan Promo Menarik

Belanja pakai promo menarik bisa menjadi cara menghemat uang di bulan puasa. Biasanya, ada banyak promo menarik berupa potongan harga atau paket belanja hemat selama bulan puasa. Kamu bisa memanfaatkan promo menarik ini untuk menghemat pengeluaran bulanan. Promo ini cocok banget bagi orang-orang yang ingin berhemat di bulan ramadhan. 

6. Selalu Bersedekah

Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain. Untuk itu, kegiatan bersedekah juga bisa kamu lakukan selama bulan puasa. Misalnya, kamu mengalokasikan 5-10% dari penghasilan untuk bersedekah. Walaupun berhemat, jangan lupa untuk bersedekah kepada teman-teman yang membutuhkan, ya!

7. Tetap Rutin Berinvestasi

Meskipun pengeluaran di bulan puasa itu banyak, kamu harus tetap rutin berinvestasi. Di samping melakukan cara menghemat uang di bulan puasa, kamu bisa mencapai tujuan finansial di masa yang akan datang. Misalnya, kamu dan keluarga ingin pergi ibadah umrah atau haji dalam 5 tahun ke depan. Untuk investasi jangka panjang, kamu bisa pilih instrumen investasi emas atau reksa dana. Jangan sampai aktivitas di bulan puasa menghambatmu mencapai tujuan investasimu, ya

Sekarang, semua orang bisa berinvestasi dengan modal terjangkau sesuai dengan kondisi finansial. Bahkan, di aplikasi tanamduit, kamu bisa investasi reksa dana dan emas mulai dari Rp10 ribu. tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) yang sudah berizin dan berada di bawah pengawasan OJK

Kamu juga bisa cetak desain emas edisi spesial Idulfitri favoritmu mulai dari 0,1 gr aja~ Jadi, momen lebaran bareng keluarga jadi lebih berkesan, deh! Yuk, klik banner di bawah ini dan dapatkan desain kartu emas edisi lebaran sekarang!

cara-menghemat-uang-di-bulan-puasa-beli-kartu-emas-lebaran

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile