Home » 9 Cara Menghemat Uang Setiap Hari yang Efektif Agar Tidak Boros

9 Cara Menghemat Uang Setiap Hari yang Efektif Agar Tidak Boros

oleh | Apr 7, 2022

Seringkali, banyak orang bingung memulai cara menghemat uang setiap hari yang efektif. Agar tidak boros, setiap orang harus mengelola keuangan dengan bijak. Dengan begitu, seluruh kebutuhan pokok dan semua tujuan keuangan dapat tercapai. Namun, tidak semua orang mampu berhasil membiasakan diri hidup hemat setiap harinya. 

Saat bertekad hidup hemat, ada saja hal-hal yang bisa membuatmu keluarkan uang untuk memenuhi keinginanmu. Jika kebiasaan ini terus berlarut-larut, maka kamu bisa lebih boros dan asyik mengeluarkan uang tanpa memperhitungkannya dengan cermat. Oleh karena itu, kamu wajib mengenali cara menghemat uang setiap hari yang efektif melalui penjelasan berikut.

Cara Menghemat Uang Setiap Hari yang Efektif

1. Alokasi Gaji yang Tepat

Langkah pertama, kamu harus mengenali kondisi finansialmu sehingga dapat menyesuaikan alokasi gaji yang tepat. Jika memiliki banyak pengeluaran harian, kamu dapat menyesuaikan besaran alokasi gaji harian. Untuk itu, setiap orang harus mengatur pendapatan dan pengeluaran dengan jelas agar dapat mengenali kesehatan finansialmu. Meskipun gaji UMR, kamu juga bisa mengatur alokasi gaji dengan tepat dan efektif. Masih bingung caranya? Yuk, simak penjelasannya melalui artikel berikut: 7 Tips Atur Keuangan Gaji UMR Bisa Nabung dan Investasi.

2. Kenali Kebutuhan dan Keinginan

Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Seringkali, mereka mengeluarkan uang untuk keinginannya semata sehingga lupa berhemat. Kebiasaan belanja impulsif ini dapat membuatmu gagal hemat setiap hari. Penting bagimu untuk mengenali kebutuhan dan keinginan. Yuk, kenali perbedaannya melalui artikel berikut: Tips Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan, Penting!

3. Buat Daftar Belanja Harian

Salah satu cara menghemat uang setiap hari itu adalah membuat daftar belanja harian. Setelah mengenali kebutuhan dan keinginan, kamu dapat membuat daftar belanja harian agar pengeluaran harian tidak melebihi budget. Dalam hal ini, kamu dapat menyusun prioritas belanja sesuai dengan kebutuhanmu. Adanya daftar ini bisa menjadi acuanmu dalam mengeluarkan uang setiap hari. Namun, hidup hemat itu bukan berarti hidup pas-pasan, ya

4. Buat Rekening Khusus

Cara menghemat uang setiap hari selanjutnya, kamu dapat membuat rekening khusus belanja kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu tidak akan menggunakan dana tabungan atau dana lainnya. Hal ini bisa memudahkanmu dalam mengontrol pengeluaran harian. Jika rekening khusus belanjamu sudah semakin menyusut, maka kamu harus segera mengurangi pengeluaran harian. 

5. Tetap Menabung dan Investasi Rutin

Hidup hemat itu berarti mengelola keuangan dengan bijak untuk mencapai tujuan keuangannya. Oleh karena itu, kamu harus tetap menyisihkan dana tabungan dan dana investasi setiap harinya. Dalam hal ini, kamu dapat mengalokasikan 10 persen dari penghasilan ke rekening khusus tabungan. Untuk mengoptimalkan pendapatanmu, kamu juga bisa menginvestasikan 10 persen penghasilanmu ke instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan, jangka waktu investasi, dan profil risikomu. 

Jika ingin mengoptimalkan dana daruratmu, maka produk reksa dana pasar uang solusinya. Namun, kamu juga bisa mempersiapkan tujuan finansial di masa yang akan datang dengan berinvestasi reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, atau emas. tanamduit menjadi salah satu aplikasi penyedia layanan investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) mulai dari Rp10 ribu, lho. Jangan khawatir, tanamduit sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu bisa investasi dengan mudah, praktis, dan aman.  

6. Hindari Pakai Kartu Kredit atau Paylater

Banyak orang merasa terlena dalam menggunakan kartu kredit atau paylater. Kebiasaan pakai metode pembayaran ini bisa membuat kamu lebih konsumtif, lho. Untuk itu, cara menghemat uang setiap hari selanjutnya itu menghindari penggunaan kartu kredit atau paylater. Penggunaan kartu kredit atau paylater itu tidak menjadi masalah selama menggunakannya dengan bijak. Namun, belanja dengan cicilan dapat membuat kesehatan finansialmu tidak sehat. Oleh sebab itu, cara ini dapat menjadi alternatif dalam menghemat uang sehari-hari. 

7. Menghindari Godaan Belanja Online

Seringkali, berbagai e-commerce mengadakan banyak promo menarik dengan harga murah sehingga kamu tergiur membelinya. Padahal, kamu tidak membutuhkannya. Oleh sebab itu, orang-orang yang gemar berbelanja itu harus menghindari godaan belanja di aplikasi atau situs daring tertentu agar tidak boros. Jika tidak membutuhkan belanja lewat situs atau aplikasi e-commerce, maka kamu harus mengusahakan untuk menghindari pembelian sesuatu dengan mendadak. 

8. Berhenti Langganan Layanan Hiburan

Semua orang pasti membutuhkan hiburan di waktu luangnya. Tidak jarang orang memilih berlangganan beberapa layanan hiburan berupa layanan streaming film, musik, dan sebagainya. Jika jarang menggunakan layanan hiburan ini, maka kamu bisa berhenti langganan terlebih dahulu selama masa berhemat. Untuk sementara waktu, kamu dapat menikmati layanan streaming gratis seperti situs YouTube dan situs hiburan gratis lainnya. Dengan begitu, kamu tetap mendapatkan hiburan di waktu luang tanpa mengeluarkan banyak biaya tambahan.

9. Evaluasi Keuangan Berkala

Setiap periode tertentu, kamu dapat mengevaluasi keuangan berkala mengacu pada catatan keuangan harianmu. Dengan begitu, kamu dapat mengenali pemasukan dan pengeluaran rutin. Jika ada pengeluaran yang melebihi budget pengeluaran, maka kamu harus menyesuaikannya agar lebih ideal. Jika kamu kesulitan menerapkan cara menghemat uang setiap hari, maka kamu dapat membuat aturan khusus sebagai batasan mengeluarkan uang. Dalam hal ini, kamu dapat membuat konsekuensi atau hukuman agar terus komitmen dalam menerapkan hidup hemat. 

Itulah cara menghemat uang setiap hari yang efektif agar tidak boros yang wajib kamu ketahui. Di samping mengupayakan hidup hemat setiap hari, jangan lupa untuk mengoptimalkan keuanganmu dengan berinvestasi di tanamduit!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile