Beranda » belajar » Perencanaan Keuangan » 8 Cara Nabung Buat Beli Hp atau Gadget, Dijamin Berhasil!

8 Cara Nabung Buat Beli Hp atau Gadget, Dijamin Berhasil!

oleh | Jun 3, 2024

Cara nabung buat beli Hp atau gadget yang paling mudah itu dengan rutin mengalokasikan sebagian penghasilan sesuai target harga gadget.

Lalu, bagaimana cara nabung buat beli Hp?

Cara nabung buat beli Hp atau Gadget

1. Buat Perhitungan Detail Hp atau Gadget 

2. Membuat Skala Prioritas

3. Mencatat Pengeluaran Sehari-Hari

4. Mengalokasikan Pendapatan Per Bulan

5. Berinvestasi

6. Mengoptimalkan Penghasilan Tambahan

7. Menghindari Pinjaman

Cara Nabung Buat Beli HP atau Gadget

Bagaimana cara nabung buat beli HP baru? Bagaimana cara menabung setiap hari? Simak tips selengkapnya melalui penjelasan berikut.

1. Buat Perhitungan Detail Hp atau Gadget 

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, sudah pasti kita harus mengetahui dengan detail handphone yang diinginkan.

Detail-detail tersebut bisa berupa spesifikasi atau produk sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu cara untuk mengetahui dengan detail spesifikasi Hp yang kita inginkan adalah dengan membuat perbandingan antarproduk.

Perbandingan antarproduk ini bisa kita nilai berdasarkan harga maupun berdasarkan spesifikasi.

Perbandingan ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan budget yang kamu punya.

2. Membuat Skala Prioritas

Jika sudah memutuskan untuk membeli Hp ataupun gadget, kamu harus membuat skala prioritas dan disiplin mengelola pengeluaran sampai HP impianmu terwujud.

Ada beberapa hal yang harus kita korbankan, seperti menahan keinginan untuk pergi liburan, membeli makanan mewah, dan segala aktivitas yang bisa menguras pengeluaranmu.

Apabila kita konsisten terhadap skala prioritas yang sudah dibuat, percayalah kamu bisa mendapatkan handphone impianmu dalam waktu dekat!

Baca juga: Tips Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan, Penting!

3. Mencatat Pengeluaran Sehari-Hari

Cara menabung untuk beli Hp atau gadget lainnya adalah kita harus mencatat setiap pengeluaran setiap harinya.

Dengan adanya catatan tersebut, kita bisa menghitung rata-rata pengeluaran selama sebulan, sehingga rata-rata tersebut bisa menjadi acuan untuk langkah berikutnya, yaitu mengalokasikan dana untuk membeli handphone.

4. Mengalokasikan Pendapatan Per Bulan

Jangan lupa rutin alokasikan gajimu untuk hal-hal yang dibutuhkan, seperti membeli handphone.

Salah satu metode alokasi pendapatan yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan metode 50/30/20.

Metode tersebut sangat ampuh untuk mengatur pendapatanmu di tiap bulannya sehingga tidak ada pengeluaran yang sifatnya sia-sia sehingga kamu bisa mengatur pendapatanmu lebih optimal, khususnya untuk membeli Hp.

5. Berinvestasi

Selanjutnya, cara nabung buat beli Hp adalah berinvestasi dengan menggunakan produk reksadana.

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang menjadi wadah penghimpun dana masyarakat (investor) yang ingin menanamkan modal atau uangnya.

Reksadana pasar uang sendiri adalah jenis reksadana yang menginvestasikan 100 persen dana kelolaannya pada produk pasar uang.

Produk pasar uang terdiri dari deposito perbankan dan surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Jenis reksadana ini sangat tepat untuk kamu gunakan dengan tujuan membeli Hp baru karena mempunyai risiko paling rendah dan mempunyai produk kelolaan berupa surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. 

6. Mengoptimalkan Penghasilan Tambahan

Cara nabung buat beli Hp selanjutnya adalah kita bisa memaksimalkan penghasilan tambahan dari beberapa pekerjaan sampingan seperti menjadi freelancer atau membangun bisnis online.

Di era serba digital ini, bisnis online merupakan kesempatan sangat bagus untuk mengoptimalkan penghasilan tambahan untuk membeli handphone, tidak hanya mengandalkan penghasilan utama saja.

7. Menghindari Pinjaman 

Di era sekarang ada banyak sekali tawaran kredit untuk membeli sebuah HP melalui pinjaman online (pinjol) atau sistem kartu kredit.

Mungkin dengan mencicil terkesan lebih mudah, namun justru kebalikannya!

Dengan mencicil, kita sebenarnya membayar lebih dari harga sebenarnya ketika dijual. Hal ini disebabkan oleh bunga yang harus kita bayar.

Alangkah lebih baik, kamu menabung dengan konsisten untuk membeli HP impian.

Cara Nabung Buat Beli iPhone 

Misalnya, kamu ingin membeli iPhone 12 seharga Rp12 juta dan kamu memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp5 juta.

Seandainya nabung selama satu tahun, berarti kamu harus mengalokasikan danamu untuk menabung sebesar Rp1 juta selama 12 bulan.

Kamu bisa mengalokasikannya di rekening terpisah tetapi harus menanggung biaya admin dan bunga yang relatif kecil.

Misalnya, asumsikan dalam sebuah bank memiliki suku bunga 0,1% maka cara menghitung bunganya adalah dengan rumus,

Bunga= Saldo Terendah x (Suku Bunga x Jumlah Hari Dalam Sebulan) : 365

simulasi nabung beli hp di tabungan bank

Berdasarkan data di atas dapat kita lihat bahwa dengan adanya biaya admin dan suku bunga yang kecil kita justru mendapatkan hasil yang kurang dari 12 juta.

Optimalkan Tabungan Beli HP atau Gadget di Reksadana

Kamu bisa mencoba untuk menabungnya di produk reksadana pasar uang. Di reksadana pasar uang kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang optimal sehingga tabunganmu tidak hanya akan tercapai saja, melainkan bisa melebihi nominal yang kamu harapkan.

Selain itu, produk reksadana pasar uang cocok untuk investasi kurang dari satu tahun karena memiliki risiko yang kecil sehingga pas untuk kamu yang masih pemula.

Misalnya, kamu mengalokasikan dana tiap bulannya di reksadana pasar uang pada produk Sucorinvest Money Market Fund.

Adapun Nilai Aktiva Bersihnya selama setahun terakhir dari aplikasi tanamduit memiliki pertumbuhan 4,02% per tahunnya. Untuk perhitungan pertumbuhan per bulannya dapat kita lihat di tabel berikut.

simulasi nabung beli hp di reksadana pasar uang

Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per tanggal 30 Januari tahun 2023 dapat kita lihat bahwa dengan mengalokasikan danamu ke dalam produk Sucorinvest Money Market Fund kamu bisa mendapatkan Rp12.195.349,94 di akhir tahun.

Kamu bisa menonton video berikut ini agar lebih mudah untuk memahaminya.

Kesimpulan

Sekarang, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.  Tanam Mimpi adalah fitur yang membantu investor, khususnya para pemula untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang, salah satunya adalah membeli gadget.

Nikmati berbagai kemudahan berikut dalam mencapai tujuan finansial di masa mendatang:

  1. Tips budgeting beragam tujuan finansial
  2. Top 3 Reksa Dana Performa Terbaik di tanamduit
  3. Reminder investasi rutin otomatis
  4. Pantau progress mimpimu (on-track/off-track)

Tutorial Tanam Mimpi Beli HP

Berikut adalah tutorial membuat mimpi “Beli Gadget” pada fitur Tanam Mimpi:

1. Download tanamduit di Google Playstore atau App Store atau klik di sini  untuk download, lalu daftarkan diri dan lengkapi data dirimu hingga proses verifikasi akun selesai.

2.Setelah verifikasi akun selesai, buka dashboard aplikasi dan pilih mimpi pada bagian “Tanam Mimpi”. Pilih mimpi yang ingin dicapai, contohnya mengumpulkan beli iPhone 14, lalu klik opsi “Gadget”.

pilih mimpi yang ingin dibuat di aplikasi tanamduit

3. Masukkan nominal investasi sesuai kebutuhanmu. Isi juga berapa banyak yang dapat kamu investasikan tiap bulannya.

cara menabung buat beli hp

4. Setelah itu, akan muncul estimasi waktu tercapainya target beli gadget. Untuk mulai investasi dengan Tanam Mimpi, klik “simpan”.

cara menabung buat beli hp (4)

5. Tujuanmu telah berhasil dibuat! Berikut adalah tampilan goals-mu. Klik “mulai investasi” untuk mulai investasi pertamamu.

mulai menabung buat beli hp

6. Setelah itu, akan muncul rekomendasi produk terbaik seperti pada gambar di bawah ini. Untuk melihat pilihan produk lainnya, klik “lihat semua produk”.

rekomendasi produk reksadana terbaik

7. Pilih produk investasi yang kamu inginkan, lalu masukkan nominal investasi sesuai target bulananmu. Kamu juga bisa memasukkan nominal lebih besar agar target investasi lebih cepat tercapai. Klik lanjut.

masukkan nominal transaksi reksadana saat nabung buat beli hp di tanam mimpi

8. Apabila transaksi telah selesai, maka saldo investasi akan muncul pada dashboard aplikasi tanamduitmu seperti tampilan berikut:

transaksi nabung reksa dana di tanam mimpi beli hp berhasil

9. Yeay, investasimu bulan ini sudah on-track! Yuk, rutin “tambah investasi” agar target investasimu bisa tercapai tepat waktu!

transaksi reksadana di tanam mimpi nabung beli hp

10. Kalau sewaktu-waktu kamu lupa berinvestasi rutin, artinya portofolio investasimu off-track dari target yang telah dibuat seperti pada tampilan berikut:

status tanam mimpi off track

Akan tetapi, nggak perlu khawatir! tanamduit telah menyiapkan rekomendasi yang bisa kamu lakukan agar portofoliomu on-track lagi.

rekomendasi tanam mimpi off track

Mulailah mengalokasikan sebagian penghasilanmu ke instrumen reksadana untuk mengoptimalkan dana untuk beli Hp!

Yuk, download aplikasi tanamduitJangan tunda kesempatan mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.

Semakin rutin nabung di reksa dana, semakin cepat impianmu tercapai. Apalagi, ada banyak bonus menarik buat kamu yang rajin nabung reksa dana di aplikasi tanamduit.

Dapatkan bonus s.d. 50 ribu dengan daftar tanamduit menggunakan kode referal “MULAITANAMDUIT”. Klik banner di bawah ini untuk kepoin cara klaim bonusnya!

promo mulaitanamduit bonus 50 ribu

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile