Home » Kamu Boros? Cobain 10 Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat!

Kamu Boros? Cobain 10 Cara Menabung yang Unik dan Bikin Semangat!

oleh | Feb 9, 2022

Sebagian orang beranggapan kalau menabung merupakan hal yang sulit sehingga banyak orang menggagas berbagai cara menabung yang unik dan bikin semangat. Dengan menerapkan salah satu cara unik tersebut, banyak orang terbantu karena kegiatan menabungnya jadi lebih menyenangkan.

Tidak dapat kita pungkiri, kalau salah satu nasihat orang tua yang secara turun-temurun diwariskan kepada anak-anaknya adalah agar anak-anaknya rajin menabung. Oleh karena itu, nggak jarang kalau para orang tua membiasakan anak-anaknya menabung sejak kecil. Meskipun begitu, seiring bertambahnya umur, kebutuhan dan keinginan kita semakin kompleks sehingga rasanya sulit sekali untuk menabung. Akan tetapi, di sisi lain, kita juga perlu melakukannya untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang.

Yuk, simak cara menabung yang unik dan bikin semangat serta temukan cara yang cocok buatmu pada artikel berikut!

1. Menabung di wadah transparan

Salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat adalah dengan menaruh uang tabungan kamu di tempat transparan seperti celengan bening, toples bening, dll. Metode klasik dan sederhana ini terbilang efektif, lho, karena bisa memberikan sugesti lebih kepada kita untuk menyisihkan uang. Secara psikologis, tentu jadi suatu hal yang menyenangkan melihat uang kita terus bertambah dari hari ke hari. Meskipun begitu, kamu harus pintar-pintar menahan diri untuk tidak mengambil uang tabunganmu, ya. Jangan sampai saat melihat uangmu bertambah banyak, jadi muncul keinginan untuk mengambilnya sedikit demi sedikit. Alhasil, bisa jadi gagal total, deh, rencana tabunganmu.

2. Ubah uang receh jadi tabungan

Banyak di antara kita yang sering mengabaikan uang receh, terutama uang logam, karena cukup repot untuk membawanya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa, lho, mengubah kembalian recehmu menjadi tabungan. Kumpulkan uang recehanmu di celengan. Saat celenganmu penuh dengan uang recehan, voila! Kamu bisa menyetorkannya ke tabunganmu di bank bahkan menginvestasikan hasil tabungan recehanmu.

3. Cara menabung unik dengan nominal uang terkecil di dompet

Mata uang rupiah punya beberapa pecahan uang kertas, mulai dari Rp1.000,- hingga yang terbesar Rp100.000,-. Sebagaimana kata pepatah, sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit, kamu bisa menerapkan cara menabung unik satu ini. Kamu bisa rutin mengecek dompetmu dan memasukkan nominal terkecil uang di dompetmu ke dalam tabungan.

4. Menabung sesuai tanggal

Satu bulan rata-rata terdiri dari 30 atau 31 hari. Namun, siapa sangka penanggalan bulanan ternyata bisa kamu jadikan patokan untuk menabung, lho. Mulai dengan nominal kecil di awal bulan, yaitu Rp1.000,- dan ditutup dengan nominal Rp30.000,- atau Rp31.000,- setiap bulannya. Kalau ditotal, hasilnya lumayan banyak, lho. Ini bisa jadi metode menabung yang patut kamu coba.

5. Punya angka favorit? Jadikan tanggal menabungmu!

Ada sebagian orang yang memiliki angka favorit bahkan angka keberuntungan. Buat kamu yang mempercayai hal tersebut, kamu bisa mewujudkan wacana nabungmu jadi kenyataan dengan menabung di tanggal favorit setiap bulannya. Kamu bisa mulai dengan nominal kecil. Baru, deh, setelah terbiasa kamu bisa menambah nominal tabunganmu.

6. Jadikan tabungan sebagai hukuman

Cara menabung unik satu ini mungkin terdengar cukup aneh, tetapi ternyata efektif, lho. Kamu bisa membuat kesepakatan pada teman, saudara, maupun dirimu sendiri atas perbuatan tertentu. Sebagai contoh, kamu bisa membuat kesepakatan dengan teman-teman segeng kamu, untuk setiap kata kasar yang dikeluarkan, mereka wajib membayar Rp5.000,- per kata. Uang tersebut kemudian bisa kalian tabung untuk tujuan bersama seperti liburan bersama, beli barang impian, dan masih banyak lagi.

7. Berlomba-lombalah dalam menabung

Menabung adalah salah satu kebaikan, lho, untuk dirimu di kemudian hari. Kamu bisa bikin target nabung bersama teman-teman kamu. Siapa saja yang berhasil mencapai targetnya terlebih dahulu, akan mendapatkan reward tertentu hasil patungan geng kamu. Sangat seru, bukan?

8. Arisan

Arisan adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komunitas yang penerapannya berbentuk pengumpulan dana pada periode tertentu. Setelah uang terkumpul, barulah akan dilakukan semacam undian, untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan uang tersebut. Siapa pun yang keluar namanya, pada undian bulan berikutnya tidak lagi bisa mengikutsertakan namanya. Orang yang dapat arisan terlebih dahulu juga harus tetap memenuhi kewajibannya untuk mengumpulkan uang sampai periodenya selesai. 

Arisan bisa jadi salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat yang bisa kamu ikuti. Meskipun begitu, tujuan utama dari arisan umumnya adalah untuk menjaga tali silaturahmi, baik dengan keluarga ataupun dengan teman-teman. Jadi, dengan kamu mengikuti arisan, hitung-hitung bisa nabung sekaligus menjaga silaturahmi dengan kerabat terdekat.

9. Menabung acak sesuai tabel

Beberapa waktu lalu, populer cara menabung yang unik dan bikin semangat dengan menggunakan tabel. Misalnya, kamu punya target menabung 5 juta dalam 3 bulan. Kamu bisa memecah nominal tabunganmu menjadi 90 kolom (hari) dan menuliskan nominal acak yang kalau ditotal bisa tercapai targetnya.

10. Upgrade cara menabungmu dengan investasi!

Pada prinsipnya, kegiatan menabung dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu di masa mendatang, sama halnya seperti investasi. Meskipun begitu, terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya, yaitu imbal hasil atau keuntungan. Well, kalau kamu hanya menabung dengan cara tradisional di celengan, targetmu memang akan tercapai, tetapi kamu nggak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Sama halnya dengan menabung di rekening bank. Kamu memang mendapat bunga, tetapi bunga yang kamu dapat tidak sebanding dengan potongan biaya admin bulanan dari bank tersebut. Alhasil, bukannya bertambah, tabunganmu malah berkurang.

Kalau kamu belum pernah mencoba investasi sebelumnya, kamu bisa memulainya dengan investasi reksadana. Reksadana adalah sebuah wadah untuk mengumpulkan dana kolektif dari investor untuk berinvestasi bersama pada produk investasi pasar modal seperti surat berharga, obligasi, dan saham dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Berbeda dengan cara menabung yang unik dan bikin semangat lainnya, menabung pada produk reksadana punya banyak keuntungan, lho. Ini dia keuntungan dari upgrade tabunganmu dengan investasi di reksa dana:

1. Menaruh tabungan di reksa dana bikin uangmu lebih aman

Salah satu keunggulan dengan memindahkan tabungan kita ke dalam produk reksadana adalah uangmu jadi lebih aman, lho. Selain terhindar dari risiko kemalingan celengan, kita jadi berpikir dua kali kalau mau menjual reksadana, karena hasil penjualannya tidak bisa otomatis cair saat itu juga seperti saat kita mengambil uang di bank. Butuh waktu setidaknya satu hari untuk menerima hasil penjualan reksa dana di rekening.

Selain itu reksa dana adalah produk investasi legal, selama produk reksa dana tersebut dikelola oleh perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Nabung di reksa dana itu praktis

Pada era serba cashless seperti sekarang, kita sudah jarang memegang tunai. Hal ini tentu memudahkan kamu untuk menabung dalam bentuk reksa dana. Reksa dana dapat kamu beli pada aplikasi APERD (Agen Penjual Reksa Dana) seperti tanamduit. Jadi, sambil rebahan, pun, kamu bisa nabung sekaligus investasi reksa dana. Praktis banget, kan?

Baca juga: Tutorial Lengkap: Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula

3. Bebas pajak dan biaya admin

Kalau kamu menaruh uang di bank, kamu akan terkena pajak dari bunga tabunganmu dan biaya admin setiap bulannya. Berbeda halnya dengan reksadana, karena produk investasi satu ini bebas pajak dan tidak terkena biaya admin bulanan.

4. Uangmu di reksadana akan bertumbuh, sementara di tabungan tidak

Yes, salah satu perbedaan signifikan dari menabung dan investasi adalah potensi pertumbuhan nilai dana yang kamu investasikan. Sebagai contoh, kamu punya uang Rp10 juta, lalu kita simulasikan dengan menaruhnya pada produk reksa dana pasar uang dan menaruhnya di rekening tabungan bank selama setahun. Berikut tabel simulasinya:

cara-menabung-yang-unik-dan-bikin-semangat

Berdasarkan tabel di atas, kamu dapat melihat perbedaan jelas antara menabung di rekening dengan investasi reksa dana pasar uang. Produk reksa dana pasar uang bisa jadi produk pilihan untuk menaruh uang tabunganmu untuk tujuan keuangan jangka pendek. Kamu bisa mulai investasi reksa dana pertamamu di tanamduit.

Kesimpulan

Selalu ada banyak cara untuk mencapai keinginanmu di masa mendatang, di antaranya adalah dengan menabung dan investasi. Kamu bisa mencoba salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat di artikel ini dan pelan-pelan kamu bisa upgrade tabunganmu dengan investasi reksa dana.

Yuk, mulai investasi reksa dana pertamamu bareng tanamduit! Mulai dari Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa mulai investasi pertamamu, lho. Sangat terjangkau, bukan?

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile