Beranda » belajar » Perencanaan Keuangan » Mau Pergi Healing? Kenali Tips Menabung Untuk Liburan!

Mau Pergi Healing? Kenali Tips Menabung Untuk Liburan!

oleh | Jan 10, 2024

Sebelum merencanakan liburan, ada baiknya kita merencanakan semuanya. Salah satunya adalah perencanaan secara finansial. Salah satu tips menabung untuk liburan adalah dengan menyiapkan uang untuk transportasi, baik itu untuk pulang maupun untuk pergi. 

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk traveling, tentu liburan menjadi suatu hal yang wajib untuk kamu lakukan.

Terutama ketika butuh healing saat sedang penat dengan pekerjaan di ibu kota. Liburan ternyata tidak memerlukan biaya yang cukup mahal, lho, asal kita bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Tips Menabung Untuk Liburan

Mau pergi healing tapi minim budget? Ada banyak cara untuk mengatasinya. Hal paling utama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan liburan. Nah, Kenali tips menabung untuk liburan berikut ini.

  1. Menentukan Tujuan Liburan
  2. Menghitung Semua Biaya yang Kita Butuhkan
  3. Mengumpulkan Budget 
  4. Mulai Rutin Menabung

1. Menentukan Tujuan Liburan

Sebelum pergi liburan, kita tentu harus menentukan destinasinya terlebih dahulu.

Misalnya, di bulan Desember kamu mempunyai rencana untuk pergi ke Bali dari Jakarta. Nah, rencananya kamu ingin berangkat di bulan Juli. Adapun, di Bali kamu akan menginap selama 3 hari 2 malam di hari Jumaat sampai dengan Minggu.

Nah, setelah menentukan tujuan, langkah berikutnya adalah menghitung semua biaya yang kita butuhkan.

2. Menghitung Semua Biaya yang Kita Butuhkan

Beberapa hal yang harus kita perhitungkan ketika ingin pergi liburan adalah transportasi, konsumsi, akomodasi (penginapan), hiburan, dan oleh-oleh. Sebagai contoh, yang dapat kita terapkan adalah sebagai berikut. 

No Rincian Nomininal
1 Tiket Jakarta-Bali PP 3.000.000
2 Hotel 3 hari malam 1.500.000
3 Transportasi dan hiburan 1.000.000
4 Konsumsi 500.000
5 Oleh-oleh 1.000.000
Total: 7.000.000

Berdasarkan perencanaan di atas, dapat kita lihat bahwa total pengeluaran yang kita butuhkan adalah sebesar Rp7.000.000.

Dengan adanya perencanaan seperti di atas, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan budget liburan.  

3. Mengumpulkan Budget

Langkah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan keuangan agar bisa melaksanakan impianmu untuk healing ke Bali.

Misalnya, kamu memiliki penghasilan sebesar 5 juta per bulan. Apabila kamu ingin mengalokasikan danamu sebesar 1 juta tiap bulannya, maka kamu baru bisa mewujudkan mimpimu untuk pergi ke Bali sekitar 7 bulan. 

Nah, berdasarkan jangka waktu kebutuhanmu yang kurang dari 1 tahun, reksa dana pasar uang merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untukmu.

Hal ini karena produk tersebut memiliki risiko yang cukup minim dengan pergerakan yang cenderung stabil naik. 

4. Rutin Menabung

Terus, tips menabung untuk liburan selanjutnya adalah dengan rutin menabung tiap bulannya. Lalu, yang jadi pertanyaannya adalah kita harus mengalokasikan dana liburan di mana? Jawabannya, kamu bisa menggunakan produk reksadana pasar uang di aplikasi tanamduit.

Dengan menggunakan produk reksadana, selain tujuan finansialmu tercapai, kamu bahkan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih.

Misalnya, kamu mengalokasikan danamu tiap bulannya di reksadana pasar uang pada produk Sucorinvest Money Market Fund.

Adapun Nilai Aktiva Bersihnya (NAB) selama setahun terakhir dari aplikasi tanamduit memiliki pertumbuhan 4,02% per tahunnya.

Bulan Menabung Growth/Month Growth Total Growth Percentage
Januari 1.000.000 1.003.044,76  1.003.044,76  0,30%
Februari 1.000.000 1.004.082,53  2.011.222,24  0,56%
Maret 1.000.000 1.002.990,84  3.020.228,33  0,67%
April 1.000.000 1.003.449,36  4.034.095,55  0,85%
Mei 1.000.000 1.003.574,04  5.052.087,60  1,04%
Juni 1.000.000 1.002.576,95  6.067.683,52  1,13%
Juli 1.000.000 1.003.224,88  7.090.475,94  1,29%

Berdasarkan NAB per tanggal 30 Januari tahun 2022, dapat kita lihat bahwa dengan mengalokasikan danamu ke dalam produk Sucorinvest Money Market Fund kamu bisa mendapatkan Rp7.090.475,94

Baca juga: Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik [Update 2024] 

Kesimpulan

Tips menabung untuk liburan yang seru dan terjangkau itu ternyata bukanlah suatu hal yang mustahil, lho.

Kamu bisa merencanakan keuanganmu dan mulai menabung secara rutin. Pastikan kamu menyiapkan alokasi dana tabungan liburan dengan matang di aplikasi tanamduit.

Sekarang, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.  Tanam Mimpi adalah fitur yang membantu investor, khususnya para pemula untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang, salah satunya adalah menyiapkan dana untuk liburan. Misalnya, kamu ingin liburan ke luar negeri.

Nikmati berbagai kemudahan berikut dalam mencapai tujuan finansial di masa mendatang:

  1. Tips budgeting beragam tujuan finansial
  2. Top 3 Reksa Dana Performa Terbaik di tanamduit
  3. Reminder investasi rutin otomatis
  4. Pantau progress mimpimu (on-track/off-track)

Berikut adalah tutorial membuat mimpi “dana liburan” pada fitur Tanam Mimpi:

1. Download tanamduit di Google Playstore atau App Store atau klik di sini untuk download, lalu daftarkan diri dan lengkapi data dirimu hingga proses verifikasi akun selesai.

2. Setelah verifikasi akun selesai, buka dashboard aplikasi dan pilih mimpi pada bagian “Tanam Mimpi”. Pilih mimpi yang ingin dicapai, contohnya mengumpulkan dana liburan, lalu klik opsi “Liburan”.

pilih mimpi yang ingin kamu capai

3. Masukkan nominal investasi sesuai kebutuhanmu. Isi juga berapa banyak yang dapat kamu investasikan tiap bulannya.

cara-menabung-untuk-liburan

4. Setelah itu, akan muncul estimasi waktu tercapainya target liburan ke luar negeri. Untuk mulai investasi dengan Tanam Mimpi, klik “simpan”.

cara-menabung-untuk-liburan

5. Tujuanmu telah berhasil dibuat! Berikut adalah tampilan goals-mu. Klik “mulai investasi” untuk mulai investasi pertamamu.

cara-menabung-untuk-liburan

6. Setelah itu, akan muncul rekomendasi produk terbaik seperti pada gambar di bawah ini. Untuk melihat pilihan produk lainnya, klik “lihat semua produk”.

cara-nabung-buat-liburan

7. Pilih produk investasi yang kamu inginkan, lalu masukkan nominal investasi sesuai target bulananmu. Kamu juga bisa memasukkan nominal lebih besar agar target investasi lebih cepat tercapai. Klik lanjut.

cara-menabung-untuk-liburan

8. Apabila transaksi telah selesai, maka saldo investasi akan muncul pada dashboard aplikasi tanamduitmu seperti tampilan berikut:

cara-menabung-untuk-liburan

10. Yeay, investasimu bulan ini sudah on-track! Yuk, rutin “tambah investasi” agar target investasimu bisa tercapai tepat waktu!

cara-menabung-untuk-liburan

11. Kalau sewaktu-waktu kamu lupa berinvestasi rutin, artinya portofolio investasimu off-track dari target yang telah dibuat seperti pada tampilan berikut:

tampilan saat portofolio kamu off track

Akan tetapi, nggak perlu khawatir! tanamduit telah menyiapkan rekomendasi yang bisa kamu lakukan agar portofoliomu on-track lagi.

rekomendasi-saat-portofolio-mimpi-off track

Mulailah mengalokasikan sebagian penghasilanmu ke instrumen reksadana untuk mengoptimalkan dana liburanmu. Yuk, download aplikasi tanamduitJangan tunda kesempatan mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduit.

Semakin rutin nabung di reksa dana, semakin cepat impianmu tercapai. Apalagi, ada banyak bonus menarik buat kamu yang rajin nabung reksa dana di aplikasi tanamduit.

Dapatkan bonus s.d. 50 ribu dengan daftar tanamduit menggunakan kode referal “MULAITANAMDUIT”. Klik banner di bawah ini untuk kepoin cara klaim bonusnya!

promo mulai tanamduit

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah platform digital untuk berinvestasi berbagai produk reksa dana, SBN, emas, dan asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile