Beranda » belajar » Reksa Dana » Rekomendasi 13 Manajer Investasi Reksadana Terbaik, Catat!

Rekomendasi 13 Manajer Investasi Reksadana Terbaik, Catat!

oleh | Jul 25, 2023

Sebelum mulai investasi, kamu harus mengenali manajer investasi reksadana terbaik agar dapat mencapai tujuan finansial sesuai target.

Kamu dapat mengetahui performa sebuah produk penanaman modal ini dari informasi Nilai Aktiva Bersih (NAB). Dalam hal ini, investor dapat membandingkan besaran dana kelolaan berdasarkan periode tertentu. 

Baca juga: Mengenal Nilai Aktiva Bersih Reksadana + Cara Menghitungnya.

Selain mengamati NAB produk reksadana, kamu juga harus memastikan bahwa manajer investasi (MI) sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK.

Setelah itu, investor dapat memilih produk dengan kinerja yang baik dan sesuai dengan profil risiko investor. 

Aplikasi tanamduit menjadi salah satu aplikasi penyedia layanan investasi reksadana terpercaya yang sudah menyaring MI terbaik yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Yuk, kenali manajer investasi reksadana terbaik melalui melalui daftar rekomendasi berikut ini. 

14 Manajer Investasi Reksadana Terbaik

1. Sucorinvest Asset Management

Sejak 1997, Sucorinvest Asset Management sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. MI berpengalaman ini juga pernah mendapatkan penghargaan Asset management Company of The Year South Asia.

Selain itu, MI ini juga mendapat penghargaan sebagai Asset Management Company of the Year pada  ajang 12th Year Global Banking & Finance Awards 2022. Dana kelolaan manajer investasi ini per akhir Maret 2023 itu sebesar lebih dari Rp31,90 Triliun.

Di aplikasi tanamduit, kamu dapat membeli produk reksadana dari perusahaan aset ini mulai dari produk reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga reksadana saham.

2. Danareksa Investment Management

Manajer Investasi reksadana terbaik selanjutnya adalah Danareksa Investment Management. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang berdiri sejak tahun 1992.

MI ini menjadi pelopor reksa dana pertama di Indonesia, lho. Kamu bisa membeli produk pasar uang, pendapatan tetap, campuran, maupun reksadana saham di aplikasi tanamduit. 

3. Trimegah Asset Management

Pada Januari 2011, PT Trimegah Asset Management berdiri untuk memberikan tingkat likuiditas imbal hasil yang tinggi bagi para investornya. Perusahaan adalah anak perusahaan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Kamu bisa berinvestasi produk Trimegah Kas Syariah yang berisiko rendah atau produk Trimegah Balanced Absolute Strategy yang cocok untuk investor yang siap menghadapi risiko menengah.

4. Syailendra Capital

Sebagai salah satu manajer investasi reksadana terbaik, Syailendra Capital menawarkan beragam produk reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham.

Di tahun 2022, produk Syailendra Equity Opportunity Fund menjadi salah satu produk terbaik. Bahkan, produk ini juga mendapatkan penghargaan sebagai reksadana saham terbaik versi Majalah Investor dan Infovesta dalam periode 10 tahun dengan total aset kelolaan Rp500 miliar–1 Triliun.

Syailendra Capital juga meraih penghargaan sebagai Best Mutual Fund untuk produk Syailendra Dana Kas (SDK) dan Syailendra Pendapatan Tetap Premium (SPTP) di bulan April 2023.

Di samping itu, kamu juga bisa memilih beragam produk Syailendra Capital berupa reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham atau indeks dengan performa yang gak kalah menarik lainnya.

5. UOB Asset Management Indonesia

Perusahaan PT UOB Asset Management Indonesia sudah memiliki izin sebagai manajer investasi dari OJK sejak tahun 2011. UOB Asset Management Indonesia juga bagian dari UOB Group yang berpengalaman lebih dari 30 tahun.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa berinvestasi produk UOBAM ESG Pasar Uang Indonesia dengan risiko rendah, UOBAM Inovasi Obligasi Nasional dengan risiko menengah, dan UOBAM Indeks Bisnis-27 dengan risiko tinggi.

6. Mandiri Manajemen Investasi

Di tahun 1993, PT Mandiri Manajemen Investasi, anak perusahaan PT Mandiri Sekuritas sudah mulai mengelola berbagai portofolio produk penanaman modal. Berdasarkan data per 31 Maret 2023, perusahaan ini memiliki dana kelola sebesar Rp41,80 triliun.

Perusahaan ini juga menawarkan berbagai produk reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham. Ada juga produk konvensional dan syariah. 

7. BNI Asset Management

Salah satu perusahaan efek terbesar di Indonesia, PT BNI Asset Management sudah mengelola portofolio reksadana sejak tahun 1995. Kini, perusahaan ini sudah mengelola lebih dari 80 produk investasi.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mengoptimalkan penghasilanmu melalui produk konvensional ataupun produk syariah. Mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, sampai reksadana saham dan indeks.

8. Bahana TCW Investment Management

MI ini merupakan perusahaan joint venture antara PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dan Trust Company of the West.

Perusahaan Trust Company of the West adalah salah satu perusahaan manajer investasi reksa dana terbaik asal Los Angeles, Amerika Serikat.

Kamu bisa berinvestasi produk RDPU, RDPT, RDC, hingga RDS, lho. Jadi, kamu bisa membeli produk dari Bahana TCW Investment Management sesuai dengan tujuan dan profil risikomu. 

Baca juga: Kenali Profil Risiko Investasi, Kamu Termasuk Tipe Apa?

9. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

BPAM atau PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen adalah perusahaan yang menerbitkan produk reksadana sejak tahun 1996. Berdasarkan data per bulan Maret 2023, dana kelolaan BPAM mencapai Rp39,71 Triliun yang terdiri dari dana individu, yayasan, maupun korporasi.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa mengoptimalkan penghasilanmu ke produk Batavia Dana Kas Maxima atau Batavia Dana Likuid yang berisiko rendah, Batavia Dana Obligasi Ultima atau Batavia Dana Dinamis yang berisiko menengah, dan batavia Dana Saham atau Batavia Dana Saham Syariah yang berisiko tinggi.

10. BNP Paribas Asset Management

BNP Paribas Asset Management, bagian dari PT BNP Paribas Am sudah berdiri sejak 1992 sehingga sudah berpengalaman dalam mengelola portofolio aset investor. Berdasarkan data per Februari 2023, BNP Paribas Asset Management mengelola dana kelolaan sebesar Rp33,48 Triliun.

Bahkan, PT BNP Paribas AM mendapatkan penghargaan sebagai Perusahaan Manajer Investasi Reksa dana terbaik di Indonesia pada ajang Asset Management Company of the Year, Indonesia (2020) dan ESG Asset Management Company of the Year, Indonesia (2020), dan Best Islamic: Fund House (2020) dari Asia Asset Management.

11. Manulife Aset Manajemen Indonesia

Sejak tahun 1996, Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) sudah memiliki izin dan berada di bawah pengawasan OJK. Saat ini, Manulife Aset Manajemen Indonesia mengelola 31 produk reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, atau saham.

Berdasarkan data per Desember 2022, dana kelolaan MI ini sebesar Rp100,4 triliun. Di aplikasi tanamduit, kamu bisa memilih beragam produk Manulife Aset Manajemen Indonesia konvensional ataupun syariah. 

12. Eastspring Investments Indonesia

Salah satu perusahaan manajer investasi reksadana terbaik ini beroperasi di 11 negara Asian serta kantor distribusi di Amerika dan Eropa. Berdasarkan situs resmi Eastspring Investments tanggal 26 April 2023, jumlah dana kelolaan nasabahnya mencapai USD 258 miliar.

Investor bisa mengalokasikan ke produk pasar uang Eastspring Investment Cash Reserve Kelas A, produk pendapatan tetap Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A dan Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A, atau produk RDS Eastspring Investment Value Discovery kelas A.

Jangan khawatir, produk reksadana dari Eastspring Investment Indonesia sudah berizin dan mendapat pengawasan di bawah OJK.

13. Principal Asset Management

Sebelumnya, Principal Asset Management dikenal sebagai PT CIMB-Principal Asset management. Perusahaan ini bekerja sama dengan CIMB Group Holdings Berhad, salah satu grup perbankan yang terkenal se-Asia Tenggara, lho.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa investasi reksadana saham di produk Principal Indeks IDX30 Kelas O dan Principal Total Return Equity Fund Kelas O.

Jika mau mulai investasi reksadana pasar uang dengan risiko rendah, maka pilihlah produk Principal Cash Fund atau Principal Cash Fund Syariah 2. Untuk produk dengan profil risiko menengah, pilihlah produk Principal ITB Niaga atau Principal Pholanthropy Social Impact Bond Fund.

Kesimpulan

Investor harus mengetahui manajer investasi reksadana terbaik agar penanaman modal bisa lebih optimal dan tujuan finansial dapat tercapai. Sekarang, kamu bisa pilih beragam produk dengan performa yang beragam. Kamu bisa mulai mengalokasikan sebagian penghasilanmu ke berbagai produk dari manajer investasi reksadana terbaik di atas di aplikasi tanamduit.

Ada beragam produk reksadana konvensional dan syariah di aplikasitanamduit. tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi reksadana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. 

Jadi, semua orang bisa investasi ke berbagai produk dengan mudah dan aman melalui aplikasi saja. Yuk, download tanamduit sekarang! Dapatkan bonus s.d. 50 ribu dengan daftar tanamduit menggunakan kode referal “MULAIREKSADANA”. Klik banner di bawah ini untuk kepoin cara klaim bonusnya!

promo mulaireksadana bonus s.d. 50rb

tanamduit Team

tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile