Home » Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik [Update 2022]

Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik [Update 2022]

oleh | Feb 21, 2022

Beberapa tahun belakangan, reksadana masih menjadi salah satu opsi paling  menarik bagi para pemula yang baru mulai berinvestasi. Salah satu daya tarik paling besar dari reksadana adalah modal investasinya yang kecil, mulai dari Rp10 ribu saja. Sebagai seorang pemula investasi, pasti ada ketakutan tersendiri terhadap risiko investasi. Makanya, nggak heran kalau reksadana pasar uang menjadi produk yang sangat diminati pemula, karena pertumbuhan nilainya stabil dan risikonya paling rendah. Buat kamu yang berminat berinvestasi pada produk ini, berikut rekomendasi reksadana pasar uang terbaik yang bisa kamu pilih pada tahun 2022!

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang mengalokasikan 100% dana kelolaannya pada produk pasar uang seperti deposito dan surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. Perubahan suku bunga Bank Indonesia (7 Days Repo Rate) akan mempengaruhi imbal hasil dari reksadana pasar uang (RDPU). Produk RDPU memiliki risiko paling rendah dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya sehingga cocok untuk pemula dengan profil risiko konservatif a.k.a. yang masih takut dengan risiko investasi. RDPU bisa jadi alternatif yang jauh lebih menguntungkan daripada tabungan di bank dan deposito. Kamu bisa baca informasi selengkapnya mengenai reksadana pasar uang pada artikel di bawah berikut. 

Baca juga: Apa Itu Reksadana Pasar Uang? Yuk, Kenali Keuntungannya

Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik di tanamduit

Rekomendasi reksadana pasar uang terbaik berikut dipilih berdasarkan performa 1 tahun Top 5 Reksadana Pasar Uang (RDPU) di aplikasi tanamduit (Nilai Aktiva Bersih RDPU per 17 Februari 2022).

1. Sucorinvest Money Market Fund

sucorinvest-money-market-fund

Produk reksadana pasar uang terbaik yang menempati posisi pertama adalah Sucorinvest Money Market Fund. Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) tanggal 17 Februari 2022, pertumbuhan nilai produk ini selama setahun mencapai 5,29%. Total dana kelolaan dari Sucorinvest Money Market Fund mencapai 7,66 Triliun, lho, salah satu yang tertinggi di antara produk RDPU tanamduit lainnya. Produk ini bisa kamu beli mulai dari Rp100 ribu di tanamduit.

2. Sucorinvest Sharia Money Market Fund

sucorinvest-syariah-money-market-fund

RDPU versi syariah dari Sucor Asset Management menempati posisi kedua dengan mencatatkan performa 4,57% selama setahun belakangan. Total dana kelolaan Sucorinvest Sharia Money Market Fund adalah 2,27 Triliun. Berbeda dengan kakaknya, produk ini dapat kamu beli dengan nominal yang lebih terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

3. Syailendra Sharia Money Market Fund

syailendra-syariah-money-market

RDPU dari Syailendra Capital menempati posisi ketiga reksadana pasar uang terbaik untuk performa satu tahunnya. Syailendra Sharia Money Market Fund mencatatkan performa 4,38% selama setahun belakangan. Total dana kelolaannya Rp58,26 Miliar. Kamu dapat membeli produk ini mulai dari Rp50 ribu di tanamduit.

4. Trim Kas 2

reksadana-pasar-uang-terbaiktrim-kas-2

Posisi keempat reksadana pasar uang terbaik ditempati oleh RDPU dari Trimegah Asset Management, yaitu Trim Kas 2. Dalam setahun terakhir, produk ini mencatatkan performa 4,01%. Total dana kelolaan Trim Kas 2 adalah Rp446,43 Miliar. Produk ini dapat kamu beli dengan modal kecil, mulai dari Rp10 ribu saja.

5. Syailendra Dana Kas

syailendra-dana-kas

Produk Syailendra Dana Kas menempati posisi kelima dengan catatan performa 3,98% setahun terakhir. Total dana kelolaannya mencapai Rp3,58 Triliun. Kamu dapat membeli RDPU ini mulai dari Rp10 ribu di tanamduit. 

Reksadana Pasar Uang Terbaik dibandingkan Deposito

Buat kamu yang berencana menyimpan uangmu dalam bentuk deposito, reksadana pasar uang bisa jadi pilihan alternatif yang lebih menguntungkan, lho. Apa saja, ya, keunggulan RDPU daripada deposito? Berikut keunggulan yang harus kamu ketahui!

1. Keuntungan lebih tinggi daripada deposito

Besar imbal hasil yang kamu terima ketika menaruh uang di deposito merupakan kebijakan bank. Jumlahnya bisa naik dan turun sesuai dengan suku bunga BI. Semakin turun suku bunga acuan, semakin turun juga imbal hasil deposito yang kamu dapatkan.

RDPU yang juga berisi produk deposito menawarkan imbal hasil lebih tinggi daripada deposito bank, karena ketika manajer investasi membuka deposito di bank, mereka akan mendapatkan bunga deposito yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan manajer investasi mendepositokan uang dalam jumlah besar.

Berikut simulasi perhitungan imbal hasil RDPU vs Deposito berdasarkan nilai aktiva bersih rata-rata RDPU tanggal 18 Februari 2022.

reksadana-pasar-uang-vs-deposito

2. Tidak membutuhkan modal besar

Salah satu keunggulan telak dari reksadana dari deposito adalah modal awalnya yang sangat terjangkau. Nominal pembelian reksadana cukup beragam, mulai dari Rp10 ribu saja. Kalau kamu berminat menaruh uangmu di deposito, modal yang dibutuhkan cukup besar dan bisa mencapai jutaan, lho. 

3. Reksadana dapat kamu cairkan kapan saja

Reksadana tergolong produk investasi yang likuid, karena mudah dicairkan. Kamu dapat membeli, menambah jumlah reksadana, hingga menjual unit reksadanamu kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi tanamduit. Kamu juga tidak akan terkena biaya penjualan dari reksadanamu. Meskipun begitu, kamu akan terkena biaya transfer apabila bank penampung (bank yang mentransfer hasil penjualan reksadana) tidak sama dengan rekening bank yang kamu daftarkan di tanamduit. 

Berbeda halnya dengan deposito yang biasanya menetapkan tanggal jatuh tempo. Jadi, sewaktu-waktu kamu ingin mencairkan depositomu sebelum jatuh tempo, kamu harus membayar sejumlah denda, karena pencairan lebih awal. Denda yang harus kamu bayar biasanya 2% dari total depositomu.

4. Reksadana bukan objek pajak

Kalau kamu menaruh uangmu dalam bentuk tabungan atau deposito, bank akan mengenakan pajak sebesar 20% dari bunga yang kamu terima. Sementara itu, reksadana bukan merupakan objek pajak.

Baca juga: Pajak Reksadana, Begini Cara Lapor Dalam SPT Pajak!

Berdasarkan simulasi di atas kita dapat melihat bahwa RDPU jauh lebih menguntungkan daripada deposito. Ini bisa jadi pertimbangan tambahan untukmu untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Di antara kelima rekomendasi produk dalam artikel ini, sebagian besar di antaranya butuh modal besar untuk memulainya. Investasi properti, saham, dan obligasi jangka panjang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Buat kamu yang belum memiliki cukup modal untuk memulai investasi pada ketiga jenis tersebut, nggak perlu khawatir!

Reksadana saham dan emas bisa jadi alternatif investasi jangka panjang dengan modal yang sangat terjangkau kalau kita bandingkan dengan yang lain. Di tanamduit kamu bisa berinvestasi reksadana saham dan emas mulai dari Rp10 ribu saja, lebih murah dari harga kopi di kafe, ya?

Kesimpulan

Reksadana pasar uang merupakan produk reksadana dengan risiko paling rendah dan direkomendasikan untuk pemula yang baru mulai berinvestasi. Kalau kamu bingung ketika memilih produk, kamu bisa pilih salah satu produk reksadana pasar uang terbaik di atas. Kamu juga bisa gunakan fitur Top Performance 5 Reksadana di aplikasi tanamduit supaya tetap up to date mengenai rekomendasi produk terbaik.

top-5-rekomendasi-reksadana-pasar-uang-terbaik

Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile