Home » Rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik [Update 2022]

Rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik [Update 2022]

oleh | Mei 10, 2022

Selain reksadana pasar uang (RDPU), reksadana pendapatan tetap (RDPT) juga cukup menarik minat investor pemula, karena menawarkan keuntungan yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan deposito dan produk pasar uang. RDPT adalah produk investasi yang cocok untuk tujuan keuangan jangka menengah (2–5 tahun). Dalam tiga tahun terakhir, reksadana pendapatan tetap terbaik di tanamduit pertumbuhannya mencapai 34,40% berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana tanggal 9 Mei 2022.

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)?

RDPT adalah jenis reksadana yang mengalokasikan 80% dana kelolaannya pada produk surat utang (obligasi) yang jatuh temponya >1 tahun. Imbal hasil dari RDPT dipengaruhi oleh tingkat suku bunga dan nilai tukar Rupiah terhadap USD. Berbeda dengan produk pasar uang yang pertumbuhannya berbanding lurus dengan tingkat suku bunga acuan (7 Days BI Repo Rate), RDPT justru berbanding terbalik, lho. Jika suku bunga acuan mengalami penurunan, harga obligasi mengalami kenaikan. Sebaliknya, kalau suku bunga acuan naik, harga obligasi justru turun.

RDPT dapat kamu cairkan kapan pun, tanpa adanya biaya tambahan. Berbeda dengan deposito, kamu akan dikenakan biaya penalti jika mencairkannya sebelum tanggal jatuh tempo. Kalau dibandingkan dengan reksadana campuran, pertumbuhan RDPT lebih stabil dalam jangka menengah (2–5 tahun).

Yuk, simak 5 rekomendasi RDPT terbaik di tanamduit yang bisa kamu pilih di tahun 2022!

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Pengertian, Risiko, dan Keuntungan

Rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik di tanamduit

Rekomendasi berikut berdasarkan performa 3 tahun Top 5 RDPT di aplikasi tanamduit (NAB tanggal 9 Mei 2022).

1. Sucorinvest Bond Fund

rdpt-terbaik-sucor

Posisi pertama RDPT terbaik di tanamduit ditempati oleh produk dari Sucorinvest Asset Management, yaitu Sucorinvest Bond Fund. Produk ini mencatatkan pertumbuhan 34,40% tiga tahun terakhir. Total dana kelolaannya mencapai Rp740,52 Miliar. Kamu bisa membeli Sucorinvest Bond Fund mulai dari Rp100 ribu di tanamduit.

2. Danareksa Melati Pendapatan Utama

reksadana-pendapatan-tetap-terbaik-danareksa-melati-pendapatan-tetap

Danareksa Melati Pendapatan Utama menempati posisi kedua RDPT terbaik dengan total pertumbuhan 25,57% dalam 3 tahun terakhir. Total dana kelolaannya sebesar Rp162,77 Miliar. Minimum pembeliannya mulai dari Rp100 ribu juga, lho.

3. Eastspring Syariah Fixed Income Amanah

reksadana-pendapatan-tetap-terbaik-eastspring-syariah

Posisi ketiga ditempati oleh produk syariah dari Eastspring Investments Indonesia, yaitu Eastspring Syariah Fixed Income Amanah. RDPT satu ini mencatatkan pertumbuhan 25,11% dalam 3 tahun terakhir. Total dana kelolaannya mencapai Rp774,80 Miliar. Berbeda dengan Top 5 RDPT lainnya, minimum pembelian dari produk ini jauh lebih terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

4. Bahana MES Syariah Fund Kelas G

rdpt-terbaik-bahana

Produk RDPT dari Bahana TCW Investment Management menempati posisi keempat RDPT terbaik dengan pertumbuhan 25% dalam tiga tahun terakhir. Total dana kelolaan mencapai 237,06 Miliar. Kamu dapat membeli produk ini di tanamduit mulai dari Rp100 ribu.

5. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

rdpt-terbaik-eastpring-fixed-income

Produk RDPT lain dari Eastspring Investments yang masuk dalam Top 5 di tanamduit adalah Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A. Produk ini mencatatkan pertumbuhan 23,22% dalam tiga tahun. Kamu bisa berinvestasi produk ini dengan nominal terjangkau juga, mulai dari Rp10 ribu.

Keunggulan Keunggulan RDPT

Berikut beberapa keunggulan dari investasi pada RDPT yang perlu kamu ketahui.

1. Risiko Lebih Rendah dari Reksadana Saham (RDS)

Produk RDPT masuk ke dalam kategori risiko menengah (moderat), artinya risikonya tidak setinggi RDS. Perubahan harga per unit RDPT jauh lebih stabil dari RDS dalam jangka 2–5 tahun. Jadi, kalau kamu punya tujuan jangka menengah, produk satu ini bisa jadi opsi yang lebih menarik dari deposito dan RDPU.

Baca juga: RDPU vs RDPT Mana Lebih Untung? Ketahui Perbedaan Keduanya!

2. Imbal Hasil Lebih Tinggi dari Deposito dan RDPU

Untuk investasi jangka menengah, imbal hasil dari RDPT lebih tinggi dari deposito dan RDPU. Sebagai contoh salah satu RDPU terbaik di tanamduit dalam tiga tahun pertumbuhannya hanya 19,39%, sementara RDPT terbaik bisa mencapai 34,40%. Namun, perlu kamu ingat bahwa instrumen investasi ini pertumbuhannya memang tidak sestabil RDPU, karena prinsipnya medium risk, medium return. 

3. Double Untung dari Capital Gain dan Dividen

Dengan berinvestasi pada RDPT, kamu bisa mendapatkan keuntungan double, lho! Selain dari kenaikan harga reksadana (capital gain), ada beberapa produk RDPT yang secara berkala membagikan dividen, baik berupa tambahan unit reksadana, atau dalam bentuk tunai yang ditransfer ke rekening pribadimu.

Kesimpulan

Reksadana pendapatan bisa jadi produk investasi jangka menengah yang cukup menguntungkan daripada RDPU dan deposito. Kamu juga bisa berinvestasi RDPT dengan nominal yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

Buat kamu yang bingung mau pilih reksadana pendapatan terbaik, kamu bisa mengecek secara berkala fitur Top 5 Reksadana di aplikasi tanamduit supaya tetap up-to-date mengenai rekomendasi mengenai rekomendasi RD terbaik.

reksadana-pendapatan-terbaik-di-tanamduit

Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile