Home » 5 Rekomendasi Reksadana Saham Terbaik [Update 2022]

5 Rekomendasi Reksadana Saham Terbaik [Update 2022]

oleh | Feb 21, 2022

Reksadana saham adalah salah satu rekomendasi investasi jangka panjang yang menawarkan keuntungan tinggi. Dalam lima tahun terakhir, imbal hasil salah satu reksadana saham terbaik di tanamduit mencapai 83,69% berdasarkan data nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana tanggal 18 Februari 2022. Buat kamu yang masih pemula dan punya tujuan investasi jangka panjang (>5 tahun), reksadana saham bisa jadi pilihan investasi yang menguntungkan, lho, karena kamu nggak perlu bingung untuk memilih saham dan menganalisisnya satu per satu.

Simak rekomendasi reksadana saham terbaik untuk kamu pilih pada tahun 2022!

Apa Itu Reksadana Saham?

Reksadana saham (RDS) adalah reksadana yang mengalokasikan minimal 80% dana kelolaannya pada produk saham. Manajer investasi mengelola produk reksadana dengan cara membeli dan menjual saham. Keuntungan dan kerugian didapat dari kenaikan maupun penurunan harga saham. Produk ini cocok untuk tujuan investasi jangka panjang (>5 tahun), karena dalam jangka pendek nilainya sangat volatile a.k.a. naik-turun. RDS bisa jadi alternatif buat kamu yang mau berinvestasi saham, tetapi belum memiliki modal besar atau kemampuan analisis saham. RDS dapat kamu beli dari nominal yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja. Kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai RDS melalui artikel berikut: Reksadana Saham: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Rekomendasi Reksadana Saham Terbaik di tanamduit

Rekomendasi reksadana saham terbaik berikut berdasarkan performa 5 tahun Top 5 RDS di aplikasi tanamduit (Nilai Aktiva Bersih RDS per 18 Februari 2022).

1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

reksadana-saham-terbaik-sucorinvest-sharia-equity-fund

Posisi pertama reksadana saham terbaik ditempati oleh produk RDS syariah dari Sucor Asset Management, yaitu Sucorinvest Sharia Equity Fund. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mencatatkan pertumbuhan nilai sebesar 83,69%. Total dana kelolaan dari produk Sucorinvest Sharia Equity Fund adalah Rp665,06 Miliar. Kamu dapat membeli produk RDS ini mulai dari nominal Rp100 ribu di tanamduit.

2. Sucorinvest Maxi Fund

sucorinvest-maxi-fund

RDS terbaik kedua di tanamduit adalah Sucorinvest Maxi Fund. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mampu bertumbuh senilai 68,82%. Total dana kelolaan produk ini adalah Rp260,73 Miliar. Kamu dapat membeli produk ini mulai dari Rp100 ribu.

3. Sucorinvest Equity Fund

reksadana-saham-terbaik-sucorinvest-equity-fund

Produk dari Sucor AM masih mendominasi tiga besar reksadana saham terbaik di tanamduit, yaitu Sucorinvest Equity Fund. Berdasarkan NAB tanggal 18 Februari 2022, performa produk ini mencapai 52,79% dalam lima tahun terakhir. Total dana kelolaan produk ini mengungguli dua produk RDS Sucor AM lainnya, karena totalnya mencapai Rp2,15 Triliun. Kamu dapat membeli produk ini mulai dari Rp100 ribu.

4. Manulife Saham Andalan

manulife-saham-andalan

Produk RDS dari Manulife Aset Manajemen Indonesia menempati posisi keempat. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mencatatkan pertumbuhan nilai sebesar 36,39%. Total dana kelolaan dari Manulife Saham Andalan paling tinggi di antara Top 5 RDS di tanamduit lainnya, karena mencapai Rp3,13 Triliun. Produk ini dapat kamu beli mulai dari Rp100 ribu.

5. Eastpring Investments Value Discovery

reksadana-saham-terbaik-eastspring-investments-value

Produk Eastspring Investments Value Discovery Kelas A menempati posisi kelima RDS terbaik di tanamduit. Dalam lima tahun terakhir, produk ini nilainya tumbuh sebesar 21,25%. Total dana kelolaan produk ini mencapai Rp2,97 Triliun. Produk RDS dari Eastspring ini dapat kamu beli mulai dari nominal paling terjangkau, hanya Rp10 ribu saja.

Reksadana Saham Terbaik dibandingkan Saham

Ada beberapa keunggulan dari RDS dibanding saham yang bisa jadi pertimbanganmu sebelum mulai berinvestasi.

1. Nominal investasi lebih terjangkau

Berinvestasi RDS dapat kamu mulai dari nominal yang sangat kecil, yaitu Rp10 ribu. Berbeda halnya dengan investasi saham yang minimum pembeliannya 1 lot atau 100 lembar. Harga satu lotnya juga cukup bervariasi, tergantung harga per lembarnya. 

2. Tidak perlu menganalisis lebih mendalam, baik fundamental maupun teknikal suatu saham

Salah satu alasan mengapa reksadana saham terbaik bagi pemula adalah karena RDS dikelola langsung oleh ahlinya, yaitu manajer investasi. Manajer investasilah yang akan menganalisis dan memutuskan saham mana yang akan dia beli dan jual. Jadi, kamu nggak perlu pusing pilah-pilih yang bagus, karena manajer investasi telah mengemban tugas tersebut.

3. Risiko investasi lebih rendah

Investasi saham secara langsung memiliki risiko yang lebih tinggi daripada berinvestasi RDS, terlebih kalau kamu nggak punya kemampuan analisis teknikal dan fundamental emiten (perusahaan). Misalnya kamu secara tidak sengaja berinvestasi dengan nominal besar pada saham gorengan dan harganya sewaktu-waktu anjlok, kamu bisa mengalami kerugian besar, bahkan kebangkrutan. RDS adalah solusi terbaik bagi kamu yang masih pemula dan ingin berinvestasi saham dengan risiko lebih minim, karena keputusan investasi langsung di tangan ahlinya.

4. Bebas Pajak

Salah satu keunggulan dari reksadana, apapun jenisnya adalah imbal hasilnya bebas dari pajak. Hal ini berbeda dengan saham yang mengenakan pajak sebesar 0,1% saat kamu melakukan penjualan. Selain itu, dividen yang kamu terima juga akan kena pajak sebesar 10%.

5. Otomatis Diversifikasi Investasi ke Saham Terbaik

Diversifikasi investasi adalah strategi investasi untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko investasi. Berinvestasi pada RDS berarti secara tidak langsung kamu berinvestasi pada beberapa saham terbaik pilihan manajer investasi sekaligus. Manajer investasi akan aktif menyusun strategi dan membeli yang terbaik, serta menjual saham yang performanya kurang baik.

Kesimpulan

RDS bisa jadi alternatif menguntungkan bagi pemula investasi yang punya tujuan keuangan jangka panjang. Nominal investasi yang lebih terjangkau serta risiko lebih rendah daripada investasi saham secara langsung menjadi keunggulan yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih produk ini sebagai alternatif investasi jangka panjangmu.

Buat kamu yang bingung memilih produk reksadana saham terbaik, kamu bisa secara berkala mengecek fitur Top 5 Reksadana di tanamduit supaya tetap up to date mengenai rekomendasi produk reksadana terbaik di tanamduit.

top-5-reksadana-saham-terbaik

Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile