Home » Catat! 5 Rekomendasi Reksadana Campuran Terbaik [Update 2022]

Catat! 5 Rekomendasi Reksadana Campuran Terbaik [Update 2022]

oleh | Apr 22, 2022

Reksadana campuran adalah salah satu rekomendasi investasi jangka menengah hingga panjang yang menawarkan keuntungan lebih tinggi daripada dengan reksadana pendapatan tetap. Dalam tiga tahun terakhir, imbal hasil salah satu reksadana campuran terbaik di tanamduit mencapai 66,41% berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana tanggal 20 April 2022. Buat kamu yang punya tujuan investasi jangka menengah hingga panjang (2–5 tahun), reksadana campuran bisa jadi pilihan menarik dan menguntungkan.

Yuk, simak rekomendasi reksadana campuran terbaik di tanamduit yang bisa kamu pilih di tahun 2022!

Apa Itu Reksadana Campuran (RDC)?

RDC adalah jenis reksadana yang portofolio investasinya manajer investasi alokasikan 1–79% pada produk saham atau surat berharga/utang dan 0–20% pada deposito bank. Produk ini punya potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada jenis reksadana menengah lainnya, yaitu reksadana pendapatan tetap. Bagi kamu yang punya tujuan investasi jangka menengah hingga panjang dan belum memiliki keberanian untuk berinvestasi saham maupun reksadana saham, kamu bisa coba mulai berinvestasi pada jenis reksadana satu ini.

Rekomendasi Reksadana Campuran Terbaik di tanamduit

Rekomendasi RDC terbaik berikut berdasarkan performa 3 tahun Top 5 RDC terbaik di aplikasi tanamduit (NAB tanggal 20 April 2022).

1. Sucorinvest Citra Dana Berimbang

sucor-flexi-fund

Posisi pertama RDC terbaik di tanamduit ditempati oleh produk dari Sucorinvest Asset Management, yaitu Sucorinvest Citra Dana Berimbang. Dalam tiga tahun terakhir, produk ini mencatatkan pertumbuhan nilai yang sangat impresif, mencapai 67,50%. Total dana kelolaan dari Sucorinvest Citra Dana Berimbang sebanyak Rp140,73 Miliar. Kamu dapat membeli RDC satu ini mulai dari Rp100 ribu.

2. Sucorinvest Flexi Fund

reksadana-campuran-terbaik-sucor

Menyusul produk Sucor sebelumnya, Sucorinvest Flexi Fund menempati posisi kedua terbaik di tanamduit. Produk ini berhasil mencatatkan pertumbuhan nilai mencapai 42,99% dalam tiga tahun terakhir. Total dana kelolannya lebih tinggi, yaitu Rp292,10 Miliar. Kamu bisa membeli RDC ini mulai dari Rp100 ribu.

3. Syailendra Balanced Opportunity Fund Kelas A

syailendra-balanced-fund

Peringkat keempat ditempati oleh produk dari Batavia Prosperindo Aset Manajemen yang bernama Batavia Dana Dinamis. Dalam tiga tahun terakhir, RDC Batavia Dana Dinamis mencatatkan pertumbuhan sebesar 36,5%. Total dana kelolaannya lebih tinggi daripada tiga produk sebelumnya, mencapai Rp442,22 Miliar. Produk ini dapat kamu beli dengan minimum pembelian yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

4. Batavia Dana Dinamis

reksadana-campuran-terbaik-batavia

Peringkat keempat ditempati oleh produk dari Batavia Prosperindo Aset Manajemen yang bernama Batavia Dana Dinamis. Dalam tiga tahun terakhir, RDC Batavia Dana Dinamis mencatatkan pertumbuhan sebesar 17,02%. Total dana kelolaannya lebih tinggi daripada tiga produk sebelumnya, mencapai Rp442,22 Miliar. Produk ini dapat kamu beli dengan minimum pembelian yang sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja

5. TRIM Kombinasi 2

Produk terakhir yang masuk ke dalam lima RDC terbaik di tanamduit berasal dari Trimegah Asset Management, yaitu TRIM Kombinasi 2. TRIM Kombinasi 2 mencatatkan pertumbuhan 14,00% dalam tiga tahun terakhir. Total dana kelolaannya sebesar Rp27,60 Miliar. TRIM Kombinasi 2 dapat kamu beli mulai dari Rp100 ribu.

Keunggulan Reksadana Campuran

Berikut beberapa keunggulan dari investasi pada reksadana campuran yang perlu kamu ketahui.

1. Instrumen Investasi Menyesuaikan Kondisi Pasar

Saat berinvestasi pada RDC, otomatis kamu berinvestasi pada banyak instrumen investasi sekaligus a.k.a. diversifikasi yang berisi saham atau obligasi dan produk pasar uang seperti deposito. Kebijakan portofolio investasi RDC juga biasanya lebih fleksibel. Ketika harga-harga saham sedang mengalami penurunan, manajer investasi (MI) bisa mengatur strategi alokasi dana kelolaan pada produk obligasi dan pasar uang. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jadi, risiko investasi dapat diminimalisir.

2. Tidak Perlu Analisis Secara Mendalam Semua Produk Investasi

Sebagai produk investasi yang portofolionya berisi berbagai macam instrumen, RDC tidak membutuhkan effort lebih dari investor untuk memilih sendiri produk dan menganalisisnya. Segala sesuatunya menjadi tugas dari MI. Kamu dapat mengecek secara berkala isi portofolio investasi produk reksadanamu melalui Fund Fact Sheet yang bisa kamu akses melalui aplikasi tanamduit.

3. Keuntungan Lebih Tinggi

Kebijakan investasi RDC yang fleksibel memungkinkan MI untuk menempatkan sebagian besar portofolio pada instrumen saham guna memberikan pertumbuhan nilai dan imbal hasil yang lebih tinggi daripada RDPT. Dengan banyaknya porsi portofolio pada instrumen saham, maka harga RDC lebih fluktuatif dalam jangka pendek. Oleh karena itu, untuk mendapatkan imbal hasil optimal, butuh waktu sekitar 3–5 tahun.

Kesimpulan

Reksadana campuran bisa jadi opsi menarik bagi kamu yang punya tujuan keuangan jangka menengah hingga panjang. Dengan terdiversifikasinya isi portofolio investasi RDC, keuntungan bisa jadi lebih optimal dan meminimalisir risiko investasi. Nominal minimal investasi dari RDC juga cukup terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja.

Buat kamu yang bingung mau pilih produk reksadana campuran terbaik, kamu bisa mengecek secara berkala fitur Top 5 Reksadana di tanamduit supaya tetep up to date mengenai rekomendasi produk RD terbaik di tanamduit.

reksadana-terbaik-di-tanamduit

Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile