Beranda » belajar » Surat Berharga Negara » Siap-siap Beli, Ketahui 6 Keuntungan Investasi ORI022!

Siap-siap Beli, Ketahui 6 Keuntungan Investasi ORI022!

oleh | Okt 9, 2023

Hari ini, tepatnya 26 September 2022 Surat Berharga Negara (SBN) seri ORI022 telah resmi terbit. Masa penawarannya mulai dari 26 September s.d. 20 Oktober 2022. Obligasi Negara Ritel adalah salah satu jenis SBN yang cukup menarik minat masyarakat, karena menawarkan kupon atau imbal hasil tetap (fixed rate) dan bersifat tradable. Artinya, kamu dapat memperjualbelikan kembali kepemilikan ORI di pasar sekunder. Yuk, ketahui lebih lanjut keuntungan investasi ORI022 pada artikel berikut!

Apa Itu Obligasi Negara Ritel (ORI)?

Obligasi negara ritel (ORI) adalah salah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang pemerintah terbitkan dan dapat masyarakat ritel beli saat masa penawaran. SBN ritel dikenal sebagai instrumen investasi yang aman, terjangkau, serta mendapat jaminan langsung oleh negara.

Kupon (imbal hasil) dari ORI adalah tetap (fixed rate), artinya kuponnya tetap dari awal sampai jatuh tempo. Misalnya, ORI021 kemarin kuponnya adalah 4,90% per tahunnya. Tenor investasi jenis SBN satu ini adalah tiga tahun.

Keuntungan Investasi ORI022

ORI022 adalah seri SBN ritel yang akan pemerintah RI terbitkan dalam waktu dekat ini. Tujuan penerbitannya adalah membuka kesempatan seluas-luasnya pada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara. Obligasi Negara Ritel punya banyak keunggulan yang bisa jadi pertimbangan untukmu!

1. Imbal Hasil dan Pokok Investasi Dapat Jaminan Langsung Negara

Sebagaimana jenis SBN lainnya, pemerintah menjamin kupon dan pokok investasinya sesuai dengan aturan Undang-undang mengenai Surat Utang Negara (SUN). Selain itu, pemerintah juga menyiapkan kupon/imbal hasil ini dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tiap tahunnya, lho. Oleh karena itu, ORI022 bisa jadi alternatif investasi paling aman dengan risiko gagal bayar rendah.

2. Kupon Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

Setiap penawaran produk SBN, pemerintah biasanya menawarkan imbal hasil yang relatif lebih tinggi dari bunga deposito bank. Dengan pajak SBN yang hanya 10%, kupon bersih yang investor terima tentu lebih tinggi. Berikut adalah simulasi perhitungan ORI022 vs Deposito untuk kamu jadikan sebagai acuan.

keuntungan-ori-022-vs-deposito

3. Kupon Dibayarkan Setiap Bulan

Kupon dari ORI022 akan pemerintah bayarkan langsung ke rekeningmu yang terdaftar setiap bulannya. Terlebih lagi, jenis kupon dari ORI adalah fixed rate, jadi jumlah imbal hasil yang kamu terima akan sama setiap bulannya sampai jatuh tempo nanti.

4. Potensi Keuntungan Lebih dari Capital Gain

Keuntungan investasi ORI022 selanjutnya adalah adanya potensi capital gain. Sifat ORI yang tradable membuat produk ini dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder sebelum masa jatuh tempo. 

Kalau harga jualnya lebih tinggi dari harga beli, kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan belinya (capital gain). Namun, kamu juga berpotensi alami kerugian, kalau harga jual ORI lebih rendah dari harga belinya.

5. Transaksi Praktis & Mudah

Investor dapat membeli ORI022 secara online saat masa penawaran kapan pun dan di mana pun melalui mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Salah satu mitra distribusi yang Kemenkeu tunjuk sejak awal perilisan SBN secara digital adalah tanamduit. 

Download tanamduit sekarang untuk membuka rekening SBN kamu agar bisa langsung membeli saat masa penawarannya! Kamu bisa baca artikel cara beli SBN di tanamduit melalui artikel berikut: Tutorial Lengkap, Cara Beli SBN Untuk Pemula [Update 2022]

6. Bentuk Kontribusi Terhadap Pembangunan Negara

Keuntungan investasi ORI022 yang tidak kalah menarik adalah investor dapat sekaligus berpartisipasi langsung dalam pembiayaan pembangunan negara. Pasca pandemi Covid-19, pemerintah membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi penting dalam pemulihan perekonomian nasional.

Kesimpulan

Investasi SBN bagi masyarakat ritel merupakan pilihan tepat bagi mereka yang berinvestasi pada instrumen aman, rendah risiko, dan dapat jaminan langsung negara. Semoga keenam keuntungan investasi ORI022 di atas bikin kamu makin yakin untuk berinvestasi SBN, ya.

SBN seri ORI024 (ORI024-T3& ORI024-T6) dengan jenis kupon tetap (fixed rate) 6,10% dan 6,35% per tahun resmi rilis. Kamu dapat membelinya pada masa penawaran 9 Oktober-2 November 2023. Kamu juga berkesempatan memperoleh promo menarik dengan berinvestasi ORI024 di tanamduit, lho!

Yuk, investasi ORI024 dengan download tanamduit sekarang! tanamduit telah menjadi mitra distribusi yang telah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal perilisan SBN secara online tahun 2018.

promo ORI024 tanamduit

Cara Beli SBN
Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembelian SBN, di antaranya:
1. Download aplikasi tanamduit dan registrasi akun tanamduit.
2. Klik menu “SBN” pada dashboard aplikasi tanamduit, lalu klik produk yang sedang dalam masa penawaran.
3. Buat rekening SBN.
4. Setelah pembuatan rekening SBN berhasil, ulangi langkah kedua dan selesaikan pembayaran

    tanamduit Team

    tanamduit Team

    tanamduit adalah penyedia layanan investasi reksa dana, emas, SBN, dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

    banner-download-mobile