Home » Mengenal Obligasi Negara Ritel Seri ORI020 dan 5 Keuntungannya

Mengenal Obligasi Negara Ritel Seri ORI020 dan 5 Keuntungannya

oleh | Okt 18, 2021

Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kelima yang dikeluarkan oleh pemerintah di tahun 2021. SBN Ritel adalah salah satu produk investasi yang ditawarkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Instrumen investasi ini merupakan jenis investasi yang aman, terjangkau, mudah, dan menguntungkan. Seperti SBN Ritel lainnya, investasi ORI020 dapat menjadi bentuk dukungan investor dalam pembiayaan pembangunan nasional. Seluruh dana hasil penerbitan ORI020 bertujuan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN tahun 2021 dan perubahannya (jika ada) beserta dampak pandemi COVID-19. Pemerintah mulai membuka penawaran investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 tanggal 4 Oktober hingga 21 Oktober 2021.

Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, pemerintah menetapkan kupon ORI020 sebesar 4,95 persen per tahun yang akan dikenakan pajak senilai 10 persen. Jadi, investor akan mendapatkan imbalan bersih ORI020 sebesar 4,455 persen per tahun. Hasil penjualan ORI020 akan menjadi bagian dalam sumber pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Mulai dari investasi 1 juta rupiah, kamu bisa mulai investasi ORI020 sekaligus terlibat dalam pembangunan negara. Selain itu, apa saja keuntungan investasi ORI020? Yuk, kenali ORI020 dan 5 keuntungannya! 

Baca juga: Jangan Sampai Nggak Tahu, Kenali Istilah-Istilah Ini Sebelum Kamu Investasi SBN!

Keuntungan Investasi Obligasi Negara Ritel seri ORI020

1. Dijamin oleh Undang-undang

Pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh Undang-undang SUN. Selain itu, APBN setiap tahun menyediakan dana pembayaran kupon. Investasi ORI020 ini paling aman dan tidak memiliki risiko gagal bayar, lho!

2. Kupon lebih Tinggi daripada Deposito Bank

Saat diterbitkan, ORI020 memiliki penawaran kupon lebih tinggi tinggi daripada rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Sejak 30 Agustus 2021, pemerintah mengenakan pajak ORI020 sebesar 15 persen. Dalam hal ini, pajak ORI020 lebih kecil daripada pajak deposito yang ditetapkan sebesar 20 persen.

3. Investasi Mudah dan Praktis

Investor dapat melakukan transaksi investasi ORI020 melalui sistem elektronik. Selain itu, informasi harga di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi wajar. Di aplikasi tanamduit, kamu juga bisa melakukan transaksi pembelian ORI020 dengan mudah, praktis, dan aman.

4. Imbal Hasil Investor setiap Bulan

Kupon ORI020 memiliki tingkat bunga tetap sampai waktu jatuh tempo. Investor dapat membayar kupon setiap bulan. Selain itu, investor memperoleh imbal hasil rutin yang akan dikirimkan secara langsung ke rekening investor setiap bulan.

5. Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan Negara

Selain berinvestasi, investor SBN ritel juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara dalam kurun waktu tertentu. Di samping itu, investor juga memperoleh kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembiayaan pembangunan negara melalui investasi SBN Ritel ORI020.

Baca juga: Siapa Bilang Investasi Surat Berharga Negara Nggak Untung? Ini Dia 5 Keuntungannya!

Perbandingan Obligasi Negara Ritel Seri ORI020 vs Deposito

perbandingan-ori020-vs-deposito

ori-vs-deposito

Cara beli Obligasi Negara Ritel seri ORI020 di tanamduit

1. Buka aplikasi tanamduit

2. Pilih produk ORI020

investasi-sbn-ritel

3. Lanjutkan pembayaran

tanamduit sebagai salah satu aplikasi finansial digital terpercaya yang menyediakan berbagai instrumen investasi juga menyediakan layanan investasi SBN Ritel. tanamduit merupakan mitra terpercaya Kementrerian Keuangan Republik Indonesia (KEMENKEU RI) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) dalam mendistribusikan SBN. Investasi ORI020 mudah dan praktis, bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, download palikasi tanamduit dan mulai investasi ORI020 sekarang!

 Penulis: Hani Nastiti

 

 

banner-download-mobile