Beranda » belajar » Surat Berharga Negara » Apa Itu Surat Utang Negara? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Apa Itu Surat Utang Negara? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

oleh | Feb 16, 2024

Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga atau obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk alokasi kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Lalu, siapa yang bisa membeli SUN? Semua masyarakat Indonesia bisa membeli SUN. Transaksi pembelian pun bisa berlangsung secara online melalui mitra distribusi resmi yang ditunjuk langsung oleh Kemenkeu RI.

SUN menjadi salah satu instrumen investasi yang dapat masyarakat optimalkan untuk investasi jangka menengah. Selain investasi, masyarakat investor juga bisa sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan negeri. Instrumen ini termasuk salah satu efek yang tercatat di Bursa.

Dimana bisa beli surat utang negara? Kamu bisa membeli SUN di pasar primer dan pasar sekunder secara online.

Selain itu, kamu juga bisa membeli produk SUN di aplikasi tanamduit saat masa penawaran berlangsung. Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) mempercayakan tanamduit sebagai mitra distribusi obligasi negara.

Baca juga: Tutorial Lengkap: Cara Beli SBN Untuk Pemula [Update 2022]

Jenis Surat Utang Negara (SUN)

Berdasarkan Undang-undang No. 24 Tahun 2022, SUN terdiri dari Surat Perbendaharaan Negara dan Obligasi Negara. Lalu, apa saja yang termasuk SUN? Berikut penjelasannya.

1. Obligasi Negara 

Obligasi Negara adalah SUN dengan jangka waktu lebih dari 12 bulan dengan pembayaran bunga berupa kupon secara diskonto.

Dalam hal ini, obligasi negara memiliki dua jenis antara lain Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Saving Bond Ritel (SBR). Kedua produk ini serupa dengan deposito. Namun, imbal hasilnya cenderung lebih optimal daripada deposito.

Baca juga: Mengenal Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Keuntungannya

2. Surat Perbendaharaan Negara

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) adalah SUN yang memiliki jangka waktu sampai dengan 12 bulan dengan pembayaran bunga diskonto. 

Manfaat Surat Utang Negara

Produk SUN memiliki berbagai manfaat bagi negara dan investor. Berikut merupakan manfaat yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi SUN.

Bagi Negara

1. Biaya Kebutuhan Anggaran

Pemerintah pusat memiliki kewenangan menerbitkan SUN untuk memenuhi kebutuhan anggaran negeri. Obligasi ini juga dapat menutup kekurangan kas jangka pendek negeri.

2. Menutup Defisit APBN

Selain menutup kas jangka pendek, pemerintah RI menerbitkan SUN dalam rangka menutup defisit APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Untuk itu, pemerintah membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia berkontribusi dalam pembangunan negeri.

3. Mengelola Portofolio Utang Negara

Setelah mendapatkan persetujuan DPR dan konsultasi dengan Bank Indonesia, pemerintah berkewenangan untuk menerbitkan SUN.

Pemerintah akan merencanakan struktur portofolio optimal untuk pengembangan infrastruktur dan institusi pasar SUN.

Bagi Investor 

1. Investasi Rendah Risiko

Produk SUN menjadi instrumen investasi yang hampir tidak memiliki risiko gagal bayar. Hal ini karena pemerintah RI menjamin pembayaran kupon atau imbal hasil investor melalui Undang–undang SUN. 

Oleh sebab itu, instrumen investasi ini cocok sekali bagi para investor pemula yang ingin mengoptimalkan sebagian penghasilan dalam jangka menengah.

2. Imbal Hasil Optimal

Investor bisa memiliki potensi imbal hasil optimal dalam jangka menengah. Besaran imbal hasil ini juga mengacu pada suku bunga acuan.

Jika kamu berinvestasi produk ORI, maka imbal hasil/kupon bersifat fixed rate hingga masa jatuh tempo. 

Di samping itu, produk SBR memiliki kupon floating with floor sehingga ada potensi kenaikan kupon saat suku bunga acuan mengalami kenaikan selama periode investasi.

Beban pajak kupon SUN juga cenderung lebih rendah daripada deposito. Jadi, imbal hasil yang investor terima bisa lebih optimal hingga masa jatuh tempo.

Baca juga: Apa Itu Suku Bunga Acuan? Inilah Pengertian dan Fungsinya

3. Bisa Menjadi Agunan 

Produk SUN bisa menjadi agunan atau jaminan ke pihak lain. Jaminan ini berlaku dalam pengajuan pinjaman bank umum, lembaga keuangan, atau transaksi efek. Namun, pengajuan agunan ini mengacu pada ketentuan yang berlaku di masing-masing pihak.

Kesimpulan

Surat Utang Negara adalah surat berharga berupa obligasi yang pemerintah RI keluarkan untuk membiayai kebutuhan negara.

Pemerintah membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan Indonesia. Jenis SUN antara lain Obligasi Negara dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN).

Manfaat SUN adalah memenuhi biaya kebutuhan anggaran negeri, menutup defisit APBN, dan mengelola portofolio negeri. Bagi investor, SUN bisa menjadi agunan dan menjadi instrumen investasi berisiko rendah dengan imbal hasil optimal.

Kini, seri SBN terbaru,yaitu SR020, telah resmi rilis dengan jenis kupon fixed rate 6,30% (SR020-T3) dan 6,40% (SR020-T5) per tahun. Kamu dapat membelinya pada masa penawaran 1-27 Maret 2024. Raih kesempatan memperoleh promo menarik dengan berinvestasi SR020 di tanamduit!

Yuk, investasi SR020 dengan download tanamduit sekarang! tanamduit telah menjadi mitra distribusi yang telah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal perilisan SBN secara online tahun 2018.

promo-sr020

Cara Beli SBN
Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembelian SBN, di antaranya:
1. Download aplikasi tanamduit dan registrasi akun tanamduit.
2. Klik menu “SBN” pada dashboard aplikasi tanamduit, lalu klik produk yang sedang dalam masa penawaran.
3. Buat rekening SBN.
4. Setelah pembuatan rekening SBN berhasil, ulangi langkah kedua dan selesaikan pembayaran.

tanamduit Team

tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile