Pengertian Asuransi

Dalam mempersiapkan masa depan, kamu perlu mengetahui pengertian asuransi. Meskipun dalam keadaan sehat, anak muda juga perlu memperkirakan risiko hal-hal tidak terduga di masa depan. Untuk itu, asuransi dapat menjadi salah satu alternatif pengendalian risiko. Asuransi adalah perjanjian antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak seorang pemegang polis yang menjadi dasar penerimaan premi atau imbalan untuk mengurangi risiko kerugian.

Pada hal ini, polis asuransi adalah dokumen perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dan seseorang yang mengasuransikan jiwa, barang, dan sebagainya. Premi asuransi dan kewajiban yang harus dibayarkan tersebut sesuai dengan perjanjian di dalam polis asuransi.

Namun, banyak orang yang menanyakan, “Apa pentingnya asuransi?.” Berikut merupakan penjelasan tentang pentingnya asuransi yang harus kamu ketahui.

Manfaat Asuransi 

1. Perlindungan di Masa Depan

Seringkali, anak muda cenderung bekerja keras untuk mencapai karier impian dan membeli barang-barang sesuai wishlist.  Bahkan, mereka tidak menghiraukan kesehatan dan tidak menjadikan asuransi sebagai pengendalian risiko di saat tak terduga. Padahal, biaya pengobatan di rumah sakit atau biaya perbaikan barang tertentu tidak murah.

Untuk itu, asuransi menjadi salah satu instrumen investasi yang memberikan perlindungan di masa depan. Dengan demikian, kamu dapat meringankan biaya pengobatan di rumah sakit atau biaya perbaikan barang kesayanganmu. Semakin cepat mempersiapkan asuransi, maka semakin kecil risiko mengalami kerugian di masa depan. Jadi, kamu bisa lebih siap dalam mengejar impian!

2. Kurangi Risiko Kerugian

Jika suatu waktu bencana menerjang, maka kamu harus menghadapi berbagai sitasi pelik dan berisiko mengalami kerugian. Misalnya, kesehatanmu terganggu, kamu harus memenuhi biaya pengobatan di rumah sakit. Dalam situasi tersebut, asuransi kesehatan dapat menjadi alternatif untuk meringankan biaya sehingga kamu tidak perlu memusingkan biaya tak terduga. Saat kamu mengasuransikan barang kesayangan seperti gadget, kendaraan atau barang lainnya, maka kamu dapat meminimalisir kerugian untuk melakukan perbaikan.

3. Kelola Keuangan Sejak Muda 

Walaupun kamu harus menyisikan uang untuk membayar premi asuransi, kamu dapat mengelolan keuangan lebih awal. Di usia produktif, generasi muda cenderung mendapatkan gaji yang cukup dan cenderung makmur. Dengan mengelola keuangan, kamu dapat memperkirakan kebutuhan dan pengendalian risiko dalam jangka panjang. Kamu dapat mengurangi risiko di saat tak terduga dengan menyisihkan premi setiap bulan. Dalam hal ini, kamu telah menerapkan  Risk Management / Manajemen Risiko. Pengelolaan keuangan ini dapat memuat kamu lebi bijak dalam mengatur keuangan di usia muda.  

4. Sebagai Tabungan dan Investasi 

Saat ini, berbagai perusahaan investasi  berinovasi dengan meluncurkan produk-produk asuransi yang beragam. Salah satu produk yang menarik yakni adanya produk yang menawarkan manfaat proteksi di masa dengan dan investasi.  Jadi, kamu dapat mempersiapkan biaya kesehatan atau biaya perbaikan benda kesayanganmu sebagai bentuk investasi di masa depan.

Jenis-jenis Asuransi

Setelah pengertian asuransi dan manfaatnya, kamu perlu mengenal jenis-jenis asuransi. Berikut merupakan jenis-jenis asuransi yang wajib kamu ketahui.

1. Asuransi Kesehatan

Untuk mengurangi risiko kerugian dalam biaya pengobatan, kamu dapat mempersiapkan asuransi kesehatan. Jika suatu saat kamu sakit, maka kamu tidak perlu menanggung keseluruhan biaya berobat di rumah sakit. Penerima polis dapat mengurangi risiko kerugian akibat cedera atau penyakit tertentu. Produk asuransi ini menjadi salah satu asuransi yang penting sehingga lebih siap menghadapi masa depan yang tak terduga.

2. Asuransi Kendaraan

 Jenis asuransi ini menjadi salah satu alternatif proteksi kendaraan dan risiko terkait masalah lalu lintas. Saat seseorang mengasuransikan kendaraannya, orang tersebut dapat meminimalisir kerugian saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Jika terjadi kecelakaan, maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan atas kerusakan kendaraan. Selain itu, produk asuransi ini juga dapat mengurangi risiko biaya pengobatan korban kecelakaan.

3. Asuransi Gadget

Selain asuransi kesehatan dan kendaraan, kamu juga dapat mengasuransikan gadget kesayanganmu. Jika suatu waktu ponselmu hilang atau rusak, maka kamu dapat melakukan klaim asuransi. Di aplikasi tanamduitkamu bisa mengasuransikan gadget, lho

4. Asuransi Penyakit Kritis

Biaya pengobatan penyakit serius seperti kanker, stroke, dan penyakit kritis lainnya dapat menghabiskan banyak uang. Untuk itu, jenis asuransi ini dapat mengurangi risiko kerugian sehingga kamu dapat memperoleh keringanan biaya berobat di rumah sakit. 

5. Asuransi Perjalanan

Jika kamu melakukan sebuah perjalanan, maka kamu dapat mengambil produk asuransi yang dapat melindungi kamu selama perjalanan dalam jangka waktu tertentu. Jenis asuransi ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap barang bawaan atau risiko kecelakaan di perjalanan. Produk asuransi ini dapat mengurangi risiko biaya pengobatan saat terjadinya kecelakaan atau peristiwa tak terduga lainnya.

7. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini dapat memberikan perlindungan terhadap pemegang polis atau keluarga yang ditinggalkan saat tertanggung meninggal dunia. Jika seseorang membayar premi sesuai ketentuan, maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan proteksi finansial bagi keluarga tertanggung atau pihak tertentu sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi.

 

Risiko Asuransi

1. Risiko Murni 

Jenis risiko murni atau pure risk merupakan risiko yang menimbulkan kerugian. Dalam hal ini, risiko ini mencakup kejadian kebakaran, kecelakaan, kebangkrutan, dan peristiwa lainnya yang pasti menimbulkan kerugian.

2. Risiko Spekulatif

Berbeda dengan risiko murni, jenis risiko ini memiliki dua kemungkinan berupa keuntungan dan kerugian pada suatu peristiwa. Situasi ini memiliki kemiripan dengan proses investasi karena seseorang yang berinvestasi dapat mengalami keuntungna secara finansial, tetapi juga harus menghadapi risiko kerugian yang tidak dapat dihindari.

3. Risiko Khusus

Dalam dunia asuransi, risiko khusus atau particular risk merujuk pada dampak yang mempengaruhi kuantitas atau kualitas kehidupan pribadi seseorang. Peristiwa pencurian juga memungkinkan adanya risiko khusus yang berpengaruh terhadap seorang individu.

4. Risiko Fundamental

Sebuah risiko yang mempengaruhi dampak secara luas merujuk pada risikoo fundamental atau fundamental risk. Dalam risiko ini, pihak tertentu dapat mengalami kerugian akibat bencana alam, perubahan kebijakan pendidikan, atau faktor lainnya yang berdampak besar ke segala aspek kehidupan.

5. Risiko Individu

Risiko ini memungkinkan seseorang mengalami kerugian di kehidupan sehari-hari terkait kondisi finansial seseorang atau harta kekayaannya. Dalam risiko individu atau individual risk berkaitan erat dengan risiko personal, risiko properti, dan risiko tanggung-gugat. Jenis risiko ini berdampak langsung kepada seorang individu yang mengalami cacat fisik, meninggal dunia, kehilangan pekerjaan, dan peristiwa individu lainnya.

6. Risiko Harta

Property risk atau risiko harta merupakan risiko kerugian yang berkaitan dengan benda yang hilang karena pencurian atau kerusahan. Risiko ini memiliki dua jenis, yakni kerugian langsung dan kerugian tidak langsung.

7. Risiko Tanggung-Gugat

Dalam hal ini, risiko tanggung gugat atau liability risk merujuk pada tanggung jawab kerugian terhadap orang lain akibat ulah kita. Risiko ini dapat berlangsung pada peristiwa kecelakaan. Misalnya, kamu menabrak seseorang sehingga kamu menanggung risiko tanggung-gugat.

Setelah mengetahui pengertian asuransi, manfaat, jenis-jenis hingga risiko asuransi, kamu dapat mulai mempersiapkan asuransi di tanamduitKamu bisa pilih asuransi sesuai kebutuhanmu. Mulai dari asuransi proteksi penyakit DBD, asuransi proteksi 5 penyakit, asuransi proteksi penyakit tropis, asuransi proteksi bebas penyakit, hingga asuransi proteksi gadget ada, lho! Besaran premi juga dapat menyesuaikan dengan tingkat risiko yang kamu asuransikan. Yuk mulai persiapkan asuransi di masa depan di aplikasi tanamduit!

 

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.