Beranda » belajar » Inspirasi » Cara Mengatur Waktu Sehari-Hari, Ikuti 15 Cara Efektif Ini!

Cara Mengatur Waktu Sehari-Hari, Ikuti 15 Cara Efektif Ini!

oleh | Feb 24, 2023

Tiap orang diberikan waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Namun, kenapa kita sering kali berkata kalau kita tidak punya waktu ya? Semua tergantung bagaimana cara mengatur waktu sehari-hari. Untuk mengoptimalkan waktu yang ada, kita harus pintar dalam manajemen waktu dan prioritas. 

Bisa saja, ada waktu yang selama ini terbuang dan sia-sia. Tentu hal ini sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan peluang untuk meraih kesuksesan. Kamu akan kehilangan banyak hal-hal penting yang harus dilakukan untuk memaksimalkan potensimu. 

Cara Mengatur Waktu Sehari-Hari

Tiap orang memiliki gayanya sendiri ketika mengatur waktu sehari-hari. Ada yang mengutamakan prioritas, ada juga yang sudah terjadwal dengan baik. 

  1. Menentukan Skala Prioritas
  2. Tidur Minimal 6-8 Jam
  3. Membuat To-Do-List
  4. Menetapkan Tenggat Waktu di Setiap Pekerjaan
  5. Hindari Multitasking
  6. Membatasi Distraksi
  7. Fokus
  8. Membuat Pekerjaan Menjadi Menyenangkan
  9. Metode Self Reward
  10. Selesaikan Pekerjaan Lebih Awal
  11. Mengoptimalkan Akhir Pekan
  12. Me Time
  13. Menyelesaikan Tugas Berkaitan
  14. Mulai Aja Dulu
  15. Menjaga Kesehatan

15 Cara Mengatur Waktu Sehari-Hari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tiap orang memiliki caranya sendiri dalam manajemen waktu. Semua tergantung kecocokan dari masing-masing individu. Berikut merupakan 15 cara mengoptimalkan waktu tiap harinya!

Baca juga: 10 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Agar Terhindar dari Gelisah

1. Menentukan Skala Prioritas

Cara yang satu ini adalah tips paling sederhana ketika mengatur waktu. Skala prioritas bisa kita tetapkan berdasarkan tenggat waktu atau kewajiban. Contohnya, Untuk pekerjaan utama, kita harus tetapkan paling atas agar dikerjakan terlebih dulu. Sisanya bisa kita kerjakan di lain waktu.

2. Tidur Minimal 6-8 Jam

Standar manusia dewasa minimal harus tidur selama 6 jam. Kesehatan tubuh harus tetap kita jaga agar bisa melakukan berbagai macam aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan. Dengan istirahat yang cukup, tentu kita akan lebih semangat untuk mengerjakan sesuatu.

3. Membuat To-Do-List

Cara yang satu ini juga termasuk cara paling dasar untuk kita lakukan. To-Do-List ini bisa berupa skala prioritas ataupun rutinitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan. Setelah kamu selesai melakukan pekerjaanmu kamu bisa memberi centang pada kotak To-Do-List.

4. Menetapkan Tenggat Waktu di Setiap Pekerjaan

Tenggat waktu bisa memacu semangat kita ketika melakukan pekerjaan. Dengan adanya deadline kita bisa memperkirakan kira-kira mana pekerjaan yang harus kita selesaikan terlebih dahulu. Tentunya, semakin dekat tenggat waktu suatu pekerjaan maka pekerjaan tersebut harus kita utamakan terlebih dahulu.

5. Hindari Multitasking

Mungkin bagi sebagian orang malah menganjurkan untuk mengoptimalkan waktu kita harus bisa multitasking. Namun, pada kenyataannya ketika multitasking justru seringkali membuat kita tidak fokus terhadap suatu pekerjaan tertentu. Banyaknya pekerjaan yang dikerjakan dalam satu waktu yang bersamaan membuat hasil tugas-tugas tersebut tidak maksimal.

6. Membatasi Distraksi

Pasti kamu sering ketika melakukan pekerjaan tiba-tiba scrollingscrolling media sosial, bahkan tanpa kamu sadari, kamu sudah membuang waktu yang cukup lama. Di mana dalam rentang waktu itu bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaanmu. Cara paling tepat untuk mengurangi risiko ini adalah dengan mematikan semua notifikasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu.

7. Fokus

Masing nyambung dengan poin sebelumnya, tingkat fokus kamu ditentukan dengan seberapa sering kamu membuang-buang waktu ketika mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan fokus adalah dengan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan urutan To-Do-List dan menghindari multitasking. Selain itu juga mematikan semua notifikasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

8. Membuat Pekerjaan Menjadi Menyenangkan

Apa gunanya bekerja kalau kita tidak menikmatinya? Salah satu cara mengatur waktu sehari-hari adalah dengan membuat pekerjaan sehari-harimu menyenangkan. Misalnya, kamu bisa mendekorasi ruangan kerja dengan hal-hal yang membuatmu semangat kerja.

9. Metode Self Reward

Untuk membuatmu lebih semangat mengerjakan tugas atau pekerjaan apapun kamu bisa menggunakan metode self reward. Metode ini adalah bentuk penghargaan kepada diri sendiri setelah selesai mengerjakan sebuah pekerjaan.

Self reward ini tidak perlu yang terkesan mewah, contoh bentuk penghargaan sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mendengarkan lagu setelah menyelesaikan pekerjaan atau sekadar menonton Youtube selama 15-20 menit setelah tugasmu sudah selesai. Setelah itu, kamu bisa kembali melanjutkan pekerjaanmu.

10. Selesaikan Pekerjaan Lebih Awal

Dengan menyelesaikan pekerjaan lebih awal kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya. Tentu akan lebih lega ketika kamu sudah menyelesaikan tugasmu lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Apalagi pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan utama dengan tenggat waktu yang relatif singkat.

11. Mengoptimalkan Akhir Pekan

Saat akhir pekan tiba, kamu harus memaksimalkannya dengan baik. Misalnya, kamu bisa beristirahat seharian setelah bekerja selama sepekan penuh. Atau pergi liburan sejenak untuk refreshing atas semua pekerjaan yang sudah kamu lakukan.

12. Me Time

Jika kamu masih belum puas dengan akhir pekanmu, luangkan waktu untuk menikmati kesendirianmu. Pergilah liburan atau melakukan hal-hal yang bisa me-recharge energimu untuk menghadapi hari-hari kerja. Tidak ada salahnya untuk beristirahat dan mencari hiburan untuk diri sendiri.

13. Menyelesaikan Tugas Berkaitan

Adapun maksud dari poin ini adalah apabila kamu mempunyai tugas dengan topik yang saling berkorelasi kamu bisa mengerjakannya dengan lebih efektif. Kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat skala prioritas karena pekerjaan-pekerjaan tersebut secara tidak langsung sudah kita kerjakan secara bersamaan.

14. Mulai Aja Dulu

Salah satu tantangan terbesar adalah memulai suatu pekerjaan. Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah menunda-nunda pekerjaan sehingga banyak tugas yang terlena begitu saja. Metode mulai aja dulu bisa kita terapkan untuk menghindari penundaan-penundaan yang tidak penting. 

15. Menjaga Kesehatan

Tips terakhir yang tidak boleh kita lupakan adalah menjaga kesehatan. Sepintar-pintarnya kita bekerja dan mengatur waktu kalau ujung-ujungnya sakit buat apa? Atur waktu untuk memperhatikan kesehatanmu sendiri agar tetap kuat ketika bekerja. 

Kesimpulan

Mungkin manajemen waktu terkesan sulit bagi kamu yang mempunyai segudang kegiatan. Akan tetapi, kalau kita pikir-pikir lagi bukankah semua orang diberikan waktu yang sama dalam satu hari? Pada akhirnya semua tergantung cara kita mengatur waktu. 

Jika kita pintar untuk mengoptimalkan waktu maka semua pekerjaan pun akan cepat selesai dengan hasil yang maksimal. Setelah bekerja susah payah, agar uangmu bisa bertumbuh dengan optimal, alangkah baiknya kamu mengalokasikan danamu di produk investasi seperti reksadana, SBN, dan emas pada aplikasi tanamduit.

Yuk, tunggu apa lagi? Download tanamduit sekarang juga!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah platform digital untuk berinvestasi berbagai produk reksa dana, SBN, emas, dan asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile