Home » Pentingnya Investasi Sejak Dini: Apa Sih Keuntungan Berinvestasi?

Pentingnya Investasi Sejak Dini: Apa Sih Keuntungan Berinvestasi?

oleh | Jun 27, 2022

Di era sekarang, kita perlu menyadari pentingnya investasi sejak dini. Untuk memulai investasi kamu tidak perlu memerlukan biaya yang besar, bahkan apabila kamu sudah mulai berinvestasi sejak dini akan ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Salah satunya adalah perencanaan keuangan yang lebih matang. Selain itu untuk mulai investasi kamu hanya perlu sedikit modal lho. Jadi tidak perlu takut untuk berinvestasi sejak dini.

Yuk, simak 5 keuntungan investasi sejak dini!

1. Lebih Matang Untuk Merencanakan Keuangan

Berinvestasi sejak dini akan membuatmu lebih siap dan matang untuk merencanakan keuangan di masa yang akan datang. Dengan persiapan lebih awal kamu dapat menentukan tujuan finansialmu di masa depan. Tujuan finansial yang dapat kamu rencanakan juga beragam, seperti membeli mobil, menyiapkan diri untuk liburan, dan biaya pendidikan S2. Selain itu kamu tidak perlu khawatir untuk mengalami kekurangan uang di waktu ke depan karena persiapanmu sudah matang dan terencana dengan baik.

2. Mampu Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang harus kamu persiapkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak. Tentu dengan memulai investasi sejak dini akan membantumu untuk menyiapkan lebih awal dana darurat. tersebut Biasanya dana darurat dipakai untuk biaya-biaya yang sifatnya tidak terduga. Dalam situasi tidak terduga pun kamu harus sudah siap untuk mengatasinya

3.Memutuskan Rantai Sandwich Generation

Dalam jurnal berjudul “The Sandwich Generation: Adult Children Of The Ageing” karya Dorothy A. Miller pada tahun 1981 menyatakan bahwa sandwich generation adalah generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup generasi di atas dan di bawah mereka. Sama seperti roti sandwich, kamu dihimpit oleh dua kewajiban, yaitu kewajiban untuk memenuhi kebutuhan generasi di bawah dan di atas. Nah dengan memulai investasi lebih awal, kamu setidaknya bisa menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan finansial bagi generasi di bawah maupun di atas.

4. Mendapatkan Passive Income

Passive income adalah penghasilan yang tidak kamu dapat secara langsung. Kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan, bahkan saat sedang tidak lagi aktif bekerja. Singkatnya, kamu tetap bisa mendapatkan uang ketika sedang tidak bekerja sekalipun. Dengan berinvestasi dari awal kita bisa menuai passive income di masa mendatang. Apabila dana passive income sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu tidak perlu lagi menunggu hasil gajian di tiap bulannya lho!

Baca juga: 11 Cara Gampang Mendapatkan Passive Income, Wajib Coba!

5.Financial Freedom

Mencapai financial freedom merupakan dambaan bagi setiap orang. Financial freedom sendiri adalah kondisi atau tahap saat seseorang sudah memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari. Dengan melakukan investasi lebih awal, tentu akan lebih siap untuk menyiapkan serta merencanakan financial freedom untuk kehidupan yang lebih tenang di kemudian hari

Kesimpulan

Dengan memahami pentingnya investasi sejak dini, kamu akan lebih siap untuk menyiapkan kebutuhan finansial di masa depan sesuai dengan tujuan finansial yang sudah kamu rencanakan. Untuk melakukan investasi, kita juga harus memilih produk-produk yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Nah tanamduit menyediakan beberapa produk yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu lho, seperti reksadana, SBN, dan emas.

Yuk,  tunggu apa lagi? download aplikasi tanamduit!

Abraham William
Abraham William

Penulis lulusan sastra. Suka menulis di bidang seni dan finansial. Sekarang sedang aktif menulis novel, cerita pendek, dan puisi.

banner-download-mobile