Home » 5 Rekomendasi Alokasi Uang THR di Bulan Ramadhan, Wajib Kamu Tau!

5 Rekomendasi Alokasi Uang THR di Bulan Ramadhan, Wajib Kamu Tau!

oleh | Apr 19, 2022

Tidak terasa, dua minggu lagi kita akan menyambut Lebaran. Kamu pasti menunggu Tunjangan Hari Raya atau THR. Menerima THR menjadi kesenangan sendiri karena menambah pemasukan kamu di bulan Ramadhan. Nah, agar uang semakin berkah, kamu bisa membagikan angpao ke sanak saudara, mengirimkan hampers sebagai bentuk silaturahmi, membuat kue lebaran homemade hingga menambah modal investasi kamu.

Berikut beberapa rekomendasi alokasi uang THR yang perlu kamu simak di Bulan Ramadhan!

1. Bagi-bagi Angpao

Rekomendasi memanfaatkan uang THR yang pertama yaitu menjalankan tradisi bagi-bagi angpao. Sebelum membagikan salam tempel atau angpao, kamu bisa menghitung dulu THR yang kamu dapatkan lalu kamu alokasikan jumlahnya. Tradisi bagi-bagi angpao dilakukan anggota keluarga yang telah berpenghasilan kemudian  membagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil.

Pada umumnya, angpao lebaran berisi pecahan uang dan nominalnya akan menyesuaikan anak dengan usia anak untuk mendapat bagian yang lebih besar. Saat idul fitri tiba, tradisi ini menjadi yang paling ditunggu-tunggu. Hayo, tahun ini kamu yang bagi-bagi angpao atau terima angpao?

2. Mengirim Hampers Lebaran ke Kerabat atau Teman

Perayaan Idul Fitri yang tinggal 2 minggu lagi tidak bisa lepas dari momentum kebahagiaan bersama keluarga dan orang terdekat. Menjelang lebaran, banyak orang yang mempersiapkan hampers atau parsel kepada keluarga hingga teman sebagai bingkisan dan perayaan hari raya.

Bingkisan menjadi salah satu cara alternatif menjaga silaturahmi di tengah situasi pandemi ini. Tentunya, kamu harus mengetahui contoh hampers lebaran terbaik yang unik, sederhana, dan terjangkau. Jika sedang mempersiapkan dan mencari rekomendasi parcel atau bingkisan kamu bisa mencarinya di online shop favorit. 

3. Investasi

Rekomendasi yang selanjutnya adalah berinvestasi. Jumlah investasi pun tergantung keadaan dan kemampuan disesuaikan dengan kebutuhan, dan pengeluaran. Dengan begitu, THR bisa kamu manfaatkan untuk mempersiapkan tujuan finansial di masa mendatang. Melalui aplikasi tanamduit, kamu bisa menggunakan berbagai instrumen investasi. Salah satu alokasi dana yang bisa kamu lakukan adalah investasi emas. Saat ini, terdapat cashback menarik yang bisa kamu dapatkan di promo edisi ramadhan

Promo ini berlaku bagi nasabah yang melakukan transaksi beli cetak emas Koleksi Emasku melalui aplikasi tanamduit sejak tanggal 14 April hingga 9 Mei 2022. Promo Ramadhan emas berlaku untuk pembelian koleksi Emasku di tanamduit dengan minimal transaksi mulai dari 0,1gr akan mendapatkan cashback Reksadana Danareksa Seruni Pasar uang III. 

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai emas pada artikel berikut: Apa itu Emas Digital? Simak Perbedaannya dengan Emas Batangan Yuk

4. Membeli Bahan Kue Lebaran 

Tradisi berkunjung untuk halal bihalal juga menjadi kesempatan untuk mencicipi kue-kue khas lebaran. Aneka macam kue kering tersaji di tiap rumah untuk jamuan seperti nastar, kastengel, sagu keju, kue lidah kucing dan kue kering khas lebaran lainnya.

Kamu bisa membuat kue kering untuk camilan di hari lebaran. Sisihkan sebagian THR kamu untuk membeli bahan-bahan kue. Bahan kue dapat kamu beli di pasar untuk harga yang lebih murah atau berburu diskon di merchant favorit sesuai dengan resep kue kering yang dibutuhkan. Jika kamu memiliki passion di dunia kuliner, berjualan kue kering memiliki potensi untuk laku keras.

5. Menabung 

Cara efektif menabung uang THR adalah sisihkan uang pertama kali agar tidak lengah memakai uang tersebut. Strategi memiliki 2 ATM yang fungsi salah satunya sebagai tabungan. Setelah menyisihkan uang untuk hampers, kue kering dan bagi-bagi angpao, jangan lupa menyisihkan THR untuk jadi sumber tambahan yang membantu menambah jumlah tabungan.

Seiring meningkatnya kebutuhan menjelang lebaran, uang THR ternyata bisa kamu alokasikan ke berbagai jenis pengeluaran dan menambah isi tabungan, loh. Rekomendasi diatas mulai dari bagi-bagi angpao, mengirimkan hampers ke relasi dan saudara, menabung, investasi hingga membuat kue lebaran tak hanya membuat diri kamu bahagia, melainkan juga membahagiakan orang-orang di sekitar kamu. Selalu ingat untuk selalu bijak dalam hal mengatur keuangan dan berpikir jangka panjang.

Faizah Diena
Faizah Diena

Faizah Diena adalah penulis yang tertarik mendalami bidang investasi di Tanamduit.

banner-download-mobile