Home » Investasi Emas dalam Islam

Investasi Emas dalam Islam

oleh | Mei 31, 2021

Pada artikel sebelumnya mengeenai investasi syariah, kita pernah membahas pentingnya investasi di kalangan umat muslim sebagaimana tertulis dalam QS: An-Nisa, ayat 9. Ayat tersebut menganjurkan kepada kita untuk mempersiapkan kesejahteraan keturunan kita, baik saat ini, mau pun di masa mendatang. Nah, investasi bisa jadi salah satu jalan untuk mempersiapkan kesejahteraan tersebut di masa mendatang.

 

Gold bar via Freepik

Emas bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk berinvestasi. Dalam jangka waktu panjang (>5 tahun), investasi emas bisa jadi salah satu opsi menguntungkan, karena harga emas biasanya mengalami kenaikan. Investasi emas bisa jadi safe haven kamu di masa krisis ekonomi, seperti tahun lalu, saat pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Pada bulan Agustus 2020, harga emas menembus Rp1 juta/gramnya, naik 30% kalau dibandingkan dengan harga emas bulan Agustus 2019.

Ketentuan transaksi jual beli emas telah diatur dalam Islam. Terdapat beberapa syarat transaksi jual beli (muamalah) emas yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu:

  1. Harus kontan (yadan bi yadin/hulul)
  2. Harus sepadan (tamatsul), tidak boleh beda timbangan atau takaran;
  3. Harus saling menerima (taqabudl), tidak boleh salah satu menunda penyerahan bagi barang yang lainnya.

Di aplikasi tanamduit, ada dua opsi pembelian emas, yaitu beli cetak dan beli simpan. Untuk transaksi beli cetak, kamu bisa memilih desain emas dan gramasi yang kamu inginkan untuk kemudian kamu bayar dan siap dikirim ke alamat yang tertera.
 

 Sharia transaction via Shutterstock

Sementara itu, transaksi beli simpan memungkinkan kamu untuk nabung emas, karena produk emas di tanamduit bisa dibeli mulai dari gramasi yang cukup kecil, yaitu 0,1 gram saja. Nah, konsep nabung emas a.k.a. investasi emas dengan metode dollar cost averaging (DCA) di tanamduit sudah memenuhi syarat jual beli emas yang sesuai dengan syariat Islam, lho. Berikut penjabarannya:

  1. Berat emas yang kamu beli bisa kamu tentukan sendiri dan kamu ketahui pasti, hanya saja belum dicetak;
  2. Harga per gramnya juga bisa diketahui secara pasti dan real time, karena harga terus diupdate setiap harinya; dan
  3. Kepemilikan emas kamu setelah bertransaksi juga bersifat real time. Saat kamu menyelesaikan transaksi, emas yang kamu beli langsung masuk ke portofolio investasi emasmu di tanamduit! Tenang aja, emas kamu disimpan sama lembaga gadai rekanan tanamduit, yaitu PT Gadai Cahaya Dana Abadi yang sudah terdaftar di OJK juga, Jadi, udah pasti aman, deh, kalau sewaktu-waktu kamu pengen cetak atau jual emas kamu di aplikasi~

Jadi, nggak perlu ragu-ragu lagi buat mulai investasi emas di tanamduit! Selain sudah memenuhi syarat ketentuan jual beli dalam Islam, kamu nggak perlu punya banyak uang untuk investasi emas. Di tanamduit, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,1 gram saja, lho. Per 27 Mei 2021 (saat artikel ini ditulis), harga emas 0,1 gram Rp92.122,00. Cukup terjangkau, kan?

Oh, iya, dalam waktu dekat, beli emas di tanamduit jadi #MakinGampang, lho. Penasaran nggak bakal ada kejutan apa? Kepoin terus socmed dan blog tanamduit, ya, biar kamu tetap up to date!

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile