Home » Investasi Emas dalam Islam, Investasi Halal Bagi Umat Muslim

Investasi Emas dalam Islam, Investasi Halal Bagi Umat Muslim

oleh | Mei 31, 2021

Bagi kamu yang ragu memulai investasi, kamu perlu mengetahui tentang investasi emas dalam Islam. Emas menjadi instrumen investasi yang aman bagi umat muslim. Berdasarkan QS: An-Nisa, ayat 9, ayat tersebut menganjurkan umat muslim untuk mempersiapkan kesejahteraan keturunan saat ini dan di masa yang akan datang. Untuk itu, emas  satu jalan untuk mempersiapkan kesejahteraan tersebut di masa mendatang.

Emas bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk berinvestasi. Dalam jangka waktu panjang (>5 tahun), investasi emas bisa jadi salah satu opsi menguntungkan, karena harga emas biasanya mengalami kenaikan. Investasi emas bisa jadi safe haven kamu di masa krisis ekonomi, seperti tahun lalu, saat pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Pada bulan Agustus 2020, harga emas menembus Rp1 juta/gramnya, naik 30% kalau dibandingkan dengan harga emas bulan Agustus 2019.

Ketentuan transaksi jual beli emas telah diatur dalam Islam. Terdapat beberapa syarat transaksi jual beli (muamalah) emas yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu:

  1. Harus kontan (yadan bi yadin/hulul)
  2. Harus sepadan (tamatsul), tidak boleh beda timbangan atau takaran;
  3. Harus saling menerima (taqabudl), tidak boleh salah satu menunda penyerahan bagi barang yang lainnya.

Di aplikasi tanamduit, ada dua opsi pembelian emas, yaitu beli cetak dan beli simpan. Untuk transaksi beli cetak, kamu bisa memilih desain emas dan gramasi yang kamu inginkan untuk kemudian kamu bayar dan siap dikirim ke alamat yang tertera.
 

Cara Investasi Emas Berbasis Syariah

1. Pilih Tempat Investasi yang Aman

Sebelum mulai investasi, kamu harus memastikan pilih tempat membeli atau menjual emas yang aman. Saat ini, jual-beli emas juga dapat berlangsung secara online. Pastikan kamu berinvestasi di tempat yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain mengutamakan prinsip syariah, kamu juga dapat melakukan investasi emas secara aman.

Di aplikasi tanamduit, kamu dapat melakukan transaksi beli dan memungkinkan kamu untuk nabung emas karena produk emas di tanamduit bisa dibeli mulai dari gramasi yang cukup kecil, yaitu 0,1 gram saja. Kamu juga dapat mencetak aset emasmu dengan beragam desain kartu emas yang menaril. Selain itu, setiap produk emas juga memiliki sertifikat resmi sehingga kualitas dan keamanan investasi terjamin. 

2. Pastikan Skema Investasi Emas

Setelah memilih tempat investasi yang aman, kamu juga perlu memastikan bahwa skema investasi sesuai dengan kaidah investasi emas dalam Islam. Umumnya, konsep nabung emas a.k.a. investasi emas menggunakan metode dollar cost averaging (DCA) di tanamduit sudah memenuhi syarat jual beli emas yang sesuai dengan syariat Islam, lho. Berikut merupakan syarakt jual-beli emas yang sesuai dengan ketentuan investasi emas dalam Islam.

1. Ketahui Berat Emas

Investor dapat mengetahui pasti berat emas yang dibeli dan menentukan produk emas sendiri meskipun belum dicetak. 

2. Harga Emas Pasti

Seorang investor emas dapat melihat harga per gramnya secara pasti dan real time, karena harga terus diupdate setiap harinya.

3. Transaksi Secara Real Time

Walaupun transaksi online, kamu dapat langsung mendapatkan kepemilikan emas kamu setelah bertransaksi yang bersifat real time. Saat kamu menyelesaikan transaksi, emas yang kamu beli langsung masuk ke portofolio investasi emasmu.

Di aplikasi tanamduit, kamu dapat membeli emas secara online dan langsung memiliki emas setelah melakukan transaksi. Jika kamu telah melakukan transaksi beli emas, maka aset tersebut disimpan sama lembaga gadai rekanan tanamduit, yaitu PT Gadai Cahaya Dana Abadi yang sudah terdaftar di OJK juga. Jadi, aset emasmu sudah pasti aman, deh. Kalau sewaktu-waktu kamu ingin mencetak emas, kamu dapat melakukan prosesnnya di aplikasi dan emasmu akan segera dikirim ke alamatmu.

    3. Mulai Investasi Emas dan Terus Menabung

    Setelah mengetahui tempat investasi yang aman dan mengetahui skema investasi yang sesuai dengan syariat Islam, kamu dapat menabung emas secara rutin. Kamu dapat mengalokasikan dana investasi secara rutin dalam jumlah tertentu sehingga instrumen investasi emas dapat menjadi tabungan di masa yang akan datang.

    Jadi, kamu nggak perlu ragu-ragu lagi buat mulai investasi emas di tanamduit! Selain sudah memenuhi syarat ketentuan jual beli dalam Islam, kamu nggak perlu punya banyak uang untuk investasi emas.

    Di tanamduit, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,1 gram saja, lho. Harga emas 0,1 gram Rp90.156,00 per tanggal (13 Januari 2021). Selain investasi emas digital, kamu juga dapat mencetak emas dengan pilihan desain kartu emas yang menarik. Setiap emas cetak juga memiliki sertifikat sehingga terjamin keamanannya. Yuk download aplikasi tanamduit dan capai tabungan masa depan dengan investasi berbasis syariah!

    tanamduit Team
    tanamduit Team

    tanamduit adalah aplikasi investasi dengan beragam produk seperti reksa dana, SBN, emas dan asuransi. tanamduit telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

    banner-download-mobile