Home » Apa Itu The Fed dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Dunia?

Apa Itu The Fed dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Dunia?

oleh | Mei 13, 2022

Belakangan ini, The Fed menjadi buah bibir masyarakat dunia, karena sedang gencar-gencarnya menaikkan suku bunga acuan. Kebijakan bank sentral Amerika Serikat satu ini menjadi sentimen tersendiri bagi pasar saham, obligasi dan cryptocurrency. The Fed adalah sebutan singkat dari The Federal, bank sentral di AS. Kamu tahu, nggak, sih, kalau pergerakan ekonomi di dunia mendapat pengaruh besar dari kebijakan bank sentral AS satu ini?

Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai The Fed pada artikel berikut!

Apa Itu The Fed?

The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres. Bank sentral tertua satu ini juga lembaga independen, oleh karenanya segala kebijakan yang mereka ambil tidak membutuhkan izin dari pemerintah AS. Meskipun begitu, kinerja mereka tetap dievaluasi secara berkala oleh pemerintah.

Sejarah The Federal

Pada awalnya, pembentukan bank sentral satu ini terbentuk atas dasar kepanikan dan keresahan akibat krisis keuangan yang pernah melanda Amerika Serikat pada tahun 1907. Kemudian, sekelompok orang melakukan pertemuan dan diskusi secara rahasia di Jekyll Island Club pada tahun 1910. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas suatu rencana perbaikan sistem perbankan negara, karena krisis keuangan saat itu membuat perekonomian AS bergejolak. 

Tiga tahun setelah pertemuan rahasia tersebut, terbentuklah sistem Federal Reserve pada 23 Desember 1913. Pembentukan sistem ini memiliki beberapa tujuan di antaranya:

1. Mengatur suku bunga dan ketersediaan kredit perbankan

2. Membuat kebijakan keuangan negara

3. Mengawasi dan mengatur lembaga keuangan negara

4. Menyediakan layanan keuangan untuk lembaga penyimpanan negara serta lembaga asing resmi lainnya yang ada di AS

Wewenang The Fed

Dilansir dari Investopedia, wewenang The Fed adalah sebagai berikut:

1. Melakukan kebijakan moneter nasional dengan mempengaruhi kondisi moneter dan kredit dalam perekonomian AS. Hal ini mereka lakukan untuk memaksimalkan lapangan kerja, menjaga kestabilan harga, dan suku bunga jangka panjang

2. Mengawasi dan mengatur lembaga perbankan untuk memastikan keamanan sistem perbankan dan keuangan AS serta melindungi hak konsumen

3. Menjaga stabilitas sistem keuangan

4. Menyediakan layanan keuangan, termasuk pengoperasian sistem pembayaran nasional, lembaga penyimpanan, pemerintah AS, dan lembaga resmi asing.

Mengenal Entitas Utama The Federal

Sebagai suatu lembaga yang punya peranan penting bagi perekonomian AS hingga dunia, The Federal punya beberapa tiga entitas utama dalam menopang sistemnya. Ketiga entitas utama The Fed adalah:

1. Dewan Gubernur

Posisi dewan gubernur adalah peran utama yang menempati posisi tertinggi di The Fed. Dewan gubernur adalah suatu lembaga independen di bawah pemerintah pusat. Dalam sistem pengelolaannya, Presiden AS yang sedang menjabat punya wewenang penuh untuk memilih tujuh anggota dewan, termasuk ketua dan wakilnya. Barulah setelahnya, penunjukan tersebut akan dipertimbangkan oleh pejabat senat AS.

Anggota dewan gubernur memiliki masa jabatan 14 tahun, sementara ketua dan wakilnya masa jabatannya hanya 4 tahun. Dewan Gubernur bertugas sebagai pengawas sekaligus pengontrol sistem Federal Reserve sampai saat ini.

2. 12 Bank Federal Reserve

12 Bank Federal Reserve adalah bank cadangan milik federal yang bergerak secara independen di bawah pengawasan Dewan Gubernur. Bank Federal Reserve tersebar di berbagai wilayah Amerika seperti New York, Chicago, Atlanta, Boston, dan beberapa wilayah lainnya.

Kedua belas Bank Federal Reserve ini didirikan secara terpisah sehingga mereka punya dewan direksi tersendiri dengan 9 anggota utama. Lembaga ini memiliki beberapa tugas penting sebagai berikut:

  1. Memberikan layanan keuangan utama
  2. Memastikan likuiditas sistem finansial
  3. Mengawasi dan memeriksa setiap bank anggota untuk memastikan penegakan hukum

Dalam diskusi pengambilan kebijakan moneter, pimpinan Bank Federal Reserve diharapkan untuk turut aktif memberikan kontribusi positif dengan bertugas di Komisi Pasar Terbuka Federal.

3. Komite Pasar Terbuka Federal

Struktur paling bawah dari The Fed adalah Komite Pasar Terbuka Federal. Komite Pasar Terbuka Federal bertugas untuk membuat berbagai kebijakan dan keputusan moneter seperti penetapan suku bunga. Entitas satu ini beranggotakan gabungan dari anggota Dewan Gubernur dan Bank Federal Reserve.

Pengaruh The Fed Terhadap Perekonomian Dunia

Meskipun The Fed adalah lembaga independen dengan entitas utamanya adalah berbagai bank milik swasta, lembaga satu ini memberikan pengaruh yang sangat krusial bagi perekonomian Amerika hingga dunia. Besarnya pengaruh The Federal terhadap perekonomian dunia disebabkan oleh beberapa faktor dasar, di antaranya:

1. Mampu Menguasai Amerika Serikat

Sebagai kumpulan perbankan yang mendominasi, The Fed berhasil berevolusi menjadi bank sentral di AS, negara adidaya dengan pengaruh besar di dunia. Sebagai bank sentral, lembaga independen satu ini memiliki otoritas tertinggi dalam hal penentuan kebijakan keuangan. Setiap kebijakan keuangan yang mereka tetapkan memiliki pengaruh besar bagi negara-negara yang berhubungan dengan Amerika.

Di tahun 2008, Amerika pernah mengalami krisis perekonomian yang berbuntut krisis ekonomi di dunia. Meskipun begitu, negara adidaya tersebut berhasil bangkit dan sampai sekarang masih menjadi pusat perekonomian dunia.

2. Dolar AS Menjadi Mata Uang Global

Tidak dapat kita pungkiri bahwa kegiatan perekonomian internasional menggunakan mata uang dolar sebagai alat tukar resmi. Terlebih lagi, hampir semua negara di dunia menjadikan dolar sebagai cadangan devisanya. Makanya nggak heran kalau kebijakan The Fed dapat mempengaruhi kondisi perekonomian negara lainnya.

3. Kebijakan The Fed Mampu Mempengaruhi Kondisi Pasar

Sebagai bank sentral dari negara pusat perekonomian dunia, kebijakan The Fed menjadi acuan bagi bank sentral negara untuk menetapkan kebijakan. Oleh karena itu, wajar saja kalau segala keputusan The Fed juga mempengaruhi kondisi pasar, baik domestik dan internasional.Salah satunya adalah kebijakan The Fed untuk menaikkan suku bunga. Kebijakan satu ini bisa mengundang banyak investor untuk menaruh modalnya di AS. 

Selain itu, menetapkan kebijakan moneter, lembaga keuangan AS ini juga punya wewenang berbasis utang, melakukan monopoli pencetakan uang berbasis utang, serta kewenangan untuk mencetak uang dan utang di bawah kendali swasta, bukan pemerintah

Kesimpulan

The Fed adalah bank sentral yang memiliki kendali atas perekonomian Amerika Serikat, sehingga punya pengaruh penting pula terhadap perekonomian dan kondisi pasar di dunia. Nggak heran kalau kebijakan mereka untuk menaikkan suku bunga beberapa waktu belakangan berdampak terhadap penurunan harga berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, reksa dana saham, dan cryptocurrency. 

Sebagai investor, kamu tidak perlu khawatir atau melakukan panic selling, ya! Kalau kamu masih pemula dan punya tujuan investasi jangka panjang (>5 tahun), saat ini adalah momen yang tepat untuk mulai berinvestasi pada produk reksadana saham. Nggak perlu takut salah pilih produk, karena sudah ada manajer investasi berlisensi OJK yang siap pilihkan saham-saham terbaik dalam produk reksadananya.

Kamu bisa mulai investasi reksadana di tanamduit. Tersedia berbagai pilihan produk sesuai dengan tujuan dan target waktu investasimu. Yuk, mulai investasi reksadana di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile