Home » 4 Cara Efektif Menabung Uang THR, Dijamin Gabakal Boros!

4 Cara Efektif Menabung Uang THR, Dijamin Gabakal Boros!

oleh | Apr 18, 2022

Cara efektif menabung uang THR nampaknya harus kamu terapkan. Lebaran identik dengan Tunjangan Hari Raya atau THR yang pastinya selalu ditunggu. Sudahkah kamu memiliki rencana efektif menabung uang THR? Tentunya, kamu membutuhkan cara efektif menabung uang THR jika ingin uang tidak menguap begitu saja. Tunjangan hari raya bisa didapat dari mana saja baik dari kantor jika sudah bekerja hingga dari sanak saudara. Namun, seringkali uang THR berlimpah membuat lupa diri untuk menabung.

Ditambah lagi, mendapat THR membuat kita impulsif membeli barang-barang yang sudah diidamkan sejak dulu yang belum tentu diperlukan.

Berikut beberapa cara efektif menabung uang THR yang perlu disimak agar kamu tak menyesal di kemudian hari!

1. Membuat Skala Prioritas

Cara efektif menabung yang pertama adalah kamu harus segera membayar cicilan dan tunggakan dari gaji, sehingga kebutuhan rutin yang harus kamu bayarkan setiap bulan tidak menggunakan uang THR. Urutkan skala prioritas dengan baik dari yang paling penting hingga tidak terlalu penting agar tidak melewatkan kebutuhan utama. Skala prioritas yang paling utama adalah menabung uang THR. 

Saat ini kita semakin sulit untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Oleh sebab itu, banyak yang terjebak dengan gaya hidup konsumtif. Kamu bisa mencoba untuk merancang anggaran harian, anggaran mingguan hingga anggaran bulanan.

2. Membuat Alokasi Dana dengan Bijak

Sesuai dengan namanya, uang ini memang seharusnya dipakai untuk keperluan hari raya. Oleh karena itu, alokasikan untuk membeli segala keperluan untuk hari raya terlebih dahulu. Cara efektif menabung uang THR utamanya adalah jangan lupa sisihkan di awal untuk menabung. Kamu juga harus mengalokasikan hadiah untuk diri sendiri atas kerja keras selama ini. 

Dana darurat merupakan alokasi dana yang penting. Tujuan alokasi dana darurat untuk mempersiapkan biaya jika pada suatu waktu ada kejadian di luar dugaan. Sebab saat kejadian tak terduga hadir dan kamu tak perlu susah mencari pinjaman dana.

Setelah menentukan tujuan keuangan, langkah berikutnya dengan mencatat seluruh pengeluaran dan pendapatan baik bulanan dan tahunan. Adanya catatan pengeluaran dan pendapatan membuat Anda dapat mengontrol dan melakukan evaluasi pengeluaran dan dapat mengalokasikan gaji bulanan dengan metode 50/30/20.

3. Menyisihkan Untuk Tabungan di Awal

Cara efektif menabung uang THR adalah menyisihkan lebih awal agar tidak lengah memakai uang tersebut. Kamu bisa menggunakan cara seperti memiliki 2 atm yang fungsi salah satunya sebagai atm menabung. Selain memisahkan uang ke atm berbeda, dibutuhkan juga komitmen untuk pengeluaran yang secukupnya. 

Seringkali permasalahan utama yang menghalangi kamu untuk menabung adalah karena tidak punya uang untuk ditabung. Nah, THR ini bisa jadi sumber tambahan yang bisa membantu kamu menambah jumlah tabungan yang tadinya hanya segitu-gitu saja.

4. Berinvestasi 

Menyisihkan uang THR untuk berinvestasi adalah cara bijak untuk memakai uang ini. Jika investasimu berhasil, menyisihkan 10% uang THR adalah modal kecil untuk masa depan yang cerah. Besaran investasinya pun sesuai dengan keadaan dan kemampuan kamu. Keadaan tersebut bisa berupa umur, kebutuhan, dan pengeluaran.

Dengan begitu, THR jadi semakin bermanfaat dalam kehidupan finansial kamu. Ditambah lagi, modal ini kamu dapatkan secara cuma-Cuma, maka keuntungan jadi berlipat kali ganda.

Melalui aplikasi tanamaduit, manfaatkan reksadana untuk mengatur keuangan dengan alokasi yang jelas. Saat ini, terdapat cashback menarik yang bisa kamu dapatkan di promo edisi ramadhan. Promo ini berlaku bagi nasabah yang melakukan pembelian produk Reksa Dana Syariah ataupun Reksa Dana Konvensional melalui aplikasi tanamduit. Promo berlaku sejak tanggal 06 April 2022 – 22 April 2022 atau hingga kuota penuh. Yuk, jangan sampai terlewat!

Kamu bisa ketahui lebih lanjut mengenai reksadana pada artikel berikut: Apa Itu Reksadana? Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya

Intinya, kelolalah uang THR untuk hal-hal berguna. Selalu ingat untuk selalu bijak dalam hal mengatur keuangan dan berpikir jangka panjang. Kamu bisa menerapkan cara efektif menabung uang THR jika ingin keuanganmu sehat!

Faizah Diena
Faizah Diena

Faizah Diena adalah penulis yang tertarik mendalami bidang investasi di Tanamduit.

banner-download-mobile