Home » Peran Dana Pensiun: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Peran Dana Pensiun: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

oleh | Mar 16, 2022

Peran dana pensiun sangat penting untuk kehidupan seseorang di masa tuanya. Dana pensiun nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup saat tidak aktif bekerja lagi. Kita tidak pernah tahu berapa lama kita hidup setelah berhenti bekerja. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan tabungan pensiun sejak dini, demi tercapainya hidup sejahtera di masa tua. Yuk, kita kupas tuntas peran dana pensiun pada artikel berikut!

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun adalah uang yang perlu kita persiapkan untuk memenuhi kebutuhan kita setelah tidak lagi aktif bekerja. Berdasarkan UU No. 11 Tahun 1992, dana pensiun adalah sebuah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program dengan janji manfaat pensiun. Badan hukum tersebut bertanggung jawab untuk menghimpun uang dari para pekerja untuk dikelola. Tabungan tersebut akan diberikan kembali pada mereka saat sudah tidak lagi aktif bekerja.

Jenis Dana Pensiun

Ada beberapa jenis dana pensiun yang perlu kamu ketahui.

1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

Jenis tabungan pensiun satu ini dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan. Orang atau badan tersebut berlaku sebagai pendiri dan menyelenggarakan program hari tua untuk seluruh karyawan. Iuran tersebut bersifat pasti dan penyelenggara program wajib untuk membayarkan hasil pengumpulan dana kepada karyawan saat pensiun.

2. Lembaga Asuransi Kesehatan

Jenis kedua adalah program tabungan pensiun yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi jiwa untuk perorangan, baik untuk karyawan kantor maupun pekerja independen. Dana dari lembaga ini terpisah dari DPPK.

3. Lembaga Keuangan

Jenis satu ini dibuat oleh lembaga keuangan seperti bank. Iurannya bersifat pasti dan hanya dibebankan pada pemberi kerja. Besarannya berdasarkan keuntungan pemberi kerja.

Peran Dana Pensiun

Siapa, sih yang nggak pengen hidup bahagia dan sejahtera di masa tua? Makanya, peran dana pensiun penting banget, karena kebutuhan pada masa tua bisa terpenuhi dengan tabungan tersebut. Tabungan pensiun punya peran tersendiri buat perusahaan, karyawan, maupun penyelenggara program tabungan hari tua.

1. Peran Dana Pensiun Bagi Perusahaan

  • Memberikan penghargaan kepada karyawan atas pengabdiannya kepada perusahaan
  • Menciptakan rasa aman dan menurunkan tingkat karyawan yang berhenti bekerja
  • Meningkatkan citra perusahaan saat menjalankan bisnis
  • Memotivasi karyawan sehingga produktivitas perusahaan meningkat

2. Peran Dana Pensiun Bagi Karyawan

  • Memiliki simpanan uang untuk biaya hidup setelah pensiun. Rasa aman bisa terjaga dan motivasi kerja saat masih aktif bekerja bisa dipertahankan
  • Jika sewaktu-waktu penerima dana meninggal, simpanan tersebut dapat diwariskan pada keluarga yang masih hidup.

3. Peran Dana Pensiun Bagi Penyelenggara Program

  • Memperoleh dana kelolaan untuk diinvestasikan agar menghasilkan keuntungan
  • Mendukung program pemerintah untuk pengadaan tabungan pensiun
  • Sebagai aktivitas bakti sosial pada peserta iuran tersebut

Cara Menghitung Dana Pensiun

Agar cita-cita hidup bahagia dan sejahtera terwujud sesuai dengan harapan kita, kamu tidak bisa cuma mengandalkan uang pensiunan dari perusahaan maupun badan hukum yang menyelenggarakannya. Kamu juga bisa mempersiapkan dana pensiunmu sejak dini secara mandiri, lho. Kamu bisa menghitungnya dengan cara berikut.

Setiap orang punya standar hidupnya masing-masing. Kamu bisa sesuaikan target dana hari tuamu sesuai dengan kebutuhanmu. Kira-kira, dalam sebulan berapa uang yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Perkirakan juga kebutuhan lain seperti tabungan darurat, biaya servis mobil, check-up kesehatan, dan masih banyak lagi. Baru deh, kamu bisa hitung future value-nya dengan rumus berikut.

Future Value = Total Pengeluaran Tahunan x (1 + persentase inflasi)^n

*n = selisih umur kamu sekarang dengan target umur pensiun

peran-dana-pensiun-rumus-future-value

Misalnya biaya hidup masa tua kamu nanti Rp10 juta per bulan. Kalau kita asumsikan tingkat inflasi per tahun adalah 4%, maka simulasi perhitungannya adalah sebagai berikut:

Future Value = 120.000.000 x (1 + 4%)(57-22)

120.000.000 x (1,04)35

 Rp474.000.000,- per tahun

peran-dana-pensiun-simulasi-perhitungan-future-value

Berdasarkan simulasi perhitungan di atas, per tahunnya kamu membutuhkan dana Rp474 juta. Asumsikan kamu mempersiapkan biaya hidup 25 tahun ke depan terhitung dari usia pensiunmu. Artinya, total uang yang perlu kamu siapkan adalah Rp11,85 Miliar. Perhitungan ini berdasarkan perhitungan 4% rule dari Charles Swab

Mau tahu cara mempersiapkan dana hari tua selengkapnya? Simak pada artikel berikut: Pentingnya Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Kamu ingin pensiun dini? Simak tipsnya pada artikel berikut! 10 Tips Jitu Pensiun Dini Bahagia dan Terjamin!

Siapkan Masa Tua Sejahtera dengan Produk Investasi yang Menguntungkan

Setelah menghitung total tabungan pensiun yang kamu butuhkan, sekarang saatnya untuk memilih produk investasi. Salah satu produk investasi yang berpotensi memberikan imbal hasil menarik dalam jangka panjang (>5 tahun) adalah reksadana saham dan emas.

Reksadana saham adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang berpotensi memberikan imbal hasil tinggi. Berdasarkan performa 5 tahun (Nilai Aktiva Bersih (NAB) 14 Maret 2022), reksadana saham terbaik di tanamduit imbal hasilnya mencapai 73,11%. Artinya, per tahunnya, imbal hasil dari reksadana saham mencapai 14,6%. 

grafik-harga-reksadana-saham-5-tahun-terakhir

Di sisi lain, kamu juga bisa memilih emas sebagai aset investasi untuk tabungan dana pensiunmu. Dalam 20 tahun terakhir per hari ini (15 Maret 2022), harga emas telah bertumbuh 866,18%, lho. Pertumbuhannya sangat fantastis, bukan?

grafik-harga-emas-20-tahun-terakhir

Kesimpulan

Peran dana pensiun sangatlah krusial di masa tua kita nantinya. Hidup sejahtera di masa tua tentu butuh usaha, salah satunya dengan mempersiapkannya sedini mungkin. Kamu mungkin mendapatkan tabungan pensiun dari perusahaan, namun menyiapkannya secara pribadi juga bisa jadi opsi agar target uang yang ditargetkan cepat tercapai.

Di tanamduit, kamu bisa menabung dana pensiunmu pada produk reksadana saham dan emas mulai dari Rp10 ribu saja. Yuk, persiapkan masa tua sejahteramu bareng tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile