Home » Apakah Reksadana Halal? Begini Penjelasannya + List RD Syariah

Apakah Reksadana Halal? Begini Penjelasannya + List RD Syariah

oleh | Apr 21, 2022

Reksadana jadi salah satu produk investasi yang cukup digandrungi berbagai kalangan, baik muda maupun tua. Tidak dapat kita pungkiri kalau Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam sehingga masih banyak yang mempertanyakan kehalalan aktivitas investasi. Padahal, di zaman sekarang produk investasi syariah sudah banyak bermunculan, mulai dari saham syariah, emas, Surat Berharga Syariah Negara. Lalu, apakah reksadana halal juga? Yuk, kita kupas tuntas pada artikel berikut.

Apakah Reksadana Halal?

Jawabannya adalah, tentu saja! Sama halnya seperti instrumen lainnya yang punya produk syariah, reksadana juga ada, lho. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menjelaskan status investasi reksadana sebagai bagian dari proses jual beli yang diperbolehkan dalam Islam.

Selain itu, MUI juga mengeluarkan fatwa No. 20/DSN/-MUI/IV/2001 yang memperbolehkan umat Muslim untuk berinvestasi reksadana syariah dan memanfaatkan imbal hasilnya. Jadi, buat kamu yang mempertanyakan halal atau tidaknya reksa dana, sudah terjawab, kan?

Karakteristik Reksadana Syariah

Secara umum, reksadana adalah wadah kumpulan dana investor yang kemudian manajer investasi kelola ke dalam portofolio efek seperti deposito, surat berharga, obligasi, dan saham. Sebagaimana instrumen investasi lainnya, reksadana juga punya produk yang pengelolaannya menggunakan prinsip Islam. Reksadana halal satu ini pengelolaannya dilakukan berdasarkan kaidah dan prinsip Islam. Manajer investasi harus mengelola portofolio investasinya ke produk yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Berbeda dengan reksadana konvensional, instrumen investasi telah melalui tahap pembersihan kekayaan dari unsur nonhalal. Hasil pembersihan kemudian akan dipergunakan sebagai dana sosial untuk kepentingan umat dengan persetujuan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Karakteristik lainnya dari produk ini adalah adanya akad, mulai dari musyarakah (kerja sama), ijarah (sewa-menyewa), dan mudharabah (bagi hasil). Selain itu, keuntungan atau imbal hasilnya berdasarkan hasil mufakat antara investor dan manajer investasi berdasarkan hukum syariat Islam di samping performa produk.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Perbedaan Reksadana Syariah dan Konvensional

Daftar Produk Reksadana Syariah di tanamduit

Di tanamduit, terdapat berbagai pilihan reksadana halal yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan target keuanganmu, mulai dari produk pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham, dan indeks. Berikut merupakan daftar rekomendasi produk reksadana syariah yang ada di tanamduit.

1. Reksadana Pasar Uang Syariah

RDPU cocok untuk kamu yang punya tujuan keuangan jangka pendek < 1 tahun s.d. 2 tahun. Isi dari portofolio investasi RDPU syariah 100% berisi deposito dan surat berharga syariah. Dalam tiga tahun terakhir (berdasarkan Nilai Aktiva Bersih 19 April 2022), rata-rata imbal hasil per tahun tertinggi mencapai 6,37% per tahunnya. Imbal hasil RDPU jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan bank biasa dan deposito. Terlebih lagi reksadana bebas pajak dan biaya administrasi, lho. Jadi, sudah pasti lebih menguntungkan, kan? Nah, ini dia list produk RDPU syariah yang ada di tanamduit:

2. Reksadana Pendapatan Tetap dan Campuran Syariah

RDPT cocok untuk kamu yang punya tujuan keuangan jangka menengah (2–5 tahun). Berdasarkan NAB 19 April 2022, rata-rata imbal hasil RDPT Syariah tertinggi di tanamduit mencapai 8% per tahunnya. Isi dari portofolio investasi RDPT min. 80% berisi surat berharga syariah (sukuk). Sementara itu, RDC 1–79% portofolionya berisi saham syariah atau sukuk. Berikut adalah list produk RDPT Syariah yang ada di tanamduit:

3. Reksadana Saham Syariah

RDS cocok untuk kamu yang punya tujuan jangka panjang (>5 tahun). Isi portofolionya min. 80% pada saham-saham syariah. Berdasarkan NAB 19 April 2022, rata-rata imbal hasil RDS tertinggi di tanamduit mencapai 14% per tahunnya. Sangat menarik, bukan? Berikut daftar produk RDS Syariah yang bisa kamu pilih di tanamduit.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan pemaparan di atas, kita dapat menyimpulkan apakah reksadana halal atau tidak. Keberadaan reksadana syariah dan fatwa MUI bahwa transaksi jual-beli reksadana halal menguatkan posisi produk satu ini untuk jadi pilihan produk investasi syariah, khususnya buat kamu yang masih pemula.

Yuk, download tanamduit dan mulai investasi reksadana syariah sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile