Beranda » belajar » Surat Berharga Negara » Apa Itu SBSN? Ini Pengertian, Keuntungan, Jenis dan Cara Kerjanya

Apa Itu SBSN? Ini Pengertian, Keuntungan, Jenis dan Cara Kerjanya

oleh | Feb 13, 2024

SBSN adalah Surat Berharga Syariah Negara. Instrumen investasi ini menjadi salah satu inovasi pemerintah dalam mengembangkan pembangunan negara berbasis syariah.

Lalu, siapa yang menerbitkan SBSN? Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia V bertindak sebagai penerbit dan wali amanat dalam perilisan.

Sukuk dan SBSN itu sama. Instrumen ini adalah bentuk kepemilikan aset yang memberikan imbal hasil yang lebih optimal daripada deposito dengan prinsip syariah. 

Pemerintah menerbitkan produk investasi ini dalam periode dan nilai imbal hasil/kupon tertentu. Sesuai dengan prinsip Islam, imbal hasil para investor ini bebas dari riba. 

Pemerintah mengatur dan menjamin imbal hasil dan pembayaran uang pokok melalui Undang-undang tentang Surat Berharga Syariah Negara Tahun 2008.

Keuntungan SBSN

Berikut adalah keuntungan Surat Berharga Syariah Negara bagi investor.

1. Sumber Pendanaan Negara

Bagi pemerintah, SBSN bermanfaat sebagai salah satu sumber pendanaan negara.  Umumnya, instrumen ini bertujuan menunjang APBD. Dengan begitu, partisipasi masyarakat investor bisa menjadi bentuk kontribusi dalam pembangunan negara.

Selain berinvestasi dalam jangka menengah, kamu bisa ikut serta dalam mendukung pemerintah RI.

2. Imbal Hasil Investor Optimal

Pemerintah menetapkan kupon/imbal hasil sesuai dengan tingkat suku bunga acuan. Saat tingkat suku bunga acuan mengalami kenaikan, maka itulah momentum baik untuk membelinya.

Kemudian, imbal hasil/kupon tersebut akan kamu terima langsung setiap bulannya hingga masa jatuh tempo.

Baca juga: Apa Itu Suku Bunga Acuan? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Tentu saja, besaran imbal hasil tersebut cenderung lebih optimal daripada keuntungan deposito.

Terlebih lagi, kamu juga memiliki kesempatan untuk memperoleh capital gain dari selisih harga beli dan harga jual saat menjual kembali di pasar sekunder. SBSN itu menguntungkan, bukan?

3. Alternatif Investasi Halal

Apakah SBSN halal? Semua jenis SBSN itu sudah mengacu pada fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi, instrumen ini halal. Cara kerja instrumen ini tidak berbeda jauh dengan SBN konvensional. 

Namun, transaksi SBSN menggunakan akad sesuai dengan prinsip syariah yang bebas dari unsur riba (usury), judi (masyir), dan ketidakjelasan (gharar).

Jadi, produk ini cocok sekali bagi investor muslim yang ingin mengoptimalkan penghasilan sesuai dengan prinsip syariah.

4. Investasi Rendah Risiko

Instrumen investasi ini memiliki risiko rendah. Bahkan, produk ini hampir tidak memiliki risiko gagal bayar.

Hal ini karena pembayaran pokok di masa jatuh tempo dan kupon setiap bulan sudah terjamin Undang-undang SUN dan Undang-undang APBN. 

Produk ini cocok sekali untuk investor pemula yang baru mulai terjun di dunia investasi. Jadi, investor bisa aman dan nyaman dalam mengoptimalkan penghasilan hingga memperoleh passive income setiap bulan.

Jenis SBSN

Kamu bisa berinvestasi SBSN Ritel selama masa penawaran berlangsung. Umumnya, produk jenis ini terbit dengan sistem akad Ijarah. 

Dalam hal ini, satu pihak mewakili pihak lain untuk menyewakan hak manfaat suatu aset berdasarkan harga dan periode tertentu tanpa perpindahan kepemilikan aset.

Berikut adalah jenis SBSN Ritel yang wajib kamu ketahui.

1. Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan adalah salah satu jenis surat berharga negara yang memiliki skema kupon floating with floor dengan tenor 2 tahun. 

ST rilis di tahun 2024 dengan seri ST012 tanggal 26 April s.d. 29 Mei 2024 dan ST013 tanggal 8 November s.d. 4 Desember 2024.

2. Sukuk Ritel

Sukuk ritel adalah jenis surat berharga negara syariah yang memiliki kupon fixed rate dengan masa tenor 3 tahun.

Di awal tahun 2024 ini, pemerintah merilis SR021 tanggal 23 Agustus 2024 mendatang yang dibuka hingga 18 September 2024.

Baca juga: Ketahui Pengertian dan Jenis SBN (Surat Berharga Negara)

Cara Kerja SBSN

Pertama, investor bisa membeli produk SBSN melalui Midis (Mitra Distribusi) resmi yang ditunjuk oleh Kemenkeu RI.

tanamduit adalah salah satu Midis resmi sejak perilisan surat berharga negara online di tahun 2018, lho. Mulai dari Rp1 juta, kamu sudah bisa berinvestasi di instrumen ini. 

Selama periode investasi, pemerintah akan memberikan imbal hasil berupa kupon setiap bulan ke rekening investor.

Kupon yang investor terima itu mengacu pada tingkat suku bunga acuan pemerintah tetapkan. 

Jika berinvestasi produk dengan kupon fixed rate, maka kamu akan memperoleh imbal hasil yang sama secara rutin hingga masa jatuh tempo.

Sementara itu, investor produk dengan kupon floating with floor memiliki potensi kenaikan imbal hasil investor saat tingkat suku bunga acuan mengalami kenaikan. 

Di waktu jatuh tempo, pemerintah akan membayar uang pokok kepada investor. 

Baca juga: Tutorial Lengkap:  Cara Beli SBN Untuk Pemula

Kesimpulan

SBSN adalah surat berharga negara (SBN) yang dirilis oleh pemerintah RI sebagai sumber pendanaan negara berbasis syariah.

Semua kegiatan transaksi investasi ini mengacu pada DSN-MUI sehingga bebas dari riba, judi, atau ketidakjelasan. 

Pemerintah merilis beberapa produk SBSN, antara lain Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR). Keuntungan SBSN antara lain menunjang kebutuhan APBN, menjadi alternatif investasi halal, dan memberikan imbal hasil optimal dengan risiko rendah. 

Jika kamu ingin berinvestasi produk ST dan SR, maka kamu bisa membelinya secara online di aplikasi tanamduit

Investasi SBN ST012 di tanamduit

SBN Syariah seri Sukuk Tabungan ST012 resmi rilis dengan kupon floating with floor ST012-T2 (6,40%) dan ST012-T4 (6,55%) per tahun.

Kamu dapat membelinya pada masa penawaran 26 April s.d. 29 Mei 2024. Raih kesempatan memperoleh promo menarik dengan berinvestasi ST012 di tanamduit!

Yuk, investasi ST012 dengan download tanamduit sekarang! tanamduit telah menjadi mitra distribusi yang telah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal perilisan SBN secara online tahun 2018.

promo-st012

Special buat pengguna baru aplikasi tanamduit yang pakai kode referral TANAMDUITSBN saat registrasi, ada bonus Rp50 ribu. Klik di sini untuk pelajari Syarat dan Ketentuannya.

Cara Beli SBN
Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembelian SBN, di antaranya:
1. Download aplikasi tanamduit dan registrasi akun tanamduit.
2. Klik menu “SBN” pada dashboard aplikasi tanamduit, lalu klik produk yang sedang dalam masa penawaran.
3. Buat rekening SBN.
4. Setelah pembuatan rekening SBN berhasil, ulangi langkah kedua dan selesaikan pembayaran.

      tanamduit Team
      tanamduit Team

      tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

      banner-download-mobile