Home » Ketahui Kadar Emas, Fungsi, dan Cara Menghitungnya!

Ketahui Kadar Emas, Fungsi, dan Cara Menghitungnya!

oleh | Agu 22, 2022

Minat masyarakat terhadap emas tak pernah lekang oleh waktu, baik emas perhiasan, mau pun emas batangan. Banyak orang percaya bahwa emas bersifat safe haven. Safe haven adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat, walaupun kondisi pasar sedang tidak stabil atau bergejolak. Emas adalah safe haven untuk jangka waktu panjang dan pertumbuhan nilainya sejalan dengan inflasi. Dalam kurun waktu jangka panjang (5—10 tahun), harga emas akan terus mengalami kenaikan. Namun, penting untuk kamu tahu, kalau emas memiliki beberapa kadar emas yang berbeda.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Kadar Emas

Kadar emas adalah pengukuran yang bertujuan untuk menentukan tingkat kemurnian emas. Kemurnian yang dimaksud adalah seberapa banyak campuran logam lain dalam emas tersebut.  Kadar emas murni adalah 24 karat. Setiap karat dari emas mengandung 1/24 dari keseluruhan. Misalnya, kamu beli kalung emas 22 karat, artinya kandungan emasnya 22 bagian, sementara 2 bagian lainnya merupakan kandungan lainnya, seperti tembaga, perak, platinum, dan jenis logam lainnya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kode Emas Agar Bisa Membedakan Emas Asli

Fungsi Kadar Karat Emas

Secara umum, kadar karat berfungsi sebagai tolok ukur kita untuk mengetahui seberapa banyak kandungan emas di dalam perhiasan yang mau kita beli. Pada dasarnya, tidak ada perhiasan yang kadar emasnya 24K, karena logam satu ini sifatnya lunak. Jadi, perhiasan jadi lebih rentan tergores ataupun terbentur semakin tinggi kadar karatnya. Risiko kerusakan akan meningkat jika perhiasan tersebut ditambahkan elemen lain seperti berlian dan batu permata lainnya.

Di pasaran Indonesia, kita cukup sering mendengar istilah emas tua dan emas muda. Istilah ini mengacu pada kadar karat dalam perhiasan. Perhiasan masuk ke dalam kategori emas tua jika kadar emasnya 18K ke atas. Sementara itu, terdapat juga perhiasan yang lebih banyak kandungan logam campurannya daripada emasnya sendiri dan dikategorikan sebagai emas muda (<18K).

Cara Menghitung Kadar Emas

Jadi, misalnya kamu beli emas 22 karat, kalau kita hitung dengan rumus di atas tingkat kemurnian emasnya adalah 91,67 persen. Artinya, emas tersebut memiliki campuran logam lainnya sebesar 8,33 persen. Namun, di Indonesia, terdapat standar kadar karat emas tersendiri, yaitu standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat emas sebagai berikut:

  • 24 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 99—99,9 persen;
  • 23 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 94,80—98,89 persen;
  • 22 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 90,60—94,79 persen;
  • 21 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 86,50—90,59 persen;
  • 20 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 82,30—86,49 persen;
  • 19 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 78,20—82,29 persen;
  • 18 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 75,40—78,49 persen;
  • 14 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 58,30—41,70 persen; dan
  • 10 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 41,70—58,30 persen;

Baca juga: Wajib Tahu, Cara Menghitung Harga Emas dan Biaya Potongnya

Kesimpulan

Semakin tinggi kadar emas, semakin lunak emas tersebut. Emas murni cenderung bertekstur lunak dan mudah berubah bentuk kalau terkena panas. Makanya, emas pada perhiasan memerlukan campuran logam lainnya agar bisa kita pakai dalam keseharian. Berbeda halnya dengan emas murni yang kandungan emas minimumnya 99 persen. Oleh karena itu, emas murni biasanya dijual dalam bentuk logam mulia yang dikemas dalam bentuk kartu. Emas batangan inilah yang sering kali orang-orang jadikan sebagai salah satu alternatif alokasi sebagian aset kita untuk jangka panjang.

Sekarang, kamu bisa investasi emas dengan mudah, aman, dan praktis di aplikasi tanamduit, lho. Kamu bisa beli emas digital atau kartu emas dengan desain menarik sesukamu dengan harga terjangkau! Ada produk Emas Suka-Suka (PT ANTAM) mulai dari Rp10 ribu atau Koleksi Emasku (BIGGOLD) mulai dari 0,1 gram. Kenali perbedaan kedua produknya melalui gambar berikut.

perbandingan-koleksi-emasku-vs-emas-suka-suka

Mulai investasi emas di tanamduit mudah dan aman, bukan? Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang dan capai tujuan investasimu!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile