Home » Ketahui Kadar Karat Emas Sebelum Membeli!

Ketahui Kadar Karat Emas Sebelum Membeli!

oleh | Jan 15, 2021

Minat masyarakat terhadap emas tak pernah lekang oleh waktu, baik emas perhiasan, mau pun emas batangan. Emas dipercaya oleh banyak orang bersifat safe haven. Safe haven adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat, walaupun kondisi pasar sedang tidak stabil atau bergejolak. Emas dianggap safe haven untuk jangka waktu panjang dan diharapkan pertumbuhan nilainya sejalan dengan inflasi. Dalam kurun waktu jangka panjang (5—10 tahun), harga emas akan terus mengalami kenaikan.

Tapi, #temanduit sudah tahu belum kalau berbagai produk emas memiliki kadar karat emas yang berbeda? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa itu kadar karat emas?

Gold Investment via Financial Times

Kadar karat emas adalah pengukuran yang dilakukan untuk menentukan tingkat kemurnian emas. Kadar emas murni adalah 24 karat. Setiap karat dari emas mengandung 1/24 dari keseluruhan. Misalnya, kamu beli kalung emas 22 karat, artinya kandungan emasnya 22 bagian, sementara 2 bagian lainnya merupakan kandungan lainnya, seperti tembaga, perak, platinum, dan jenis logam lainnya. Berikut simulasi perhitungannya:

 

Jadi, misalnya kamu beli emas 22 karat, kalau dihitung dengan rumus di atas tingkat kemurnian emasnya adalah 91,67 persen. Artinya, emas tersebut memiliki campuran logam lainnya sebesar 8,33 persen. Namun, di Indonesia, terdapat standar kadar karat emas tersendiri, yaitu standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat emas sebagai berikut:

  • 24 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 99—99,9 persen;
  • 23 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 94,80—98,89 persen;
  • 22 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 90,60—94,79 persen;
  • 21 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 86,50—90,59 persen;
  • 20 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 82,30—86,49 persen;
  • 19 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 78,20—82,29 persen;
  • 18 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 75,40—78,49 persen;
  • 14 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 58,30—41,70 persen; dan
  • 10 Karat, artinya kandungan emas murninya sekitar 41,70—58,30 persen;

Jewelry shop via Freepik

Semakin tinggi karat emas, semakin lunak emas tersebut. Emas murni cenderung bertekstur lunak dan mudah berubah bentuk kalau terkena panas. Makanya, emas pada perhiasan memerlukan campuran logam lainnya agar bisa dipakai dalam keseharian. Berbeda halnya dengan emas murni yang kandungan emas minimumnya 99 persen. Oleh karena itu, emas murni biasanya dijual dalam bentuk logam mulia yang dikemas dalam bentuk kartu. Emas batangan inilah yang sering kali dijadikan sebagai salah satu alternatif alokasi sebagian aset kita untuk jangka panjang.

 

Nah, kebiasaan kecil mana aja nih yang bikin gaji kamu cepat habis setiap bulannya? Perlu kamu ingat juga yaa, kalau kita nggak cuma hidup di hari ini saja, lho. Makanya, penting buat kamu untuk meminimalisir kebiasaan-kebiasaan kecil di atas supaya keuangan kamu tetap sehat dan kamu bisa hidup dengan nyaman. Selain mengatur prioritas kebutuhan sehari-hari, kamu juga perlu menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung dan diinvestasikan untuk mencapai tujuan keuangan kamu di masa mendatang. Tenang aja, melalui aplikasi tanamduit, kamu bisa memilih ragam produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Yuk, investasi di tanamduit!

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile