Home » Mengenal Apa Itu Kode Emas Agar Bisa Membedakan Emas Asli

Mengenal Apa Itu Kode Emas Agar Bisa Membedakan Emas Asli

oleh | Feb 16, 2022

Sebelum berinvestasi, kamu harus mengetahui kode emas agar dapat membedakan produk asli dan palsu. Logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk itu, instrumen investasi ini menjadi andalan masyarakat investor sebagai aset yang mampu menjamin keuangan di masa depan. Umumnya, investor memilih logam mulia berupa koin, batangan atau perhiasan.

Seringkali, ada pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan jual-beli logam mulia palsu. Oleh karena itu, kamu harus membedakan logam mulia asli dan palsu agar bebas dari tindak penipuan. Pertama, kamu perlu memeriksa kondisi fisik dan sertifikatnya Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cap yang tercetak pada bentuk fisiknya. Cap tersebut berisi keterangan kandungan kemurnian logam mulia. 

Umumnya, produsen atau toko logam mulia mencantumkan keterangan kadar karat berupa cap khusus. Kadar karat adalah ukuran yang menunjukkan tingkat kemurnian logam mulia. Setiap besaran karat tersebut mewakili 1/24 dari 24 karat keseluruhan tingkat kemurnian sebuah aset investasi ini. Namun, tingkat kemurniannya itu dapat berbeda sesuai dengan jenisnya produknya.

Baca juga: Ketahui Kadar Karat Emas Sebelum Membeli!

Kamu juga perlu mengetahui penggolongan logam mulia beserta kodenya agar bisa membedakan aset logam mulia yang asli dan palsu. Berikut merupakan penjelasannya.

Kode Emas Muda

Jenis logam mulia ini adalah logam mulia yang memiliki kadar di bawah 50%. Umumnya, setiap perusahaan memiliki cap khusus yang diikuti oleh keterangan nominal kodenya. Jenis logam mulia ini juga memiliki beberapa cap yang berfungsi sebagai tanda golongan tingat kemurniannya sebagai berikut.

1. Emas 150 artinya memiliki kadar sebesar 15%. Contohnya, sebuah produsen logam mulia menggunakan kode GB150 atau Gold Bond 150.

2. Emas 300 artinya logam mulia yang memiliki kadar 30%. Beberapa produsen memberikan cap kode hati, AR, PR, LGT, L, 0,3, HT, MT, DY, RS, KY, Lotus, MG, KH, HWT, UBS, M, N, atau BMW yang diikuti dengan angka 30.

3. Emas 333 artinya memiliki kadar sebesar 33,33%.

4. Emas 375 artinya logam mulia 18K yang memiliki tingkat kemurnian 37,5%.

5. Emas 400 memiliki kadar karat 40%. Namun, jenis ini semakin langka karena perusahaan cenderung memproduksi perhiasan dengan kadar 37,5%.

6. Emas 420 artinya memiliki kadar sebesar 42%. Di luar negeri, produk ini memiliki label 10K.

Kode Emas Tua

Istilah logam mulia tua ini adalah logam mulia dengan kadar karat di atas 50%. Jenis instrumen investasi yang berkilau ini memiliki harga yang lebih mahal. Semakin besar tingkat kemurniannya, maka semakin mahal harganya.

1. Emas 585 atau 14K585 artinya memiliki kadar 58%. Di luar negeri, kamu akan sering menjumpai perhiasan dengan cap ini.

2. Emas 700 artinya mengandung kadar sebesar 70%. Jenis ini menjadi produk yang sering muncul di pasaran.

3. Emas 750 artinya memiliki kadar sebesar 75%.

4. Emas 833 artinya memiliki kadar 83,3%. Namun, produk ini jarang muncul di pasaran.

5. Emas 850 artinya memiliki  tingkat kadar 85%.

6. Emas 875 atau 21K875 artinya memiliki kadar 87,5%. Umumnya, produk ini diproduksi di Arab.

7. Emas 916 atau 22K916 artinya memiliki tingkat kemurnian sebesar 91,6%. Di Indonesia, Dubai, dan Bangkok, banyak toko yang menawarkan perhiasan ini.

8. Emas 958 atau 23K95 memiliki kadar 95.8%. Di Bengkulu, Jambi, Padang, dan Kalimantan, ada banyak produsen yang menawarkan produk ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, produsen logam mulia membuat cap khusus untuk menunjukan tingkat kemurnian sebuah logam mulia. Seorang investor perlu mengetahui hal ini agar dapat membedakan logam mulia asli dan palsu. Dengan begitu, investor dapat menghindari penipuan dalam transaksi jual-beli logam mulia. Jika kamu ingin berinvestasi logam mulia dengan aman dan praktis, maka kamu dapat membelinya di aplikasi tanamduit.

tanamduit adalah salah satu aplikasi penyedia layanan investasi emas terbaik secara online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Mulai dari Rp10 ribu, kamu bisa mulai membeli aset logam mulia dalam bentuk digital maupun fisik berikut sertifikatnya dengan mudah. Yuk, download aplikasi tanamduit dan dapatkan produk emasmu!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile