Home » Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Tepat di Zaman Sekarang!

Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Tepat di Zaman Sekarang!

oleh | Jun 29, 2022

Di zaman sekarang, kamu harus memiliki kemampuan untuk menerapkan cara mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan tersebut harus berdasarkan tujuan dan kemampuan finansialmu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari.

Salah satu hal paling umum tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan tepat adalah dengan menabung. Menabung sendiri merupakan gaya hidup paling dasar untuk mengelola finansial yang kita miliki. Selain menabung, ada banyak cara mengatur keuangan dengan baik dan tepat lho!

Yuk, simak 5 cara mengelola keuangan dengan baik dan tepat!

1. Mencatat Rincian Pengeluaran

Mencatat rincian pengeluaran merupakan cara mengatur keuangan agar setiap pengeluaran yang terjadi tidak terbuang begitu saja untuk hal-hal yang kurang diperlukan. Selain itu dengan mencatat rincian pengeluaran kamu bisa mengalokasikan dana untuk biaya-biaya yang sifatnya prioritas seperti membayar biaya cicilan, kebutuhan makan, dan lain sebagainya. Tentu dengan mengalokasikan dana untuk pengeluaran berdasarkan prioritas, kamu akan semakin teratur dalam mengelola keuangan.

2. Menyiapkan Anggaran Keuangan 

Sebelum mulai mengelola keuangan, ada baiknya kamu mengetahui kemampuan finansial yang kamu miliki. Cara untuk mengetahui kemampuan finansial adalah dengan mencatat anggaran keuangan. Setelah menghitung anggaran dari berbagai macam pemasukan, kamu baru bisa membagi tiap anggaran berdasarkan kebutuhan dan tujuan finansial. Tujuan finansial tersebut ditentukan dengan menyesuaikan besar atau kecilnya anggaran yang didapatkan. Selain itu, dengan mencatat anggaran kamu juga bisa menentukan prioritas kebutuhan, baik itu kebutuhan untuk jangka panjang seperti membeli rumah, biaya pernikahan, serta biaya pernikahan, maupun kebutuhan jangka pendek, seperti membeli sepatu dan pergi liburan

3. Berinvestasi

Investasi merupakan salah satu cara mengatur keuangan yang baik dan tepat. Namun sebelum berinvestasi ada baiknya kamu menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam berinvestasi. Dengan menentukan tujuan investasi kamu bisa mengalokasikan keuanganmu lebih jelas sesuai kebutuhan. Nah, tujuan investasi juga harus menyesuaikan dengan produk-produk yang digunakan. tanamduit menyediakan beberapa produk yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansialmu, seperti reksadana. SBN, dan emas.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang sifatnya tidak terduga. Beberapa contoh kejadian-kejadian yang memerlukan dana darurat adalah kecelakaan, sakit, ataupun kondisi ketika kita tidak memiliki sumber daya penghasilan. Salah satu cara untuk menyiapkan dana darurat adalah kita harus menentukan berapa jumlah dana yang dibutuhkan sesuai dengan keadaan darurat yang mungkin terjadi. Seperti misalnya, ketika kamu single kamu perlu menyiapkan dana sebesar 3 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan. Akan berbeda ketika kamu sudah menikah tetapi belum memiliki anak, jumlah dana yang harus dipersiapkan minimal sebesar 6 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan. Namun akan berbeda juga kalau kamu sudah memiliki 1 anak. Jumlah dana darurat minimal kamu sebesar 9 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan.  Setelah mengetahui jumlahnya, kita baru bisa mengatur pengelolaan dana. 

Baca juga: Apa Itu Dana Darurat? Ini Dia Tips Mempersiapkannya!

5. Menyediakan Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan dana yang perlu kamu siapkan untuk memenuhi kebutuhan setelah pensiun atau ketika berada dalam fase tidak lagi mendapatkan active income. Dengan menyiapkan dana pensiun kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa tua nanti. Ada baiknya, kamu alokasikan secara khusus penghasilanmu untuk dana pensiun di masa mendatang. 

Baca juga: Pentingnya Dana Pensiun: Pengertian dan Cara Mempersiapkannya

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara mengelola keuangan dengan tepat dan benar, tentu kemampuan finansialmu akan semakin membaik dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Selain pengeluaran, kamu juga dapat menambah penghasilan melalui investasi. Nah tanamduit menyediakan beberapa produk-produk investasi yang sesuai dengan tujuan finansialmu!

Yuk, download aplikasi tanamduit sekarang juga!

Abraham William
Abraham William

Penulis lulusan sastra. Suka menulis di bidang seni dan finansial. Sekarang sedang aktif menulis novel, cerita pendek, dan puisi.

banner-download-mobile