Home » Cara Mengatur Keuangan Biar Investasimu Sukses

Cara Mengatur Keuangan Biar Investasimu Sukses

oleh | Nov 4, 2020

Mungkin kamu pernah membaca beberapa artikel cara mengatur keuangan ditulis oleh konsultan keuangan atau perencana keuangan. Kebanyakan dari mereka menyarankan kita untuk membuat pencatatan keuangan dan mengelolanya secara rutin dan displin agar keuangan kita sehat dan tidak berantakan. Terdengar simple memang, tapi kenyataannya susah buat dijalanin. Nggak jarang, banyak yang sudah melakukannya dan akhirnya menyerah juga.

Cara mengatur keuangan via Freepik

Membuat catatan keuangan dan mengelolanya secara detail itu sangat melelahkan dan nggak menyenangkan sama sekali, #temanduit! Buat kamu yang mageran untuk melakukan pencatatan keuangan, nggak perlu khawatir. Kamu tetap punya kesempatan untuk mengelola investasimu dengan baik. Kamu hanya perlu ikuti 5 cara mengatur keuangan berikut.

1. Tentukan dua atau tiga cita-cita atau tujuan investasi utama kamu

cara-mengatur-keuangan

Tujuan investasi via Freepik

Misalnya prioritas utama kamu untuk menyediakan dana darurat, beli emas 10 gram untuk seserahan, atau DP rumah atau apartemen.

2. Menyisihkan uang gajian untuk investasi di awal

Kamu bisa langsung menyisihkan 5—20%  dari gaji kamu di awal untuk diinvestasikan ke produk reksa dana ketika kamu menerima gaji. Menyisihkan sebagian gaji di awal untuk diinvestasikan merupakan salah satu cara mengatur keuangan yang terbukti efektif. Lagipula, nggak perlu modal besar untuk beli produk reksa dana dan emas. Di aplikasi tanamduit, kamu sudah mulai bisa investasikan uangmu di reksa dana mulai dari Rp10 ribu dan emas mulai dari Rp100 ribu.

3. Alokasikan gaji kamu untuk kebutuhan bulanan

Setelah memprioritaskan gaji kamu untuk berinvestasi di awal, barulah kamu alokasikan gaji kamu untuk belanja bulanan, rekreasi, bayar zakat atau dana sosial, dan lain-lain.

4. Lakukan secara disiplin ketika kamu menerima gaji

Discipline via Freepik

Kalau kamu terbiasa menyisihkan dana untuk investasi di awal ketika kamu menerima gaji, kamu akan terbiasa dan investasimu akan terus bertumbuh dari waktu ke waktu.

5. Nikmati hidupmu, biarkan investasimu bertumbuh dengan sendirinya

Let your money grow! via Freepik

Abaikan saja pergerakan nilai investasi harian, mingguan, dan bulanan. Percayakan investasimu pada manajer investasi yang mengelola portofolio investasimu. Sesekali, sempatkan untuk review perkembangan investasi kamu tiap 3 bulan sekali. Kamu juga bisa menghubungi customer service tanamduit kalau kamu butuh asistensi.

Nah, gimana #temanduit? Nggak ribet kan? Cukup dengan menerapkan 5 cara mengatur keuangan di atas dan disiplin melakukannya setiap bulan kamu nggak perlu pusing lagi dengan pencatatan keuangan. Selain itu, kamu juga harus bijak dalam mengatur keuanganmu, jangan sampai besar pasak daripada tiang, ya! tanamduit juga siap sedia menyediakan ragam produk investasi yang bisa kamu pilih sehabis gajian. Yuk, berinvestasi di tanamduit!

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile